Trending
Kamis, 17 Oktober 2019

Mencicipi Cita Rasa Argentina di Sudestada

  • Share
  • fb-share
Mencicipi Cita Rasa Argentina di Sudestada

Beragam pilihan restoran belakangan ini memang nggak ada habisnya untuk dikunjungi! Banyak pula tempat makan yang menyajikan menu yang masih jarang ditemukan. Salah satu restoran tersebut adalah Sudestada, sebuah restoran dan bar yang menyajikan hidangan khas Argentina di bilangan Menteng, Jakarta Pusat.

 

Kentalnya Kultur Argentina

Konsep bangunan restoran yang industrial memberikan kesan luas 

Di Argentina, makanan menjadi salah satu aspek yang paling esensial di kehidupan sehari-hari warganya. Sudah menjadi kebiasaan yang nggak boleh dilewatkan bagi masyarakat Argentina untuk berkumpul dengan orang-orang terdekat sambil menyantap hidangan dan menyesap minuman bersama-sama. Hal inilah yang menginspirasi restoran Sudestada untuk membawa budaya tersebut ke Indonesia.

Hidangan Argentina pada asalnya didapatkan dari perpaduan cita rasa Mediterania, seperti hidangan Italia dan Spanyol, serta Native American. Hal itu pula yang membuat hidangan Argentina didominasi dengan olahan daging, roti, serta pasta.

Berbeda dengan negara-negara di Asia, orang Argentina juga menggunakan lebih sedikit rempah dalam pengolahan makanannya. Rasa dan aroma yang dihasilkan pun lebih ringan dan cocok di lidah banyak orang. Seperti di negara asalnya, kebanyakan menu Sudestada menggunakan herbs seperti daun basil, oregano, peterseli, hingga rosemary.

 

Establishment Berkonsep 3 in 1

Bagian outdoor restoran Sudestada yang dilengkapi bar

Kesan asri akan lo dapatkan saat mengunjungi Sudestada dengan hadirnya taman di sekeliling bangunan. Menganut konsep industrial yang saat ini sedang menjadi tren, bangunan restoran ini terkesan luas dengan atap yang tinggi. Terlihat pula dominasi material batu bata, kayu dan kaca yang dihiasi dengan tanaman gantung. Perpaduan ini menciptakan vibe yang nyaman dan homey bagi pengunjung. Meski begitu, lo tetap akan merasakan suasana yang Argentina banget berkat dekorasinya yang menampilkan berbagai baju dan aksesoris khas Argentina di beberapa bagian restoran.

Bar yang menyajikan berbagai macam koktail khas Sudestada

Sudestada terbagi menjadi tiga bagian utama, yaitu dining area, bar, dan kafe. Bagian bar sendiri terletak di depan pintu masuk. Meskipun ukurannya nggak terlalu besar, Sudestada menyajikan minuman alkohol dan non-alkohol yang cukup lengkap, Urbaners! Semua disajikan secara handcraft oleh para bartender handal di Sudestada.

Dapur di Sudestada dibuat dengan konsep semi-open kitchen, sehingga lo bisa melihat proses plating oleh chef hingga makanan sampai ke meja lo. Ada pula tanaman dinding, furnitur dengan konsep kursi semi-sofa dan bar stool yang cozy dan bikin lo betah untuk berlama-lama.

Restoran yang terdiri dari 3 bagian: bar, dining room dan kafe

Kalau ingin suasana lebih privat, lo bisa memilih area kafe di bagian belakang restoran. Soalnya, di sini ada meja dan kursi kayu memanjang yang cocok buat nongkrong atau mengadakan event. Bagi lo pencinta kopi juga bisa menikmati tempat ini karena di bagian kafe Sudestada menyajikan menu kopi dan beragam pilihan dessert, seperti cake dan pastry.

 

Deretan Menu Argentina Autentik hingga Hidangan Italia

Beragam menu di Sudestada dengan harga cukup terjangkau

Meskipun makanan Argentina masih cukup asing bagi sebagian orang Indonesia, cita rasa dari makanannya bakal cocok banget di lidah lo! Soalnya, hidangan Argentina nggak menggunakan bumbu dengan rasa dan aroma yang terlalu strong. Jadi, kalau lo nggak terlalu suka dengan makanan berempah, Sudestada punya banyak pilihannya! Menariknya, makanan di Sudestada diolah langsung oleh chef asal Argentina, Victor Taborda.

Pada setiap menu yang dihidangkan, Sudestada memastikan untuk selalu menggunakan bahan-bahan kualitas nomor satu. Walaupun menggunakan daging impor premium, restoran ini menggunakan bahan baku lokal di setiap hidangannya.

 Terdiri dari 2 lantai, Sudestada berkapasitas hingga 100 orang

Buat lo yang mau mencoba hidangan di Sudestada tapi bingung mau yang mana, lo bisa mencoba rekomendasi ini, Urbaners! Untuk menu pembuka, lo bisa coba Steak Salad (Rp95.000) yang tasty but healthy abis! Menu ini berisikan campuran dari beberapa jenis selada, baby tomato, serta irisan-irisan besar daging sapi yang dimarinasi ala Argentina, atau biasa disebut Churrasco.

Setelah itu, lo bisa mencoba menu barbeque terfavorit di Sudestada, yaitu Rib Eye Steak (Rp390.000). Kentang lembut dan sayuran akan disajikan bersama 250gram daging Angus rib eye yang dibakar langsung di tungku pembakaran daging khas Argentina yang disebut Al Asador. Tungku ini merupakan satu-satunya wadah pembakaran autentik di restoran Argentina yang ada di Jakarta saat ini, lho!

Beef Ravioli, hidangan Italia dengan sentuhan Argentina

Karena hidangan Argentina terpengaruh dengan cita khas hidangan Italia, Sudestada juga menghadirkan olahan pizza dan pasta dengan sentuhan ala Argentina. Salah satu menu favorit pengunjung untuk menu pasta adalah Beef Ravioli (Rp90.000). Satu porsi pasta ravioli berisi daging sapi dan jamur ini dilumuri dengan saus ragu khas Argentina. Biasanya, saus ragu dibuat dengan pasta tomat dan daging sapi cincang. Di Sudestada, pastanya diberi potongan-potongan daging super empuk yang sudah dimarinasi.

Sebagai penutup, lo wajib coba Churros Con Dulce De Leche (Rp40.000), yang berisikan enam buah churros hangat dengan aroma kayu manis yang dilumuri saus karamel. Renyah!

Selain makanan yang memuaskan lidah, Sudestada juga punya pilihan signature cocktail segar yang namanya Argentina banget! Albahaca Refrescante (Rp135.000) bisa menjadi pilihan buat pencinta tequila yang dicampur dengan liquor jeruk dan buah markisa.

Daripada penasaran, lo bisa langsung aja datang ke Sudestada Grill, Bar, and Café yang terletak di Jalan Irian Nomor 18 Gondangdia, Menteng. Sudestada buka dari pukul 7 pagi hingga pukul 11 malam. Disarankan juga untuk reservasi sebelum kedatangan, ya Urbaners!

Comments
Heni Oen
Establishment Berkonsep 3 in 1
diana mayasari
keren banget