Home Music Hal Baru di AMI Awards 2018
ami award

Hal Baru di AMI Awards 2018

Friday, September 28, 2018 - 11:40
Bagikan
Facebook Twitter Email

Tahun ini gelaran Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) kembali digelar. AMI Awards ke-21 ini diadakan tanggal 26 September kemarin di Econvention Ancol, Jakarta. Buat tahun ini tema yang diangkat adalah #SatuMusikIndonesia. Banyak hal baru yang terjadi di AMI Awards tahun 2018 ini. Apa aja nih?

Dibagi Jadi Tiga

Buat tahun ini, AMI punya beberapa rangkaian acara selain gala night di tanggal 26 September lalu. Selain Malam Gala AMI Awards, Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI), juga mengadakan dua acara lain yang terpisah. Dua acara tersebut yaitu Lifetime Achievement Awards dan The Winner’s Concert. Praktisnya, AMI Awards 2018 punya tiga rangkaian acara.

Tema yang diangkat tahun ini adalah #SatuMusikIndonesia. Menurut Ketua Umum YAMI, Dwiki Darmawan, tema ini menggambarkan dinamisnya khasanah musik Indonesia. Tema ini diangkat biar rakyat Indonesia lebih menghargai perbedaan lewat musik. Lebih-lebih belakangan ini emang banyak hal yang mengusik keragaman Indonesia.

Ada Kategori Baru

AMI Awards tahun 2018 mengangkat satu kategori baru. Kategori ini adalah karya terbaik lagu re-aransemen. Total, tahun ini AMI Awards punya 48 kategori yang berbeda. Jumlah karya yang masuk buat dinilai oleh dewan juri juga ada peningkatan. Kalo tahun lalu jumlah karya yang masuk cuma 1.071 karya, tahun ini ada 1.917 karya yang dinilai.

Genre musik yang dinilai juga macam-macam, mulai  dari pop, langgam, anak-anak, religi, hingga daerah. Kalau ditotal, ada 76 piala yang disediakan YAMI buat AMI Awards 2018. Beberapa musisi yang berhasil menggondol piala ini adalah Dipha Barus, Raisa, Gerald Situmorang, Endah n Rhesa, sampai pedangdut Siti Badriah yang lagunya sempat viral di YouTube.

10 Special Stages

Stage Malam Gala AMI Awards kemarin juga pecah abis. Banyak musisi kenamaan Indonesia yang perform di stage ini. Ada kolab dari Marion Jola bareng Rayi RAN yang bawain single hits “Jangan”. Marion yang berhasil bawa pulang piala Pendatang Baru Terbaik itu berhasil bikin suasana Ancol jadi makin heboh.

Ada juga tribute stage buat Nike Ardilla. Ada band Kotak, Ita Purnamasari, Cakra Khan yang nampilin lagu “Bintang Kehidupan”. Lo suka tembang nostalgia ala 80an? Ada juga perform dari Betharia Sonata dan Maria Simorangkir yang nyanyi bareng lagu “Hati yang Terluka”. Dengan total 10 special stages, AMI Awards tahun ini jadi memorable  banget.

Gimana, ada nggak jagoan lo yang berhasil bawa pulang AMI Awards 2018 kemarin? Menang nggak menang, AMI Awards 2018 emang nggak boleh dilewatin sih. Ya nggak Urbaners?

 

Source: idntimes.com