Home Music Kolaborasi "Kedamaian" Bubi Chen dan Kecapi Suling Mang Uking

Kolaborasi "Kedamaian" Bubi Chen dan Kecapi Suling Mang Uking

Thursday, February 23, 2017 - 17:49
Bagikan
Facebook Twitter Email

Kontribusi pianis, Bubi Chen bagi dunia musik pada umumnya atau jazz khususnya tidak diragukan lagi. Om Bubi, begitu ia disapa, adalah sosok yang fleksibel dan cair dalam bermusik. Meski musik yang dimainkannya jazz tapi dia bisa diajak berkolaborasi dengan siapa saja.

Di tahun 1988, penyanyi dan pencipta lagu Doel Sumbang mengajak Om Bubi bermain dalam albumnya bertajuk “Arti Kehidupan”. Di album ini, Bubi memainkan Yamaha DX-7 dalam lagu “Suti Sumarti Rasyid” dengan beat yang bernuansa Samba Brasil.

Setahun kemudian, Bubi merilis album "Kedamaian yang mempertemukan denting piano dengan musik karawitan Sunda yang dimainkan Uking Sukri (kecapi indung), Dede Suparman (kecapi rincik), dan Endang Sukandar (seruling).

Album Kedamaian mendapat acungan dua jempol seniman Sunda, mendiang Harry Roesli. Ia tak menduga perpaduan piano Bubi dan kecapi Uking Sukri begitu menakjubkan. Harry Roesli pun tak sungkan untuk menyebut kalau karya meraka adalah sebuah Master Piece.

"Jika Bubi Chen, maestro piano jazz bermain bersama kecapi-suling Mang Uking, tentu masalahnya bukan sekadar gabung menggabung musik Barat dan Timur atau tradisi dan modern. Masalahnya lebih luas dari itu yakni eksplorasi perluasan estetika dan bisa dicatat sebagai generasi sebuah musik post modern," seperti ditulis Harry Roesli.

"Bayangkan sebuah otonomi estetik kecapi suling disusupi secara indah oleh Bubi Chen dengan bentuk improvisasi dan substitusi jazz," tambahnya.

"Secara teknik saja, hal itu sudah menarik. Tetapi ini lebih dari itu. Bubi Chen total, lentur, luluh, kawin dengan  pakem-pakem kecapi suling tanpa menghilangkan karakter dia yang kuat juga kentalnya sentuhan dan rasa seorang Bubi Chen. Makanya hal ini bisa disebut hebat," tandas Harry Roesli.

Memainkan ramuan “east meet west” bukan barang baru bagi Bubi yang sejak usia 5 tahun bermain piano. Di tahun 1967 saat tergabung dalam Indonesian All Stars, selain bermain piano, Bubi memetik alat musik kecapi. Album “Djanger Bali” yang merupakan kolaborasi Indonesian All Stars dan klarinetis jazz Amerika Tony Scott memperlihatkan sajian musik jazz dengan musik etnik Indonesia yang khas.

 

source: books.google.com