Home Scoop Kualitas Musik Jamie Aditya

Kualitas Musik Jamie Aditya

Monday, May 8, 2017 - 14:16
Bagikan
Facebook Twitter Email

Karir musiknya panjang, kendati belum punya banyak rilisan. Selalu menyenangkan melihat Jamie Aditya bermain musik.

Di Indonesia, Jamie Aditya dikenal sebagai figur serba bisa di dunia seni. Di era MTV Indonesia, ia adalah salah satu video jockey yang paling dikenal. Ia juga punya karir akting yang tidak main-main. Tapi, sebenarnya musik selalu ada di sana untuk dijelajahi.

Tidak banyak yang sadar bahwa Jamie Aditya punya kebisaan yang banyak kalau sudah urusan musik. Misalnya saja, ia pernah menjadi pemain bas di tur Humania di 90-an dulu. Ia juga merupakan seorang gitaris yang baik. Tidak boleh dilewatkan juga perannya sebagai seorang penyanyi jazz yang berkarakter kuat.

Sampai hari ini, Jamie Aditya sudah memiliki dua buah album penuh, LMNOP yang dirilis tahun 2012 dan Trad and Soul (bersama Kelland Thomas) yang dirilis tahun 2015. Keduanya, kendati beda dimensi, dirilis dengan pengaruh jazz yang kental.

Di International Jazz Day 2017 yang diselenggarakan di FX Sudirman, Jamie Aditya unjuk gigi. Ia memainkan materi-materi dari dua albumnya sekaligus mempertontonkan sejumlah versi cover dari lagu-lagu jazz klasik. Ruang yang diciptakan untuk mempertunjukan kualitas vokalnya yang bagus terbuka begitu lebar.

Bermain di penghujung acara, sepertinya cocok untuk dirinya. Ia memuncaki malam, membuat orang ternganga dengan kualitas vokalnya yang berat dan bisa berbelok kemana-mana. Belum lagi ditambah dengan interaksi yang bagus dengan penonton.

Tidak banyak penyanyi laki-laki Indonesia yang menjelajah ke sisi jazz klasik yang berbasis vokal. Jamie Aditya melakukan itu, karena memang kualitas vokalnya memang mengacu ke era jazz-jazz tua nan legendaris.

Suaranya berat dan pitch controlnya baik. Semua komposisi yang ia mainkan malam itu terbukti membawa suasana relax setelah menyaksikan banyak penampilan yang meledak-ledak sebelumnya. Pilihan untuk meletakkannya di ujung acara terbukti tepat.

Dengan musiknya, malam itu Jamie Aditya membuat International Jazz Day 2017 punya penutup yang enak; menenangkan, santai, penuh kehangatan dan berkualitas tinggi. Semoga, ia sering main musik untuk orang banyak. Dan albumnya bertambah.