• Music News
  • Ras Muhamad, Pembawa Pesan Damai Bob Marley

Ras Muhamad, Pembawa Pesan Damai Bob Marley

Mon, 27 March 2017

Musik reggae kerap membawa pesan damai serta perbaikan peradaban. Selain tentu saja menyebarkan keceriaan dan cinta. Pesan-pesan perdamaian ini tertuang jelas dalam karya-karya legenda reggae dunia, Bob Marley. Kekuatan Marley bahkan mampu mendamaikan dua kubu politik yang selalu bersitegang di Jamaika.

Meski telah tiada, sosok Bob Marley masih menginspirasi sejumlah musisi reggae dunia, termasuk Indonesia seperti Ras Muhammad.  Pria dengan nama asli Muhamad Egar ini mengatakan pesan-pesan perdamaian Bob Marley tertuang dalam lagunya "Salam". Lirik dalam lagu Salam berisi pesan menjaga perdamaian dan toleransi di tengah kemajemukan Indonesia sebagai sebuah bangsa besar.

”Salam bisa bermakna dua, bisa bermakna kata sapaan kepada orang lain, tapi juga berarti damai. Melalui lagu ini, saya ingin memperkenalkan Indonesia, baik kebudayaannya maupun filosofinya, kepada dunia,” kata Ras.

”Bob Marley, saya lihat sebagai duta musik reggae pertama di dunia. Walau beliau bukan pencipta reggae, tapi dialah yang membuka jalan bagi saya dan ribuan musisi lainnya untuk berkarya dan menyuarakan suara hati," tambahnya.

"Mungkin banyak orang awam tahu Bob Markey sebatas musisi, tapi saya melihatnya sebagai seorang pejuang dan revolusioner pembawa pesan damai yang luar biasa,” ungkap musisi kelahiran 29 Oktober 1982 ini.

Pendapat Ras mengenai Bob Marley mencerminkan bagaimana musisi asal Jamaika itu masih memberikan inspirasi walau telah dimakamkan di Nine Mile, sebuah desa berjarak 96 kilometer arah utara Ibu Kota Jamaika, Kingston, pada 21 Mei 1981.

Ribuan rakyat Jamaika berbondong-bondong datang melayat. Sebab, bagi rakyat Jamaika, Marley bukan hanya penyanyi. Bob Marley dianggap sebagai pahlawan nasional, bahkan ada yang memandangnya sebagai nabi.

Suasana ketika pemakaman pun bercampur baur tak ubahnya gabungan antara upacara agama Rastafari dan konser musik pop. Kematian Bob Marley pada 11 Mei 1981 disambut dengan kesedihan sekaligus keriaan.

Menurut Ras Muhamad, toleransi, kecerdasan, kebebasan berkeyakinan dan berpikir sesuai jati diri dan kehendak hati adalah inti perdamaian dalam musik reggae yang harus disadarkan di Bumi Nusantara.

Ras Muhamad yang belum lama ini tampil di Java Jazz Festival 2017 mengakui semakin lama pemahaman pecinta dan musisi reggae Tanah Air terkait musik mereka semakin membaik. Begitu juga dengan musikalitasnya yang ia akui menjadi lebih dewasa ketimbang sebelumnya.

 

 

Source: Bbc.com

Blink-182 akan Rilis Lagu Baru Berjudul "Quarantine"

Wed, 03 June 2020
Blink-182 di tengah panggung memainkan gitar, bas, dan drum

Setelah sukses merilis lagu “Happy Days” di bulan April lalu, tampaknya Blink-182 tetap aktif memproduksi lagu-lagu baru untuk menemani lo dan penggemar lainnya #MumpungLagiDirumah saja. Band punk-rock asal California ini bahkan lebih produktif di kala pandemi melanda dunia. Kabar baik buat lo tentunya karena sebentar lagi lo sudah bisa menikmati lagu baru Blink-182 berjudul “Quarantine” yang terinspirasi dari situasi terkini di tengah COVID-19.

 

Kembalinya Blink-182

Potret Tom DeLonge dengan Mark Hopper dan Travis Barker di depan backdrop hitam

Kiprah Blink-182 dalam dunia musik semakin panjang dengan adanya lagu baru berjudul Quarantine ini. Sebelumnya, Blink-182 merilis album “NINE” di tahun 2019 dengan formasi Mark Hoppus sebagai bassist dan vokalis, Travis Barker sebagai drummer, serta Matt Skiba sebagai gitaris dan vokalis.

Blink-182 sendiri ditinggal oleh Tom DeLonge sejak tahun 2015, seorang pencetus Blink-182 dan vokalis dari band ini. Buat lo penggemar setia Blink-182 yang sudah kangen berat dengan alunan suara DeLonge yang khas di lagu “All the Small Things” yang populer ini, peluncuran lagu Quarantine bisa jadi awal baik.

Di waktu yang berdekatan, DeLonge sendiri mengungkapkan ketertarikannya untuk bergabung kembali dalam Blink-182 apabila waktunya pas. Bukan tidak mungkin bila akhirnya Blink-182 memutuskan untuk reuni kembali dengan formasi lama dalam album terbaru mereka.

 

Dirilis dalam 2 Minggu

Travis Barker mengenakan kacamata hitam, topi hitam, dan tanktop hitam sedang bermain drum

Informasi ini diungkap langsung oleh Travis Barker, sang drummer Blink-182. Ia menceritakan kesibukannya selama pandemi ini, mulai dari memproduksi lagu untuk Machine Gun Kelly hingga menulis dan merekam lagu Quarantine. Barker juga mengatakan bahwa ia tengah menulis lagu bersama Post Malone.

Di tengah kesibukannya ini, Barker menjanjikan bahwa lagu Quarantine akan dirilis dalam waktu dekat, tepatnya sekitar dua minggu lagi. Diperkirakan lagu ini akan bisa didengarkan dan dibeli di pertengahan minggu kedua bulan Juni 2020. Waktu yang pas untuk kembali ke jiwa punk rock lo di tengah pandemi, Bro!

 

Kolaborasi dengan Lil Uzi Vert dan Pharrel Tetap Jalan

Blink-182 berpose di depan backdrop putih mengenakan pakaian serba monokrom

Tahun lalu Blink-182 menghebohkan para penikmat musik dengan kabar bahwa akan ada EP kolaborasi dengan Lil Uzi Vert dan Pharrel. Kabar ini memang sudah dikonfirmasi, meskipun masih belum ada tanda-tanda kapan EP ini akan rampung.

Kabar baiknya, Mark Hoppus telah mengkonfirmasi bahwa EP ini masih dalam tahap produksi dan tetap akan dilanjutkan di tengah COVID-19. Tentu saja kabar ini begitu menggembirakan, mengingat kedua musisi ini mampu membawa nuansa hip-hop ke dalam album punk Blink-182.

 

Lagu Bernuansa Punk

Blink-182 tampil di atas panggung dengan outfit ala skater punk dan dua gitar berwarna biru muda

Ketika ditanya lebih lanjut mengenai lagu Quarantine, Barker nggak berniat untuk membocorkan lebih banyak informasi mengenai comeback Blink-182. “Punk, how about that?” Itulah respon Barker perihal genre dari Quarantine. Bisa dipastikan bahwa Blink-182 tetap setia dengan aliran punk, meskipun kini tren musik lebih didominasi oleh lagu hip-hop dan pop.

Lantas, apa kesimpulan yang bisa diambil dari perilisan Quarantine? Lo dan para penggemar Blink-182 nggak perlu lagi khawatir, band ini akan tetap terus aktif dalam belantika musik dunia. “Plans for upcoming recording? I recorded literally yesterday. So upcoming recording is happening as we speak, it was new blink, not Simple Creatures or anything else,” ungkap Mark Hoppus mengenai kelangsungan album Blink-182.

 

 

 

 

Sources: NME, Kerrang, Antara News