Home Music Monkey to Millionaire, Tak Lelah Sampaikan Kritik Sosial Lewat Lagu
Monkey to Millionaire, Tak Lelah Sampaikan Kritik Sosial Lewat Lagu

Monkey to Millionaire, Tak Lelah Sampaikan Kritik Sosial Lewat Lagu

Monday, December 31, 2018 - 00:41
Bagikan
Facebook Twitter Email

Nama Monkey to Millionaire pasti sudah nggak asing lagi di telinga para penikmat musik indie. Grup musik duo yang digawangi oleh Wisnu Adji (vokal/gitar) dan Agan Sudrajat (bass/vokal) ini terkenal akan lagu-lagu bergenre alternative rock. Meski mungkin kesannya Monkey to Millionaire jarang banget terlihat, diam-diam sebetulnya mereka cukup produktif dalam menghasilkan karya.

 

Produktif menghasilkan karya

Produktif menghasilkan karya

Berangkat dari sebuah ajang festival band, awalnya Monkey to Millionaire merupakan sebuah band, tapi seiring berjalannya waktu berubah menjadi grup duo. Album pertama mereka, yaitu Lantai Merah, rilis pada 2009. Disusul dengan Inertia (2003) dan Tanpa Koma (2017). Kini, Monkey to Millionaire tengah fokus menggarap album keempat mereka yang kabarnya bakal diberi judul Bipolar.

Bahkan nggak cuma album, grup duo yang berbasis di Jakarta ini juga sudah mengeluarkan dua EP berjudul Monkey to Millionaire dan Strange is the Song in Our Conversation. Dengan banyaknya karya yang sudah dihasilkan tersebut, nggak berlebihan rasanya menyebut Monkey to Millionaire sebagai salah satu grup musik indie paling produktif di Indonesia.

 

Jadikan lagu untuk sampaikan kritik sosial

Jadikan lagu untuk sampaikan kritik sosial

Sejak awal terjun ke dunia musik tanah air, Monkey to Millionaire sering menyampaikan potret-potret sosial melalui lagu-lagu mereka. Hal ini jugalah yang menjadi salah satu ciri khas Monkey to Millionaire. Salah satu buktinya bisa lo dengarkan melalui lagu Envy, yang juga merupakan salah satu single dari album keempat. Wisnu dan Agan mencoba memotret fenomena banyaknya orang yang berlomba-lomba agar jadi terkenal.

“Lagu ini tentang bagaimana orang-orang mau ngelakuin apa saja untuk terkenal. Bahkan sampai ngejual kehidupan pribadi mereka cuma buat kebutuhan promosi dan naikin nama,” kata Wisnu, seperti dilansir dari CNNIndonesia.com.

 

Single terbaru berjudul Ego

Selain Envy, baru-baru ini Monkey to Millionaire juga merilis single terbaru untuk album keempat mereka. Single ini diberi judul Ego. Sesuai judulnya, Ego membahas tentang ego manusia yang diceritakan dalam sudut pandang yang penuh heran. Monkey to Millionaire juga mempertanyakan pihak-pihak yang suka mengedepankan ego untuk kepentingan pribadi mereka. Lo juga sudah bisa nonton video klip Ego di YouTube ya, Urbaners!

 

Rencananya, album keempat Monkey to Millionaire bakal dirilis pada awal 2019 mendatang oleh Bintang Records. Tunggu sama-sama, ya!

 

 

Sources: provoke-online.com, cnnindonesia.com.