Trending
Selasa, 07 Maret 2017

Aksi Solois-Solois Jazz di Hari Ketiga Java Jazz

  • Share
  • fb-share
Aksi Solois-Solois Jazz di Hari Ketiga Java Jazz

Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2017 merupakan salah satu bentuk pelarian dari kesibukan kota Jakarta, Ibukota Indonesia, yang kebetulan sedang terjadi drama politik berlarut-larut. Jazz merupakan musik yang identik dengan kebebasan dan Ryan Gosling yang berperan sebagai Sebastian di film “La La Land” juga berucap: “Kamu tidak bisa hanya mendengarkan jazz, kamu juga harus melihatnya.”

Mencapai hari terakhirnya, kali ini kita akan ngebahas tentang solois nih, Urbaners! Eva Celia dan Armand Maulana merupakan dua nama baru yang memainkan musik jazz di pentas besar tersebut, lalu ada Glenn Fredly yang udah berkali-kali jadi pengisi acara, dan yang terakhir Cyril Aimee, pemenang Montreux Jazz Festival Competition yang pernah sekali tampil di edisi lalu.

 

Glenn Fredly

Nuansa romantis hadir bersamaan dengan suara manis Glenn Fredly sebagai salah satu aksi yang ditunggu penonton. Terbukti banyak yang menyaksikan Glenn membawakan lagu-lagu seperti “Kau”, “Sekali Ini Saja”, “How Can I”, “Undercover”, dan “Kisah Romantis”. Glenn juga menceritakan bagaimana Ambon sekarang sudah menjadi kota musik, yang disambut oleh tepuk-tangan meriah, dan dilanjutkan oleh lagu “Rame-rame Ke Timur” dan “Rasa Sayange” yang membuat penonton bergoyang. Penyanyi berusia 41 tahun ini menutup penampilannya dengan lagu “Januari” dan memainkan kibordnya sendiri, menekankan suasana hangat.

 

Armand Maulana

Pentolan Gigi, Armand Maulana, juga berkesempatan unjuk kebolehan membawakan lagu-lagu jazz sebagai proyek solonya. Walaupun baru memiliki dua lagu andalan, “Sebelah Mata” dan “Hanya Engkau yang Bisa”, hal itu tidak menghalangi penampilan menarik dari suami Dewi Gita. Ia juga membawakan sebuah pesan tentang perkembangan musik Indonesia. “Musik Indonesia itu dari dulu selalu bagus dan bahkan menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ucapnya bersemangat. Selain membawakan dua lagu andalannya, Armand juga memainkan lagu “Jatuh Hati” milik Raisa, “Kau Adalah” milik Isyana Sarasvati, dan “Cintaku” milik Chrisye. Selain itu, Armand juga membawakan beberapa lagu Gigi sebagai persembahan, yaitu “Janji”, “Terbang”, dan “11 Januari”.

 

Cyril Aimee

Penyanyi Prancis yang sekarang tinggal di Brooklyn ini juga salah satu hal menarik yang terjadi di perhelatan Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2017. Musik jazz yang mengiringinya diperindah dengan suara-suara impromptu dan membuat musiknya terdengar semakin harmonis. Kemudian, momen magis dihadirkan ketika Cyril Aimee memutuskan untuk membawakan lagu milik Sydney Bechet, “Si Tu Vois Ma Mere”, membuat penonton terdiam menikmati keindahan musiknya. Selain itu, penyanyi berambut ikal ini juga sempat membawakan lagu “Waiting in Vain” milik Bob Marley.

 

Eva Celia

Walaupun albumnya perdananya rilis tahun lalu, Eva Celia berhasil membuktikan bahwa aksi panggungnya bisa bersaing dengan musisi-musisi jazz papan atas. Putri dari musisi jazz Indra Lesmana dan aktris multitalenta Sophia Latjuba membuka penampilannya dengan lagu bertitel “Interlude: A Strange Kind of Longing” sambil memainkan gitarnya. Kemudian, ia melanjutkannya dengan “Mother Wound” salah satu lagu yang menurutnya sangat personal karena bentuk interpretasi bahwa hidup itu selalu berada di antara, baik dan buruk, cinta dan benci, atas dan bawah. Penyanyi berusia 24 tahun ini juga berterima kasih untuk para penonton. “Saya tahu mungkin banyak dari kalian yang besok harus bangun pagi, terima kasih sudah hadir,” katanya. Eva Celia membawakan semua nomor yang ada di album perdananya, And So It Begins.

Comments
DEVI TRI HANDOKO
Glenn Fredly
Argha hendriandika
Artikel bagus