William Tanuwijaya, Founder Tokopedia yang Mendapatkan Pendanaan 247 Juta Dollar - MLDSPOT
  • Profile
  • William Tanuwijaya, Founder Tokopedia yang Mendapatkan Pendanaan 247 Juta Dollar

William Tanuwijaya, Founder Tokopedia yang Mendapatkan Pendanaan 247 Juta Dollar

Wed, 20 April 2016

Lahir di kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, tidak membuat William Tanuwijaya gentar bekerja di kota besar. Lelaki kelahiran 18 November 1981 ini adalah salah satu dari pendiri Tokopedia bersama dengan temannya, Leontinus Alpha Edison. Sebelum mendirikan Tokopedia, William yang lulus dari kampus BINUS bekerja di salah satu pengembangan software komputer, di mana pada saat inilah ia berpikir untuk mendirikan perusahaannya sendiri. Seperti apa kisah lelaki suskes ini?

 

Pekerja Keras Sejak Dahulu

William dikenal sebagai orang yang pekerja keras. Selama merantau di BINUS saat kuliah, ia sering mencari pekerjaan sampingan untuk biaya kuliahnya. Bahkan ia sempat bekerja sebagai penjaga warnet mulai jam 9 malam hingga jam 9 pagi untuk biaya tambahan hidupnya di kota besar setelah 18 tahun tinggal Sumatera Utara. Setelah lulus pun, William tidak bersantai karena ia langsung bekerja di tempat pengembangan software. Ide Tokopedia terbesit saat ia menjadi moderator dalam forum online bernama Kafegaul yang memiliki thread jual beli.

 

Kepercayaan Adalah Hal Terpenting Bagi William Tanuwijaya

Sebelum berhasil mendapatkan pendaan 100 juta dolar dari Softbank pada tahun 2014, tentunya Tokopedia tidak serta merta jadi dan besar. William sampai mendatangi orang-orang yang ia kenal satu per satu untuk mau memodali ide Tokopedia miliknya, dan hal ini berlangsung hingga dua tahun lamanya. Dari pengalamannya bertemu mencari investor inilah ia merasakan bahwa kepercayaan adalah modal utama dan terpenting. Sebab tanpa kepercayaan yang cukup, seseorang tidak akan mungkin dengan mudah menginvestasikan uangnya kepada sebuah start up yang bahkan belum terlihat wujudnya.

 

Awalnya Mendapat Penolakan Tapi Terus Berusaha

Selama dua tahun mencari investor, William mendapatkan banyak sekali penolakan. Tidak hanya satu dua, lebih dari itu. Hingga akhirnya ia mendapatkan pendaan yang cukup dari investor, William juga membuat Tokopedia berkembang dengan sangat baik, sehingga akhirnya Softbank Internet mau mendanai mereka sejumlah 100 juta dolar.

 

Pengalaman William ini bisa lo jadikan panutan kalau lo memang berniat untuk membuat perusahaan lo sendiri. Tidak hanya banyak-banyak kenalan, tapi lo juga harus mendapatkan kepercayaan dari orang tersebut dan jangan pernah takut untuk mencoba, apalagi sekarang teknologi sudah bisa ada di genggaman tangan lo.

 

 

 

Source: Biografiku.com

Mei 2021 Jadi Hari Raya Memuja Keanu Reeves

Sun, 29 December 2019
Keanu Reeves di salah satu pemutaran filmnya

Para pencinta film action seantero jagad raya tentu nggak asing lagi dengan sosok Keanu Reeves. Aktor yang membintangi film populer The Matrix ini memang sudah berusia 55 tahun. Tapi bukannya meredup, popularitasnya malah semakin melambung dengan beberapa sekuel film hits yang ia bintangi. Film terbarunya yaitu Matrix 4 direncanakan akan tayang pada 21 Mei 2021. Uniknya, film Keanu Reeves yang lain yaitu John Wick: Chapter 4 juga ditayangkan pada tanggal yang sama! Nggak heran, ratusan ribu penggemar dari serial film ini langsung menjadikan tanggal ini sebagai “Hari Keanu”.

Kisah Hidup yang Dramatis

Keanu Reeves di dalam sebuah adegan film yang dibintanginya

Dibalik kesuksesannya yang nggak bisa diragukan lagi, tahu nggak lo bahwa ternyata hidup Keanu Reeves nggak semulus yang terlihat. Bahkan bisa dibilang, kisah hidupnya lebih dramatis dari semua tokoh yang ia perankan di film-film. Ayah Keanu adalah pengedar narkoba yang ditangkap pada tahun 1992. Sejak kecil ia sering berpindah-pindah sekolah dan dicemooh oleh teman sekelasnya karena dianggap nggak bisa membaca, padahal ia mengidap Dyslexia.

Saat ia dewasa, kehidupan Reeves mulai membaik dengan membintangi beberapa film berbujet rendah. Namanya mulai melejit saat ia membintangi film Speed di tahun 1994. Namun, lagi-lagi kemalangan menimpanya. Anak dan kekasihnya, Jennifer Syme meninggal dalam kurun waktu 8 bulan dalam sebuah kecelakaan mobil di tahun 2001. Selang beberapa tahun kemudian, saudaranya Kim Reeves divonis mengidap kanker ganas dan membuat Keanu rehat sejenak dari dunia perfilman.

Aktor Panutan Banyak Kalangan

Scene Keanu Reeves mengenakan suit sambil menodongkan pisto

Meskipun kisah hidupnya tragis, hal itu nggak membuat Keanu Reeves berhenti untuk peduli terhadap orang di sekitarnya, lho. Setelah kesuksesan film The Matrix, Keanu Reeves menyumbangkan honornya untuk tim produksi maupun tim special effect dan kostum The Matrix. Ia juga menyumbangkan sebagian honornya untuk pengidap kanker, penyakit yang juga diderita oleh saudaranya.

Selain itu Keanu Reeves dikenal memiliki gaya hidup yang sederhana. Ia seringkali dipergoki paparazzi sedang membeli makan di pinggir jalan, menaiki transportasi umum dan nggak ragu untuk berbaur dengan orang lain meskipun ia adalah aktor yang terkenal dan mendunia. Nggak heran, banyak sekali kalangan yang mengidolakan sosok Keanu Reeves. Berkat sosoknya, banyak kalangan percaya bahwa Keanu Reeves memang pantas mendapatkan “Hari Keanu”.

Dengan kemampuannya di film action yang nggak diragukan lagi serta sifatnya yang cocok jadi panutan banyak orang, nggak heran sih “Hari Keanu” dicetuskan untuk mengapresiasi dan memuja Keanu Reeves. Urbaners sudah nonton film-film Keanu, belum?

 

Source: CNN Indonesia, Vice