• Music News
  • Rekor Dua Lipa di Dunia Musik Internasional Layak Diacungi Jempol

Rekor Dua Lipa di Dunia Musik Internasional Layak Diacungi Jempol

Wed, 21 February 2018
Rekor Dua Lipa di Dunia Musik Internasional Layak Diacungi Jempol

Siapa sih yang nggak kenal sama si cantik Dua Lipa ini? Sejak memulai karir bermusiknya di usia 14 tahun melalui cover lagu-lagu artis lain di YouTube, nama Dua Lipa makin populer Urbaners. Apalagi nih, Warner Bross Records memberikan tawaran kontrak rekaman jangka panjang untuknya di tahun 2015 lalu. Selain cantik dan berbakat ternyata wanita asal London ini juga hobi mencetak rekor dunia. Nggak percaya? Ini buktinya!

 

Peraih nominasi terbanyak di Brit Awards 2018

Beberapa waktu lalu Dua Lipa sukses mencetak rekor dengan sukses menjadi peraih nominasi terbanyak dalam ajang Brit Awards 2018. Nama penyanyi pop berusia 23 tahun ini berhasil masuk dalam nominasi Best Female, Best Video, Best Single, Best Album, dan juga artis terobosan terbaik.

 

Memenangkan NME Awards 2017

Dua Lipa ternyata juga cukup mengejutkan publik dengan keberhasilannya memenangkan piala NME Awards tahun 2017 lalu untuk nominasi Best New Artist. Saat itu Dua Lipa mengalahkan beberapa nama-nama musisi pendatang baru yang juga cukup populer di dunia, seperti Zara Larsson, Christine and The Queens, Blossoms dan Anderson Paak.

 

Menduduki puncak tangga lagu dunia

Urbaners, pelantun lagu New Love ini rupanya juga sukses mencuri perhatian penggemar musik dunia bahkan sejak pertama kali merilis single Be the One di tahun 2015. Bahkan, single kelimanya berjudul Blow Your Mind (Mwah) menjadi entri pertamanya di Billboard Hot 100 AS, yang juga menduduki puncak tangga lagu Billboard Dance Club Songs dan mencapai nomor 23 di Billboard Mainstream Top 40.

 

Menggantikan posisi Adele

Lewat single terbarunya New Rules yang dirilis pada 2 Juni 2017 lalu, Dua Lipa berhasil memuncaki tangga lagu di Inggris. Percaya nggak percaya, lagu ini juga menjadi lagu pertama mencapai posisi puncak di Inggris selama beberapa minggu, setelah hampir dua tahun sebelumnya hanya diduduki lagu Hello yang dinyanyikan Adele pada tahun 2015.

 

Penyanyi termuda dengan 1 miliar penonton

Dua Lipa yang juga berprofesi sebagai seorang model ini berhasil mencetak rekor pada video klipnya yang berjudul New Rules. Video itu telah ditonton sebanyak lebih dari 1 miliar penonton di channel resmi Dua Lipa di YouTube. Pencapaian ini pasti sangat membanggakan bagi setiap musisi dunia.

 

Urbaners, kesuksesan Dua Lipa di dunia musik internasional membuktikan kalau lo nggak harus jadi tua dulu buat sukses. Setuju nggak sih?

 

Source: nme.com

Pecinta Musik Wajib Datangi Museum Musik Indonesia di Malang

Monday, February 17, 2020 - 15:41
: Bagian depan dari Gedung Museum Musik Indonesia

Kota Malang memang menjadi salah satu kota paling populer di Indonesia. Selain memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik, di kota ini rupanya juga memiliki museum musik yang wajib didatangi oleh para pecinta musik. Museum Musik Indonesia yang terletak di Jalan Nusakambangan No. 19, Kota Malang ini merupakan satu-satunya museum seni musik yang ada di Indonesia.

 

Punya Banyak Koleksi yang Menarik

Museum Musik di Kota Malang ini memiliki banyak koleksi yang sangat menarik. Sejak tahun 2009 sampai tahun 2018 lalu Museum Musik ini diketahui memiliki lebih dari 26 ribu koleksi yang berhubungan dengan dunia musik. Mulai dari kaset, leaflet, CD, poster, buku musik, piringan hitam, peralatan audio hingga alat musik koleksi dari para musisi. Menariknya, di museum musik ini juga terdapat kostum dari koleksi para musisi.

Koleksi yang ada di Museum Musik ini rupanya sebagian besar didapatkan dari sumbangan masyarakat baik dari Malang ataupun luar Malang. Selain itu, juga terdapat beberapa musisi yang rela turut menyumbangkan barang-barangnya untuk dijadikan koleksi di museum yang satu ini. Sekitar 60 sampai 70 persen dari koleksi yang ada di museum ini berasal dari musisi Tanah Air. Sedangkan sisanya berasal dari musisi luar negeri. Koleksi di museum ini juga terdiri dari cukup banyak genre mulai dari lagu daerah, jazz, pop, rock, latin hingga lagu anak-anak.

 

Baru Diresmikan pada Tahun 2016 Lalu

Meskipun telah memiliki jumlah koleksi yang cukup banyak, Museum Musik ini baru diresmikan pada tahun 19 November 2016 lalu. Peresmian tersebut langsung dihadiri oleh pihak Badan Ekonomi Kreatif Indonesia dan bertempat di Gedung kesenian Gajayana lantai 2 di Jalan Nusakambangan No. 19 Malang.

Museum Musik ini juga telah didaftarkan ke Kementrian Hukum dan Ham. Pemerintah Kota Malang juga telah memberikan izin kepada pengelola museum untuk menempati Gedung Kesenian Gajayana. Jadi Gedung Kesenian Gajayana telah resmi menjadi lokasi dari Museum Musik tersebut. Sebelum menempati gedung tersebut, Museum Musik ini cukup sering berpindah tempat.

Sejarah Berdirinya Museum Musik

Koleksi di museum musik yang tertata rapi di display

 

Sejarah dari Museum Musik ini cukup menarik lho, Urbaners. Berawal dari koleksi yang dimiliki oleh salah satu pendirinya, Hengki Herwanto, kemudian museum ini bisa berkembang menjadi lebih besar. Sejak sekitar tahun 2009 lalu Hengki Herwanto berencana untuk mendirikan Galeri Malang Bernyanyi dan hanya memiliki sekitar 250 koleksi saja. Koleksi yang terdiri dari CD, kaset hingga piringan hitam itu merupakan milik dari Hengki Herwanto dengan teman-temannya.

Kemudian koleksi tersebut disimpan di garasi rumah Hengki Herwanto yang berada di jalan Citarum. Galeri koleksi musik itu pun semakin dikenal luas sehingga pada tahun 2013 mereka memindahkannya di sebuah rumah kontrakan di Griya Santa. Setelah itu, baru di tahun 2016 galeri musik itu pindah ke Gedung Kesenian Gajayana dan resmi disebut sebagai Museum Musik Indonesia.

Itulah sedikit ulasan mengenai Museum Musik Indonesia yang terletak di Malang. Apakah lo berencana untuk mampir ke tempat ini saat berkunjung ke Malang?

 

Sources: jawapos.com, kumparan.com, goodnewsfromindonesia.id