Hal Baru di AMI Awards 2018

Fri, 28 September 2018
ami award

Tahun ini gelaran Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) kembali digelar. AMI Awards ke-21 ini diadakan tanggal 26 September kemarin di Econvention Ancol, Jakarta. Buat tahun ini tema yang diangkat adalah #SatuMusikIndonesia. Banyak hal baru yang terjadi di AMI Awards tahun 2018 ini. Apa aja nih?

Dibagi Jadi Tiga

Buat tahun ini, AMI punya beberapa rangkaian acara selain gala night di tanggal 26 September lalu. Selain Malam Gala AMI Awards, Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI), juga mengadakan dua acara lain yang terpisah. Dua acara tersebut yaitu Lifetime Achievement Awards dan The Winner’s Concert. Praktisnya, AMI Awards 2018 punya tiga rangkaian acara.

Tema yang diangkat tahun ini adalah #SatuMusikIndonesia. Menurut Ketua Umum YAMI, Dwiki Darmawan, tema ini menggambarkan dinamisnya khasanah musik Indonesia. Tema ini diangkat biar rakyat Indonesia lebih menghargai perbedaan lewat musik. Lebih-lebih belakangan ini emang banyak hal yang mengusik keragaman Indonesia.

Ada Kategori Baru

AMI Awards tahun 2018 mengangkat satu kategori baru. Kategori ini adalah karya terbaik lagu re-aransemen. Total, tahun ini AMI Awards punya 48 kategori yang berbeda. Jumlah karya yang masuk buat dinilai oleh dewan juri juga ada peningkatan. Kalo tahun lalu jumlah karya yang masuk cuma 1.071 karya, tahun ini ada 1.917 karya yang dinilai.

Genre musik yang dinilai juga macam-macam, mulai  dari pop, langgam, anak-anak, religi, hingga daerah. Kalau ditotal, ada 76 piala yang disediakan YAMI buat AMI Awards 2018. Beberapa musisi yang berhasil menggondol piala ini adalah Dipha Barus, Raisa, Gerald Situmorang, Endah n Rhesa, sampai pedangdut Siti Badriah yang lagunya sempat viral di YouTube.

10 Special Stages

Stage Malam Gala AMI Awards kemarin juga pecah abis. Banyak musisi kenamaan Indonesia yang perform di stage ini. Ada kolab dari Marion Jola bareng Rayi RAN yang bawain single hits “Jangan”. Marion yang berhasil bawa pulang piala Pendatang Baru Terbaik itu berhasil bikin suasana Ancol jadi makin heboh.

Ada juga tribute stage buat Nike Ardilla. Ada band Kotak, Ita Purnamasari, Cakra Khan yang nampilin lagu “Bintang Kehidupan”. Lo suka tembang nostalgia ala 80an? Ada juga perform dari Betharia Sonata dan Maria Simorangkir yang nyanyi bareng lagu “Hati yang Terluka”. Dengan total 10 special stages, AMI Awards tahun ini jadi memorable  banget.

Gimana, ada nggak jagoan lo yang berhasil bawa pulang AMI Awards 2018 kemarin? Menang nggak menang, AMI Awards 2018 emang nggak boleh dilewatin sih. Ya nggak Urbaners?

 

Source: idntimes.com

The Chainsmokers akan Jadi Host untuk Festival EDM Virtual Pertama

Fri, 29 May 2020
Salah satu penampilan panggung The Chainsmokers

Di tengah pandemi, banyak banget festival musik yang dibatalkan dan para musisi dengan kreatifnya menghadirkan konser virtual yang bisa lo nikmati #MumpungLagiDirumah saja. Konser virtual EDM yang diselenggarakan oleh Sirius XM ini diberi judul DisDance. Sekilas terdengar seperti “distance,” sesuai dengan kondisi terkini kita semua. Festival EDM virtual pertama ini dibawakan langsung oleh The Chainsmokers.

 

Akan Berlangsung Selama Tiga Hari

Andrew Taggart dan Alex Pall tersenyum ke kamera dalam salah satu panggung mereka

Keseruan dari festival virtual DisDance ini berlangsung selama tiga hari. SiriusXM secara eksklusif menunjuk Andrew Taggart dan Alex Pall dari The Chainsmokers untuk meramaikan festival EDM ini dari rumah mereka. Festival EDM ini berlangsung pada 22 hingga 24 Mei 2020 lalu. Disiarkan secara langsung dari saluran BPM milik SiriusXM.

Festival virtual ini sukses jadi obat rindu para pecinta musik EDM dan yang nggak bisa kemana-mana, apalagi seru-seruan di festival dalam waktu dekat. Apalagi set musik EDM dimainkan dalam waktu yang cukup panjang, yakni tiga hari di akhir pekan. Waktu yang tepat Bro buat bersenang-senang dan melepas penat sejenak.

 

Jadi Bentuk Support untuk Industri Musik

Penampilan spektakular The Chainsmokers dengan tembakan kembang api dari sisi panggung

Festival virtual ini juga dilengkapi dengan set eksklusif milik Avicii di tahun 2011. Sedikit banyak dapat mengobati para penggemar musisi dengan nama asli Tim Bergling yang meninggal di tahun 2018 lalu. Set yang dijadikan penghormatan pada musisi EDM yang satu ini disambut positif para penggemar musik EDM.

Nggak hanya itu, panggung EDM virtual ini juga akan menyumbangkan keuntungan serta sejumlah donasi bagi MusicCares. Tujuannya untuk dapat mendukung para pekerja di industri musik yang membutuhkan dan terdampak dari adanya pandemi ini. Apalagi mengingat nggak ada lagi konser dan festival yang diadakan, beberapa pekerja di industri musik juga ikut merugi tanpa ada pekerjaan selama pandemi.

 

Line Up Musisi EDM Terbaik

Alex Pall dan Andrew Taggart berpose dengan apparel serba hitam

Nggak hanya dibawakan oleh musisi EDM terbaik seperti The Chainsmokers saja, Bro. Festival EDM virtual yang sudah berlangsung ini diramaikan jejeran musisi EDM yang nggak kalah keren dan eksklusif pula. Termasuk juga musisi-musisi EDM dengan nama besar seperti Afrojack, Alesso, Armin van Buuren, Gryffin, Kaskade, Krewella, Kygo, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nggak lupa juga musisi EDM yang populer dan lagu-lagunya banyak jadi hits, seperti Major Lazer, Marshmello, Martin Garrix, Steve Aoki, juga Tiësto. Ada juga set ekslusif milik Avicii yang tadi sempat disebutkan di atas. Ini adalah penampilan Avicii dalam acara eksklusif milik SiriusXM di tahun 2011.

Kebayang ya betapa serunya festival EDM yang disiarkan dari set masing-masing line up musisi EDM ini. Tujuannya pun nggak semata-mata untuk menghibur lo yang ada di rumah atau mengobati kerinduan lo akan ramainya suasana festival EDM. Tetapi sekaligus juga membantu dan memberi kontribusi berarti di tengah pandemi yang sedang berlangsung ini.

 

 

 

Sources: The Billboard, TicketNews, SiriusXm