Home Music Festival Musik Legendaris Woodstock 50 Resmi Dibatalkan
Festival Musik Legendaris Woodstock 50 Resmi Dibatalkan

Festival Musik Legendaris Woodstock 50 Resmi Dibatalkan

Wednesday, August 7, 2019 - 16:37
Bagikan
Facebook Twitter Email

Rasanya nggak ada penggemar musik di seluruh dunia yang belum kenal dengan Festival Woodstock. Event tahunan yang sudah diselenggarakan sejak tahun 1969 ini selalu menghadirkan sejumlah musisi legendaris. Sayangnya, tahun ini Woodstock 50 justru batal digelar. Padahal, beberapa lineup keren yang bakal meramaikan festival tersebut, seperti Miley Cyrus, Jay Z, dan Halsey, sudah diumumkan bakal hadir. Kira-kira ada apa ya sebenarnya?

 

Mengalami krisis finansial

Mengalami krisis finansial

Festival Woodstock rencananya bakal diselenggarakan pada tanggal 16 – 18 Agustus mendatang. Namun, karena disebabkan oleh krisis finansial, event bergengsi ini justru secara mendadak diumumkan batal. Nggak tanggung-tanggung, pihak penyelenggara Woodstock 50 juga kehilangan investor mereka. Hal ini sudah dikonfirmasi secara langsung oleh Greg Peck selaku pimpinan Woodstock 50.

 

Kehilangan venue di New York

Fakta mengejutkan kembali terungkap setelah diketahui bahwa pihak penyelenggara Festival Woodstock ini nggak hanya kehilangan investor, tetapi juga venue atau tempat event tersebut bakal digelar. Semula, festival musik legendaris ini bakal berlokasi di Watkins Glen, area balap motor terbesar di New York. Sayangnya pihak Watkins Glen justru membatalkan izin penggunaan lokasi karena pihak Woodstock menyalahi ketentuan kontrak yang sudah disepakati.

 

Sejumlah musisi mundur

Sejumlah musisi mundur

Meski daftar lineup musisi yang bakal memeriahkan Festival Woodstock sudah diumumkan beberapa waktu lalu, ternyata kabar miring tentang krisis finansial dan pembatalan venue membuat sejumlah musisi memutuskan untuk mundur. Di antaranya ada Jay-Z dan the Dead & Co, hingga Miley Cyrus serta Santana yang juga ikut mengundurkan diri dari festival musik legendaris ini. Padahal pihak penyelenggara Woodstock 50 sudah menemukan lokasi baru, yaitu di Merriweather Post Pavillion.

 

Sudah mengantongi izin dari Pengadilan Sipil New York

Jauh sebelum pembatalan ini terjadi, pihak penyelenggara Woodstock 50 sudah melaporkan Amplifi Live sebagai investor yang secara sepihak membatalkan pendanaan. Bahkan Pengadilan Sipil New York melalui hakim Barry Ostrager sudah mengetuk palu persetujuan untuk penyelenggaraan Festival Woodstock tetap bisa berlanjut. Meskipun demikian, pihak hakim saat itu memberikan syarat bahwa pihak penyelenggara harus memilih lokasi dengan sumber air bersih yang cukup, akses jalan memadai, serta kapabilitas untuk menghadapi kondisi darurat.

Gimana menurut pendapat lo, Urbaners? Semoga kegagalan pihak penyelenggara Festival Woodstock 50 bisa jadi pelajaran buat seluruh penyelenggara festival musik di dunia, ya!

 

 

Sources: cnet.com, cnnindonesia.com