Home Music Mengenang Nancy Wilson, Penyanyi Wanita Legenda Jazz yang Telah Berpulang
Mengenang Nancy Wilson, Penyanyi Wanita Legenda Jazz yang Telah Berpulang

Mengenang Nancy Wilson, Penyanyi Wanita Legenda Jazz yang Telah Berpulang

Wednesday, December 19, 2018 - 11:08
Bagikan
Facebook Twitter Email

Sudah 70 album yang dikeluarkan oleh Nancy Wilson, wanita kelahiran Ohio Amerika Serikat merupakan salah satu legenda jazz dunia. Setelah bertarung dengan penyakitnya, pada 13 Desember 2018 kemarin Nancy Wilson meninggal dunia. Salah satu lagunya yang berjudul (You Don’t Know) How Glad I Am dan Guess Who I Saw Today menjadi single terbaik dari Nancy Wilson. Mulai karir sejak tahun 1956, Nancy Wilson berhasil mendapatkan 3 Grammy Awards di tahun 1965, 2006, dan 2007.

 

Debut langsung terkenal

Debut langsung terkenal

Nancy Wilson lahir 1937 di Ohio dengan nama Nancy Sue Wilson. Akibat ayahnya sering mendengarkan lagu jazz di dalam rumah, Nancy sangat senang dengan penyanyi seperti Dinah Washington, Ruth Brown, LaVerne Baker, dan Little Esther. Setelah itu di umur 15 tahun, Nancy memenangkan kontes dari ABC dan akhirnya membuat dirinya masuk televisi 2 kali seminggu.

Dari situ Wilson langsung dikontrak oleh Capitol Records dan harus pindah ke New York. Tepat 1 bulan setelah pindah ke New York, Nancy mengeluarkan lagu berjudul Guess Who I Saw Today dan langsung menjadi hits single di tahun 1960. Album dari Nancy Wilson keluar di tahun 1962 dengan judul Like In Love dan masuk ke dalam Top 10 on Billboard’s Top LPs chart.

 

Diva musik jazz

Diva musik jazz

Pada tahun 1992, majalah bulanan Essence sebagai Grand Diva jazz dunia. Kemudian di tahun 1998, Nancy juga mendapatkan Playboy Reader Poll Award for best jazz vocalist. Masuk ke tahun 90an dan awal 2000-an, menjadi tahun yang menakjubkan bagi Nancy. Dirinya mendapatkan puluhan penghargaan besar dari aktivitas bernyanyinya selama puluhan tahun. Selain fokus di dunia tarik suara, Nancy Wilson juga sangat vokal terhadap masalah civil right movement. Nancy juga masuk ke dalam International Civil Rights Walk of Fame di tahun 2005.

Sekarang dunia jazz harus rela ditinggalkan divanya. Suaranya yang sangat merdu dan lagunya yang mendayu akan terus dikenang.

 

 

 

Source: essence.com