Trending
Sabtu, 29 Februari 2020

MLDJAZZPROJECT All-Star x ICINC Siap Memindahkan Senopati ke JJF 2020

  • Share
  • fb-share
MLDJAZZPROJECT All-Star x ICINC Siap Memindahkan Senopati ke JJF 2020

Amazing, Harmonisasi, Mantap adalah kata-kata yang dilontarkan oleh MLDJAZZPROJECT All-Star (Season 1, 2 & 3) dan para bintang dari ICINC untuk kolaborasi mereka di International BNI Java Jazz Festival 2020 nanti. Tepatnya Minggu, 01 Maret 2020, mereka akan tampil di MLDSPOT HALL A3 dengan bertemakan "Senoparty". Para rising star ini akan membawakan lagu-lagu yang sering lo dengar saat nongkrong dengan diberikan sentuhan jazz yang catchy. Kebayang dong gimana lo akan sing-along bersama teman-teman lo nanti?

MLDJAZZPROJECT All-Star Kembali Ke Panggung Besar JJF

Para pemenang MLDJAZZPROJECT ini dipercaya kembali untuk mengisi panggung besar Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2020. Saat diwawancarai, mereka sangat senang kembali lagi ke panggung Hall A3, apalagi kali ini dengan konsep yang cukup berbeda. Kalau biasanya MLDJAZZPROJECT berkolaborasi dengan para musisi senior, kini mereka disandingkan dengan para bintang ICINC. Menurut para personel MLDJAZZPROJECT, saat latihan mereka merasa lebih santai dan lepas dari sebelumnya. Seperti teman yang sedang maju bersama. Berbeda jika dengan musisi senior, mereka mengaku ada beban tersendiri karena membawa "nama" yang sudah tersohor. Hal ini sangat terlihat saat mereka sedang rehersal, tawa dan canda selalu terlontar setiap waktu. Bahkan terlihat saat latihan mereka saling membantu dan share masukan satu sama lain, sehingga mencapai frekuensi yang sama dan chemistry pun didapatkan.

Memperkenalkan Para Bintang ICINC

Mungkin sebagian dari lo masih asing dengan ICNC. ICNC sendiri adalah talent development progam kolaborasi BEKRAF dan 88rising yang mencari musisi-musisi muda berbakat untuk menjadi the next rising star. Nah, bintang ICNC yang akan berkolaborasi dengan mereka antara lain Devinta, Arta, dan Moneva. Mereka merupakan 3 dari 4 besar finalis yang diberangkatkan ke Los Angeles beberapa waktu lalu untuk belajar langsung dengan 88rising. Nggak hanya itu saja, mereka juga telah sukses menaklukkan Head In The Clouds di Los Angeles pada tahun lalu.

Devinta mengaku bahwa ada kebanggaan tersendiri saat ditawarkan untuk kolaborasi dengan MLDJAZZPROJECT All-Star. Selain ini adalah panggung perdananya di Jakarta International BNI Java Jazz Festival mereka, ia sangat senang dapat pengetahuan baru tentang musik jazz bahkan bertemu teman-teman baru yang sangat open. Arta pun bercerita sebagai vokalis yang belajar otodidak dan tanpa pengajaran profesional, ia buta nada, dan kolaborasi ini merupakan pengetahuan baru dan ilmu yang baru karena terdiri dari 6 vokalis yang akan membentuk seperti choir. Tapi sepertinya kesulitan ini dapat diatasi olehnya, terlihat saat latihan part-part Artha sangat berjalan lancar.

Tiga Saxophone Dari Awal Hingga Akhir

Tantangan lainnya ada di ketiga saxophonist MLDJAZZPROJECT All-Star. Bagaimana tidak, jika insrumen lain bergantian, mereka bertiga tetap mengiringi dari awal hingga akhir pertunjukan. Tantangan berikutnya adalah harmonisasi satu sama lain. Berbeda saat bermain solo, Erik Giri, Rizal dan Fauzan harus kompak dari mulai timing sampai tenaga. Karena jika meleset saja, sangat terdengar bedanya. Bisa bayangin nggak, Urbaners, betapa meriahnya penampilan mereka nanti? Lagu-lagu yang identik dengan "Senoparty" akan dibawakan dengan versi jazz dengan brass section 3 saxophone sekaligus!

Aransemen Ronald Steven Yang Selalu Bikin Pe-Er

Bukan Ronald Steven kalau tidak memberikan aransemen yang jelimet. Meskipun MLDJAZZPROJECT All-Star sudah langganan menggunakan aransemen dari komposer ternama ini, tetap saja setiap materi baru, mereka selalu ‘menghela nafas’ saat memainkannya. Tapi sisi lainnya, dengan adanya aransemen ciamik dari Ronald Steven, lagu-lagu yang well-known seperti terlahir kembali dan memberikan kesegaran bagi siapapun yang mendengarnya. " Kalau habis menaklukkan aransemen Ronald Steven pasti kita dapat sesuatu yang baru," ujar Hezky, gitaris MLDJAZZPROJECT Season 3.

Penasaran bagaimana penampilan mereka nanti? Langsung saja datang ke MLDSPOT HALL A3 pada hari ketiga (01/03), Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2020 nanti! See you there!

Comments
Linda NM
seru banget
AGUSTIN DWI CHRISTANTI
Aransemen Ronald Steven Yang Selalu Bikin Pe-Er