Trending
Kamis, 30 Maret 2017

Depeche Mode, Legenda Band Elektronik yang Jadi Panutan Musisi Kelas Dunia

  • Share
  • fb-share
Depeche Mode, Legenda Band Elektronik yang Jadi Panutan Musisi Kelas Dunia

Pernah dengar nama band Depeche Mode? Bila iya, lo pasti punya selera musik yang benar-benar luar biasa. Band yang satu ini bisa dibilang sudah jadi legenda hidup musisi Inggris. Satu generasi dengan Duran Duran, band ini sampai sekarang masih eksis bahkan baru saja merilis album beberapa waktu yang lalu. Kerennya lagi, Depeche Mode termasuk dalam daftar 100 Greatest Artist of All Time versi VH1. Lalu, bagaimana kiprahnya?

 

Menginspirasi banyak band besar

Depeche Mode adalah salah satu band elektronik asal Inggris yang dibentuk sejak tahun 1980 di Basildon, Essex. Grup yang saat ini beranggotakan Dave Gahan, Martin Gore, dan Andy Fletcher ini sangat populer berkat dua album yang dirilis di era 80-an, Black Celebration dan Music for the Masses, dimana saat itu musik elektronik benar-benar merajai pasar. Meski saat ini bisa dibilang ‘sepuh’ di dunia musik, namun yang jelas kiprahnya di dunia musik masih belum padam setelah merilis album Spirit di tahun 2016 lalu.

Band ini, seperti yang dikatakan sebelumnya, mengusung aliran elektronik rock dimana sering kali dimasukkan synthpop, new wave, dance-rock hingga alternative rock. Menariknya, lirik-lirik yang mengiringi nada-nada elektronik condong ke arah revolusi sehingga sedikit menggugah semangat kekirian kaum-kaum muda. Mungkin ini kenapa banyak musisi yang terinspirasi dari band ini, mulai dari Marilyn Manson, No Doubt, Muse, bahkan Chvrches.

 

Berawal dari band sekolah

Awalnya, band ini merupakan bentukan Vince Clarke (gitaris lama) dan Andy Fletcher di tahun 1977, namun masih bernama No Romance In China, yang terinspirasi dari The Cure. Keduanya merupakan teman satu sekolah. Lalu, ketika keduanya bertemu dengan Martin Gore, mereka membentuk band bernama Composition of Sound di tahun 1979.

Band Depeche Mode baru terbentuk ketika Dave Gahan gabung di tahun 1980, tepat setelah Clarke melihat bakatnya menyanyikan lagu Heroes milik David Bowie. Di sinilah Depeche Mode mulai terbentuk. Seiring berjalannya waktu, anggota band ini berganti-ganti dan akhirnya mempertahankan formasi Gahan (vokalis), Gore (gitaris), dan Fletcher (bass) hingga saat ini.

Untuk mulai menikmati lagu-lagu milik Depeche Mode, lo bisa mulai dari Enjoy the Silence dan Personal Jesus. Oh, lo juga bisa mulai mendengarkan album terbarunya, Spirit, mulai dari single berjudul Where’s the Revolution yang juga sama enak.

Comments
Sandi Widiyantoro
Very inspire 🤩
SAMSUL BAHRI
Berawal dari band sekolah