• Music News
  • Float Kembali Hadir Semarakan Musik Indie Indonesia

Float Kembali Hadir Semarakan Musik Indie Indonesia

Thu, 20 September 2018
Float Kembali Hadir Semarakan Musik Indie Indonesia

Kalau lo dibesarkan di era awal 2000-an pasti mungkin sudah nggak asing lagi sama band indie Float. Grup musik beraliran folk ini awalnya adalah sebuah proyek solo album Hotma Roni Simamora sang vokalis yang ditawari solo album oleh Windra Benyamin. Setelah beberapa kali tertunda, akhirnya proyek solo album tersebut ditawarkan untuk menjadi sebuah band.

Album tersebut pun kembali digarap dan Raymond Agus Saputra masuk dalam jajaran Float. Nama Float dipilih atas usul Hotma, yang melambangkan kebebasan berekspresi dan merefleksikan keinginan bermusik mereka.

 

Sempat Mengisi Soundtrack Film Mira Lesmana

Sempat Mengisi Soundtrack Film Mira Lesmana

Awal 2005 adalah kebangkitan Float, pada Januari tahun itu mereka menelurkan album perdana bertajuk ‘No Dream Land’. Jumlahnya dibuat terbatas hanya 1000 keping dan didistribusikan lewat distro atau pemesanan. Bak gayung bersambut, bulan April 2005 Radio Prambors pun menganugerahinya dengan sebuah reward di ajang ‘Prambors Blast The Rewards’ karena dinilai musik Float out of the box.

Pengalaman tak disangka datang pada November 2005 saat gigs mereka di Tornado Coffe. Mira Lesmana datang menonton dan langsung mendatangi mereka serta menawarkan proyek untuk berkolaborasi. Float dengan album barunya didapuk mengisi soundtrack untuk film terbaru Mira kala itu ‘3 Hari untuk Selamanya’ yang disutradarai Riri Riza. Sontak saja tawaran pun disambut antusias. Nama Float pun makin dikenal penikmat musik indie.

 

Kembali Bangkit Setelah Vakum

Kembali Bangkit Setelah Vakum

Setelah cukup lama malang melintang di ranah musik indie tanah air, untuk pertama kalinya Float menggelar mini konsernya. Konsep yang diusung pun cukup unik yakni menggelar konser di alam terbuka. Tepatnya diadakan di Perkemahan Bungbuay, Situgunung Park, Sukabumi pada 2017 lalu.

Acara tersebut diberi nama ‘Floatpost Reborn’ yang merupakan penanda bahwa mereka siap menyemarakkan ranah musik indie tanah air kembali. Mini konser kedua diadakan dalam rangka perayaan hari jadi Float yang ke-13. Rekaman konser ‘Floatpost Reborn yang pertama telah dirilis dalam format digital bertajuk ‘Live at Bungbuay’.

Sebelumnya di tahun 2016 lalu, Float sempat merilis lagu baru berjudul Keruh walau ditinggal Windra Benyamin. Lagu tersebut bertempo pelan dan menceritakan tentang maraknya kebakaran hutan dan lahan gambut di Indonesia. Bila dibandingkan lagu-lagu Float sebelumnya Urbaners, lagu Keruh ini memiliki sentuhan berbeda yakni dengan adanya suara flute dan organ menjadi satu. Pihak Float sendiri merilis lagu tersebut hanya di ranah digital saja dan bisa dinikmati melalui iTunes & Apple Music.

 

 

Source:  DCDC, Float Project

The Chainsmokers akan Jadi Host untuk Festival EDM Virtual Pertama

Fri, 29 May 2020
Salah satu penampilan panggung The Chainsmokers

Di tengah pandemi, banyak banget festival musik yang dibatalkan dan para musisi dengan kreatifnya menghadirkan konser virtual yang bisa lo nikmati #MumpungLagiDirumah saja. Konser virtual EDM yang diselenggarakan oleh Sirius XM ini diberi judul DisDance. Sekilas terdengar seperti “distance,” sesuai dengan kondisi terkini kita semua. Festival EDM virtual pertama ini dibawakan langsung oleh The Chainsmokers.

 

Akan Berlangsung Selama Tiga Hari

Andrew Taggart dan Alex Pall tersenyum ke kamera dalam salah satu panggung mereka

Keseruan dari festival virtual DisDance ini berlangsung selama tiga hari. SiriusXM secara eksklusif menunjuk Andrew Taggart dan Alex Pall dari The Chainsmokers untuk meramaikan festival EDM ini dari rumah mereka. Festival EDM ini berlangsung pada 22 hingga 24 Mei 2020 lalu. Disiarkan secara langsung dari saluran BPM milik SiriusXM.

Festival virtual ini sukses jadi obat rindu para pecinta musik EDM dan yang nggak bisa kemana-mana, apalagi seru-seruan di festival dalam waktu dekat. Apalagi set musik EDM dimainkan dalam waktu yang cukup panjang, yakni tiga hari di akhir pekan. Waktu yang tepat Bro buat bersenang-senang dan melepas penat sejenak.

 

Jadi Bentuk Support untuk Industri Musik

Penampilan spektakular The Chainsmokers dengan tembakan kembang api dari sisi panggung

Festival virtual ini juga dilengkapi dengan set eksklusif milik Avicii di tahun 2011. Sedikit banyak dapat mengobati para penggemar musisi dengan nama asli Tim Bergling yang meninggal di tahun 2018 lalu. Set yang dijadikan penghormatan pada musisi EDM yang satu ini disambut positif para penggemar musik EDM.

Nggak hanya itu, panggung EDM virtual ini juga akan menyumbangkan keuntungan serta sejumlah donasi bagi MusicCares. Tujuannya untuk dapat mendukung para pekerja di industri musik yang membutuhkan dan terdampak dari adanya pandemi ini. Apalagi mengingat nggak ada lagi konser dan festival yang diadakan, beberapa pekerja di industri musik juga ikut merugi tanpa ada pekerjaan selama pandemi.

 

Line Up Musisi EDM Terbaik

Alex Pall dan Andrew Taggart berpose dengan apparel serba hitam

Nggak hanya dibawakan oleh musisi EDM terbaik seperti The Chainsmokers saja, Bro. Festival EDM virtual yang sudah berlangsung ini diramaikan jejeran musisi EDM yang nggak kalah keren dan eksklusif pula. Termasuk juga musisi-musisi EDM dengan nama besar seperti Afrojack, Alesso, Armin van Buuren, Gryffin, Kaskade, Krewella, Kygo, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nggak lupa juga musisi EDM yang populer dan lagu-lagunya banyak jadi hits, seperti Major Lazer, Marshmello, Martin Garrix, Steve Aoki, juga Tiësto. Ada juga set ekslusif milik Avicii yang tadi sempat disebutkan di atas. Ini adalah penampilan Avicii dalam acara eksklusif milik SiriusXM di tahun 2011.

Kebayang ya betapa serunya festival EDM yang disiarkan dari set masing-masing line up musisi EDM ini. Tujuannya pun nggak semata-mata untuk menghibur lo yang ada di rumah atau mengobati kerinduan lo akan ramainya suasana festival EDM. Tetapi sekaligus juga membantu dan memberi kontribusi berarti di tengah pandemi yang sedang berlangsung ini.

 

 

 

Sources: The Billboard, TicketNews, SiriusXm