Home Music John Mayer and His Extraordinary Songwriting Skill
John Mayer and His Extraordinary Songwriting Skill

John Mayer and His Extraordinary Songwriting Skill

Thursday, January 24, 2019 - 14:50
Bagikan
Facebook Twitter Email

Di industri musik internasional, John Mayer dikenal sebagai salah satu the god of guitar. Hal ini memang nggak salah, Urbaners. Beberapa orang bahkan kerap menyandingkan kemampuan bermain gitar Mayer dengan para legenda musik seperti Eric Clapton. Nggak ketinggalan band Dead & Company yang sudah beberapa tahun belakangan ini selalu membawa Mayer tur untuk “menyumbang” permainan gitar.

Namun, ada satu kemampuan lain yang sepertinya kurang begitu disadari orang-orang, yaitu penulisan lagu alias songwriting. Nggak cuma sekadar menulis lagu, pria kelahiran 16 Oktober 1977 ini juga beberapa kali menggunakan metafor untuk mendeskripsikan sesuatu melalui lagu-lagunya. Seperti apa?

 

Mengibaratkan hidup sebagai kereta api

Mengibaratkan hidup sebagai kereta api

Relatable. Mungkin itulah satu kata yang paling tepat untuk menggambarkan lagu-lagu John Mayer. Banyak isu tentang hidup yang Mayer coba singgung melalui lagu-lagunya. Hebatnya, lirik yang ia tulis selalu “ngena” tanpa terkesan cheesy. Coba lo dengarkan Stop This Train, di lagu ini Mayer mengibaratkan hidup sebagai kereta api. Saat naik kereta api, lo nggak bisa seenaknya berhenti. Sama seperti hidup kan, Urbaners? Mau nggak mau lo harus tetap mengikuti perjalanan sesuai jalur yang sudah ditentukan.

Mayer sendiri bilang kalau Stop This Train jadi salah satu lagu paling personal yang pernah ia tulis. Kalau lo mau menyelami songwriting skill Mayer lebih jauh, lagu-lagu seperti Wheel dan Split Screen Sadness wajib lo dengarkan.

 

Berjanji bakal lebih jujur lagi dalam menulis lagu

Berjanji bakal lebih jujur lagi dalam menulis lagu

Single pertama John Mayer adalah Your Body is a Wonderland yang rilis pada 2001. Sejak saat itu, kemampuan songwriting Mayer tentunya mengalami transformasi. Mayer juga mengaku kalau sekarang ia jadi lebih jujur dalam menulis lagu. Melalui interview bersama Billboard pada November 2018 lalu, pria bernama lengkap John Clayton Mayer ini mengiyakan hal tersebut.

Believe me when I tell you, there is going to be a massive shift toward telling the truth again,” katanya.

 

Dikelilingi banyak energi kreatif

Dikelilingi banyak energi kreatif

Kreativitas John Mayer dalam menulis lagu nggak terlepas dari energi kreatif yang mengelilinginya. Selain ikut tur bersama Dead & Company, Mayer juga beberapa kali berpartisipasi dalam proyek-proyek musik lain. Ia turut serta dalam proses rekaman album Ed Sheeran, Shawn Mendes, dan Travis Scott. Bahkan Mayer pernah juga ikut perform bermain gitar di acara stand-up Dave Chappel. Ia sendiri mengaku memang sangat menyukai kolaborasi bersama musisi lain.

 

Penyanyi yang bakal konser di Indonesia pada 5 April 2019 ini terakhir kali merilis lagu pada pertengahan 2018 lalu. Belum ada kabar kapan ia bakal merilis lagu atau album baru. But we bet it’s worth the wait!

 

 

Source: Billboard.com