Home Music Jean-Phillipe Koch Pianis Jazz Terkemuka
Jean-Phillipe Koch Pianis Jazz Terkemuka

Jean-Phillipe Koch Pianis Jazz Terkemuka

Monday, December 31, 2018 - 00:08
Bagikan
Facebook Twitter Email

Urbaners, nama Jean-Phillipe Koch pasti nggak asing lagi buat lo yang hobi dengerin musik genre jazz. Pianis jazz asal Inggris ini ternyata sudah mulai pelajar bermain alat musik piano sejak usianya masih 4 tahun. Bahkan saking cintanya sama musik jazz, Jean meneruskan pendidikan musik di Berklee College of Music di Boston serta di Universitas Seni Codarts Rotterdam. Nggak heran kalau bakat bermusik Jean terasah dengan baik sampai saat ini.

 

Nggak pernah bosan belajar!

Satu hal yang patut lo tiru dari sosok Jean-Phillipe Koch adalah semangatnya dalam belajar bermusik. Meski sudah memperoleh gelar Baccalaureure dalam komposisi, analisis musik, dan notasi musik, Jean tetap mempelajari pendekatan baru untuk bermain piano. Tercatat saat usianya masih 17 tahun ia sudah menyelesaikan gelar Master di Liège Royal Conservatoire, dengan predikat “grande distinction”.

 

Terlahir dari keluarga musisi

Terlahir dari keluarga musisi

Bakat musik yang dimiliki Jean ternyata menurun langsung dari ayahnya yang merupakan seorang pemain biola internasional. Keluarga Koch ini juga telah membentuk sebuah trio musisi yang beranggotakan Phillipe (biola), Jean (piano), dan saudara perempuannya Laurence (biola). Ketiganya dalam Trio Koch ini tampil di panggung musik bergengsi, antara lain Luksemburg Philharmonie, Madrid Conde Duque, hingga London Conway Hall.

 

Pernah jadi guru piano

Pernah jadi guru piano

Sebelum namanya muncul sebagai salah satu pianis jazz terkemuka di dunia, Jean-Phillipe Koch juga pernah berprofesi sebagai guru piano di Conservatoire de Luxembourg pada tahun 2014 silam. Profesi ini digeluti oleh Jean selama kurang lebih dua tahun sebelum ia berkarir bersama keluarga Koch.

 

Raih banyak penghargaan

Sukses di bangku sekolah dan membentuk grup musik bersama keluarga nggak bikin Jean berpuas diri. Pianis jazz profesional ini terus berkaya hingga sukses meraih berbagai penghargaan dunia. Mulai dari medali emas pada Kompetisi Young Solois Internasional UGDA di Luksemburg hingga komposisi terbaik untuk piano pada kompetisi komposisi internasional Artistes en Herbe.

 

Urbaners, berkaca dari perjalanan karir Jean-Phillipe Koch sebagai pianis jazz terkemuka dunia, sebaiknya lo juga terus mengasah bakat yang ada. Nggak perlu ragu apalagi minder, soalnya lo nggak bakal tahu gimana hasilnya kalau belum dicoba. Mau bermusik atau menggeluti bidang lain, pastinya lo kudu serius dan giat berlatih untuk memperoleh hasil yang maksimal. Semoga terinspirasi, ya!

 

 

Source: jeanphillipkoch.com