Home Music Greatest Jazz Singer Ever Al Jarreau Meninggal Dunia

Greatest Jazz Singer Ever Al Jarreau Meninggal Dunia

Tuesday, February 14, 2017 - 10:32
Bagikan
Facebook Twitter Email

Majalah Time pernah menyebut Alwin Lopez Jarreau, atau yang akrab disapa Al Jarreau, sebagai greatest jazz singer alive. Tetapi sebutan itu akan berubah menjadi greatest jazz singer ever karena Al Jarreau meninggal dunia pada 12 Februari 2017 kemarin. Semasa hidupnya, Al Jarreau sudah mengeluarkan 16 album jazz, R&B, maupun soul, dengan 7 gelar Grammy dan belasan nominasi.

 

Al Jarreau Baru Mengeluarkan Album di Umur 35 Tahun

Kehidupan Al Jarreau bukan layaknya artis jazz kebanyakan yang sudah memiliki album di usia muda. Jarreau ini sebenarnya lebih fokus ke pendidikan dibandingkan musik. Sebagai informasi nih, Urbaners, Jarreau mempunyai gelar master di bidang vokasi rehabilitasi dan sempat bekerja sebagai konsultan. Nah, saat menjadi konsultan itulah Jarreau banyak mengisi waktu untuk bermain musik jazz. Kehidupan malam Jarreau diisi dengan mengunjungi klub malam di San Francisco.

Suara emas Jarreau akhirnya “terdengar” oleh Warner Bros. Records pada tahun 1975 dan Jarreau langsung mendapat tawaran untuk membuat sebuah album rekaman. Debut album We Got By diperkenalkan pada tahun 1976, di saat umurnya 35 tahun! Nggak butuh lama, Jarreau pun mendapatkan penghargaan Grammy berkat album keduanya yang berjudul Glow.

 

Konser untuk Lebih Dekat dengan Penggemar

Lagu We’re in This Love Together, Mornin’, After All, atau Your Song sangat akrab di telinga para penggemar jazz. Lagu-lagu tersebut menginspirasi belasan bahkan puluhan artis jazz di seluruh dunia. Suara emas Jarreau yang sangat merdu membuat lagu sederhana menjadi terdengar luar biasa. Jarreau pernah berujar bahwa dirinya lebih senang konser keliling dunia untuk lebih dekat dengan penggemar.

Di usia yang sudah nggak muda lagi, yaitu 76 tahun, Jarreau beberapa kali harus menunda konsernya karena terlalu capek. Bahkan di tahun 2012 lalu Jarreau pernah “pensiun” karena sakit, walaupun akhirnya memutuskan untuk kembali di tahun 2017 ini. Tetapi sayang sebelum turnya dimulai, Jarreau jatuh sakit dan meninggal dunia.

Karya-karya Jarreau akan selalu abadi, entah itu sebagai musik jazz ataupun R&B. Selamat jalan, Al Jarreau.

 

Source: thefader.com