Trending
Sabtu, 29 Februari 2020

Suasana Pantura Di Java Jazz Festival 2020

  • Share
  • fb-share
Suasana Pantura Di Java Jazz Festival 2020

Hal yang paling sederhana justru menarik perhatian. Kalimat tersebut sangat cocok untuk menggambarkan situasi di Art & Sound Experience, Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2020. Dari banyak instalasi bertingkat yang menawarkan eksklusivitas, Art & Sound Experience justru menawarkan sebuah 'kehidupan jalanan'. Bertemakan Tenda Harmoni, lo seperti diajak untuk lebih menyadari apa yang ada di sekitar kita selama ini.

Bagian depan Art & Sound Experience 2020

Saat baru masuk area festival ini, lo pasti akan melihat instalasi berbentuk persegi di bagian kanan yang tertutup kanopi plastik berwarna putih, dengan neon box yang seakan mengintip bertuliskan "MLDSPOT, Tenda Harmoni". Di saat lo masuk labyrinth tersebut sudah disambut dengan terpal bertuliskan menu apa saja yang ada di dalam instalasi ini, dengan visual seperti spanduk pecel lele berwarna biru. Ditambah suara sautan "Es teh ada, Bang?", "Pecel lele satu ya.", "Mau kemana, Bang?", "Sini mampir dulu." yang membuat lo seperti berada di Jalan Sabang, Jakarta Pusat.

Lebih masuk ke dalam lagi, terdapat ruangan beralaskan batu-batu krikil yang menawarkan berbagai aktivitas menarik. Di bagian kiri para pengunjung bisa ber-experience membuat gantungan kunci dan kaos sendiri. Dengan beberapa ketentuan, pengunjung bisa langsung memilih stiker yang akan menghiasi gantungan kuncinya, dan tepat di sebelahnya ada juga bisa langsung sablon kaos. Stiker-stiker yang menarik sesuai tema pun sudah dipersiapkan seperti bentuk ayam, udang, cumi, lele, dan masih banyak lainnya. Sensasi menggunakan alat sablon membuat antrean DIY ini cukup panjang. Puas sablon, pengunjung juga diajak untuk menciptakan musiknya sendiri di Ngamenin Musik. Sebuah ruang yang gelap dengan alat-alat makan yang menempel di dinding. Jika lo sentuh bagian tengahnya, akan berbunyi suara berbagai instrumen musik. Banyak pengunjung yang mencoba membuat musiknya sendiri, ataupun bersama teman-temannya.

Suasana di ruang Ngamenin Gratis, Art & Sound Experience 2020

Selesai pada sisi kiri, aktivitas di bagian kanan pun tidak kalah menarik, terdapat tangga dengan aksen berwarna biru yang bisa menjadi tempat istirahat atau bahkan melihat suasana Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2020 dari atas. 15 Headphone juga disediakan buat yang ingin menikmati suasana musik yang berbeda. And just in time, pada pukul 19.00 Pemuda Sinarmas sedang menjadi music selector di area tangga. Banyak banget pengunjung yang menggunakan headphone sambil menggoyangkan kepala. Bagaimana tidak, lagu-lagu yang ada di Silent Disco ini merupakan lagu hits Indonesia yang di-remix menjadi koplo hasil kreasi sang cassette jockey tersebut. Tidak jarang ia juga menyapa para pengunjung yang sedang mengenakan headphone dengan kata-kata ala Jalan Pantura.

Gang Buntu didatangi 3 pengunjung pria

Penikmat Silent-Koplo semakin banyak, sampai di area tangga pun tidak bisa menampung, sehingga mengharuskan mereka menikmatinya di Gang Buntu. Ruang ini juga menarik, Urbaners. Terdapat background yang ditembak proyektor dengan tulisan menu yang menarik. Nggak hanya menikmati Silent Koplo, terlihat beberapa pengunjung menjadikan spot ini sebagai tempat bermain TikTok.

Ruangan yang tidak begitu luas dengan aktivitas yang menumpuk adalah salah satu dari konsep Tenda Harmoni ini. Jadi lo benar-benar merasakan euphoria saat sedang di pusat jajanan pinggir jalan yang selalu ada di setiap sudut kota.

Nah, buat lo yang dateng ke Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2020 jangan lupa mampir ke Art & Sound Experience, dijamin lo akan mendapatkan pengalaman yang berbeda!

Comments
Iriyandi
mantap bro
THIAS HASTININGSIH
Penikmat Silent-Koplo semakin banyak, sampai di area tangga pun tidak bisa menampung, sehingga mengharuskan mereka menikmatinya di Gang Buntu. Ruang ini juga menarik, Urbaners. Terdapat background yang ditembak proyektor dengan tulisan menu yang menarik. Nggak hanya menikmati Silent Koplo, terlihat beberapa pengunjung menjadikan spot ini sebagai tempat bermain TikTok.