Nancy Margried dan Software Desain Motif Batik - MLDSPOT
  • Profile
  • Nancy Margried dan Software Desain Motif Batik

Nancy Margried dan Software Desain Motif Batik

Mon, 28 March 2016

Sebagai bangsa yang punya warisan budaya luar biasa seperti batik, rakyat Indonesia sudah semestinya bangga. Batik kini mulai dikenal oleh banyak orang, bahkan hingga tingkat internasional. Ternyata, sudah ada tiga orang Indonesia yang bikin software pembuat desain batik berbasis algoritma lho Urbaners. Software yang mereka beri nama jBatik ini bahkan telah mendapatkan beragam penghargaan .

 

Awalnya hanya iseng

Adalah Nancy Margried, Muhamad Lukman, dan Yun Hariadi yang awalnya merupakan tiga mahasiswa ITB yang berkumpul iseng. Lukman yang saat itu sedang membuat tesis tentang mendesain bunga di laptopnya. Nancy melihat bunga yang didesain Lukman memiliki pola matematis. Ternyata, pola matematis ini dapat membentuk gambar geometris yang terlihat pada motif batik. Dari sini, Yun kemudian meriset 300 motif batik di Indonesia. Sebagai alat kerjanya, mereka membutuhkan software yang dirancang bersama teman-teman programmer mereka. Dari situlah tercipta jBatik.

jBatik adalah software untuk menghasilkan motif-motif batik dengan menggunakan formula matematika fractal yang nantinya dapat diaplikasikan ke kain. Nah, batik yang dihasilkan menggunakan jBatik ini dinamakan Batik Fractal. Cara kerja software ini cukup simple. Lo tinggal bikin sebuah pola sederhana menggunakan formula sederhana yang nantinya bisa lo ganti parameternya. Dengan mengusung software ini, Nancy Margried kini mendirikan Piksel Indonesia dan menjadi CEO.

 

Dapat banyak penghargaan

Kelihatan rumit? Nggak kok. Lo bahkan nggak perlu punya latar pemrograman atau matematika untuk mengoperasikan jBatik. Software ini menggunakan perintah sederhana yang serupa dengan arah. Kalau lo mau belok kiri, tinggal pakai tanda minus, juga sebaliknya untuk belok kanan. Selain itu, lo juga bisa ikutin tutorialnya yang disediakan di website resmi Batik.

 

Setelah diluncurkan, aplikasi ini juga mendapatkan banyak penghargaan. Salah satu penghargaan yang paling bergengsi adalah International Young Creative Entrepreneur oleh Pemerintahan Inggris dalam kategori Interactive Software.

Kebayang kan kalo nantinya semua orang membeli dan menggunakan software ini, dengan begitu semakin banyak orang di dunia yang makin kenal kekayaan dan keindahan batik Indonesia.

 

Sumber:
jbatik.com
www.linkedin.com
masthink.files.wordpress.com

Mei 2021 Jadi Hari Raya Memuja Keanu Reeves

Sun, 29 December 2019
Keanu Reeves di salah satu pemutaran filmnya

Para pencinta film action seantero jagad raya tentu nggak asing lagi dengan sosok Keanu Reeves. Aktor yang membintangi film populer The Matrix ini memang sudah berusia 55 tahun. Tapi bukannya meredup, popularitasnya malah semakin melambung dengan beberapa sekuel film hits yang ia bintangi. Film terbarunya yaitu Matrix 4 direncanakan akan tayang pada 21 Mei 2021. Uniknya, film Keanu Reeves yang lain yaitu John Wick: Chapter 4 juga ditayangkan pada tanggal yang sama! Nggak heran, ratusan ribu penggemar dari serial film ini langsung menjadikan tanggal ini sebagai “Hari Keanu”.

Kisah Hidup yang Dramatis

Keanu Reeves di dalam sebuah adegan film yang dibintanginya

Dibalik kesuksesannya yang nggak bisa diragukan lagi, tahu nggak lo bahwa ternyata hidup Keanu Reeves nggak semulus yang terlihat. Bahkan bisa dibilang, kisah hidupnya lebih dramatis dari semua tokoh yang ia perankan di film-film. Ayah Keanu adalah pengedar narkoba yang ditangkap pada tahun 1992. Sejak kecil ia sering berpindah-pindah sekolah dan dicemooh oleh teman sekelasnya karena dianggap nggak bisa membaca, padahal ia mengidap Dyslexia.

Saat ia dewasa, kehidupan Reeves mulai membaik dengan membintangi beberapa film berbujet rendah. Namanya mulai melejit saat ia membintangi film Speed di tahun 1994. Namun, lagi-lagi kemalangan menimpanya. Anak dan kekasihnya, Jennifer Syme meninggal dalam kurun waktu 8 bulan dalam sebuah kecelakaan mobil di tahun 2001. Selang beberapa tahun kemudian, saudaranya Kim Reeves divonis mengidap kanker ganas dan membuat Keanu rehat sejenak dari dunia perfilman.

Aktor Panutan Banyak Kalangan

Scene Keanu Reeves mengenakan suit sambil menodongkan pisto

Meskipun kisah hidupnya tragis, hal itu nggak membuat Keanu Reeves berhenti untuk peduli terhadap orang di sekitarnya, lho. Setelah kesuksesan film The Matrix, Keanu Reeves menyumbangkan honornya untuk tim produksi maupun tim special effect dan kostum The Matrix. Ia juga menyumbangkan sebagian honornya untuk pengidap kanker, penyakit yang juga diderita oleh saudaranya.

Selain itu Keanu Reeves dikenal memiliki gaya hidup yang sederhana. Ia seringkali dipergoki paparazzi sedang membeli makan di pinggir jalan, menaiki transportasi umum dan nggak ragu untuk berbaur dengan orang lain meskipun ia adalah aktor yang terkenal dan mendunia. Nggak heran, banyak sekali kalangan yang mengidolakan sosok Keanu Reeves. Berkat sosoknya, banyak kalangan percaya bahwa Keanu Reeves memang pantas mendapatkan “Hari Keanu”.

Dengan kemampuannya di film action yang nggak diragukan lagi serta sifatnya yang cocok jadi panutan banyak orang, nggak heran sih “Hari Keanu” dicetuskan untuk mengapresiasi dan memuja Keanu Reeves. Urbaners sudah nonton film-film Keanu, belum?

 

Source: CNN Indonesia, Vice