Trending
Rabu, 20 April 2016

William Tanuwijaya, Founder Tokopedia yang Mendapatkan Pendanaan 247 Juta Dollar

  • Share
  • fb-share
William Tanuwijaya, Founder Tokopedia yang Mendapatkan Pendanaan 247 Juta Dollar

Lahir di kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, tidak membuat William Tanuwijaya gentar bekerja di kota besar. Lelaki kelahiran 18 November 1981 ini adalah salah satu dari pendiri Tokopedia bersama dengan temannya, Leontinus Alpha Edison. Sebelum mendirikan Tokopedia, William yang lulus dari kampus BINUS bekerja di salah satu pengembangan software komputer, di mana pada saat inilah ia berpikir untuk mendirikan perusahaannya sendiri. Seperti apa kisah lelaki suskes ini?

 

Pekerja Keras Sejak Dahulu

William dikenal sebagai orang yang pekerja keras. Selama merantau di BINUS saat kuliah, ia sering mencari pekerjaan sampingan untuk biaya kuliahnya. Bahkan ia sempat bekerja sebagai penjaga warnet mulai jam 9 malam hingga jam 9 pagi untuk biaya tambahan hidupnya di kota besar setelah 18 tahun tinggal Sumatera Utara. Setelah lulus pun, William tidak bersantai karena ia langsung bekerja di tempat pengembangan software. Ide Tokopedia terbesit saat ia menjadi moderator dalam forum online bernama Kafegaul yang memiliki thread jual beli.

 

Kepercayaan Adalah Hal Terpenting Bagi William Tanuwijaya

Sebelum berhasil mendapatkan pendaan 100 juta dolar dari Softbank pada tahun 2014, tentunya Tokopedia tidak serta merta jadi dan besar. William sampai mendatangi orang-orang yang ia kenal satu per satu untuk mau memodali ide Tokopedia miliknya, dan hal ini berlangsung hingga dua tahun lamanya. Dari pengalamannya bertemu mencari investor inilah ia merasakan bahwa kepercayaan adalah modal utama dan terpenting. Sebab tanpa kepercayaan yang cukup, seseorang tidak akan mungkin dengan mudah menginvestasikan uangnya kepada sebuah start up yang bahkan belum terlihat wujudnya.

 

Awalnya Mendapat Penolakan Tapi Terus Berusaha

Selama dua tahun mencari investor, William mendapatkan banyak sekali penolakan. Tidak hanya satu dua, lebih dari itu. Hingga akhirnya ia mendapatkan pendaan yang cukup dari investor, William juga membuat Tokopedia berkembang dengan sangat baik, sehingga akhirnya Softbank Internet mau mendanai mereka sejumlah 100 juta dolar.

 

Pengalaman William ini bisa lo jadikan panutan kalau lo memang berniat untuk membuat perusahaan lo sendiri. Tidak hanya banyak-banyak kenalan, tapi lo juga harus mendapatkan kepercayaan dari orang tersebut dan jangan pernah takut untuk mencoba, apalagi sekarang teknologi sudah bisa ada di genggaman tangan lo.

 

 

 

Source: Biografiku.com

Comments
Selvi RC
Good information
Epul Saepuloh
Tokopediaaa