• Profile
  • Mengenal Eka Gustiwana, Produser YouTube yang Dulu Hanya Penyanyi Kafe

Mengenal Eka Gustiwana, Produser YouTube yang Dulu Hanya Penyanyi Kafe

Mon, 19 December 2016

Ingat dengan video parodi Arya Wiguna yang mengutuk perbuatan Eyang Subur? Atau mungkin video pembawa berita Jeremy Teti yang jadi lagu unik? Adalah Eka Gustiwana yang membuat video-video viral tersebut. Produser musik muda ini sering kali dianggap sebagai YouTuber karena karya-karyanya lebih sering diposting di situs berbagi video tersebut. Namun siapa sangka, dulunya Eka hanyalah seorang pengamen yang bernyanyi dari kafe ke kafe.

 

Iseng berhadiah

Video parodi Arya Wiguna dan Jeremy Teti merupakan video yang cukup viral di Indonesia. Video tersebut merupakan karya orisinil Eka Gustiwana, seorang produser YouTube, dengan menggunakan teknik speech composing. Pria kelahiran Jakarta, 1 Agustus 1989 ini mengaku bahwa video tersebut merupakan hasil iseng saja sebagai bagian dari hobi aransemen lagu secara digital yang dimilikinya.

Namun, tujuan awal Eka Gustiwana untuk meraih masa depan bukanlah untuk terlibat dalam dunia musik. Justru awalnya, Eka lebih memilih bercita-cita sebagai pegawai kantoran biasa.

Awal mula Eka masuk ke dunia musik adalah ketika dia masih di bangku SMP. Ayahnya yang suka musik mempengaruhi keinginannya untuk bermusik. Yang menarik, setelah lulus SMA, Eka nggak daftar kuliah, melainkan mencoba peruntungan melalui musik.

 

Berbekal ngamen

Kemampuannya dalam memainkan keyboard sebenarnya menjadi bekal terbesar dalam perkembangan karirnya. Eka harus rela ‘ngamen’ keliling banyak kafe untuk mendapatkan pemasukan. Dalam sekali main, Eka menerima honor hingga 200 ribu rupiah. Dan menariknya, ada hinga delapan kali dalam seminggu untuk tampil di kafe. Penghasilan tersebut cukup besar kala itu, sekitar tahun 2007.

Di tahun 2010, Eka menulis lagu Ku Tetap Menanti sekaligus mengaransemen lagu tersebut untuk penyanyi wanita Indonesia, Nikita Willy. Nama Eka pun semakin dikenal masyarakat setelah pada tahun 2013 merilis lagu parodi Arya Wiguna. Sejak saat itu, Eka pun mulai terkenal sebagai seorang produser YouTube setelah berkali-kali diundang ke acara TV nasional.

 

Rahasia Eka agar jadi sukses, khususnya untuk musisi yang ingin promosi dengan media online, adalah selalu percaya diri dan nggak jaim di depan kamera. Jangan ragu untuk belajar dari kesalahan orang lain atau bahkan diri sendiri.

 

Source: kompas.com

Mei 2021 Jadi Hari Raya Memuja Keanu Reeves

Sunday, December 29, 2019 - 11:27
Keanu Reeves di salah satu pemutaran filmnya

Para pencinta film action seantero jagad raya tentu nggak asing lagi dengan sosok Keanu Reeves. Aktor yang membintangi film populer The Matrix ini memang sudah berusia 55 tahun. Tapi bukannya meredup, popularitasnya malah semakin melambung dengan beberapa sekuel film hits yang ia bintangi. Film terbarunya yaitu Matrix 4 direncanakan akan tayang pada 21 Mei 2021. Uniknya, film Keanu Reeves yang lain yaitu John Wick: Chapter 4 juga ditayangkan pada tanggal yang sama! Nggak heran, ratusan ribu penggemar dari serial film ini langsung menjadikan tanggal ini sebagai “Hari Keanu”.

Kisah Hidup yang Dramatis

Keanu Reeves di dalam sebuah adegan film yang dibintanginya

Dibalik kesuksesannya yang nggak bisa diragukan lagi, tahu nggak lo bahwa ternyata hidup Keanu Reeves nggak semulus yang terlihat. Bahkan bisa dibilang, kisah hidupnya lebih dramatis dari semua tokoh yang ia perankan di film-film. Ayah Keanu adalah pengedar narkoba yang ditangkap pada tahun 1992. Sejak kecil ia sering berpindah-pindah sekolah dan dicemooh oleh teman sekelasnya karena dianggap nggak bisa membaca, padahal ia mengidap Dyslexia.

Saat ia dewasa, kehidupan Reeves mulai membaik dengan membintangi beberapa film berbujet rendah. Namanya mulai melejit saat ia membintangi film Speed di tahun 1994. Namun, lagi-lagi kemalangan menimpanya. Anak dan kekasihnya, Jennifer Syme meninggal dalam kurun waktu 8 bulan dalam sebuah kecelakaan mobil di tahun 2001. Selang beberapa tahun kemudian, saudaranya Kim Reeves divonis mengidap kanker ganas dan membuat Keanu rehat sejenak dari dunia perfilman.

Aktor Panutan Banyak Kalangan

Scene Keanu Reeves mengenakan suit sambil menodongkan pisto

Meskipun kisah hidupnya tragis, hal itu nggak membuat Keanu Reeves berhenti untuk peduli terhadap orang di sekitarnya, lho. Setelah kesuksesan film The Matrix, Keanu Reeves menyumbangkan honornya untuk tim produksi maupun tim special effect dan kostum The Matrix. Ia juga menyumbangkan sebagian honornya untuk pengidap kanker, penyakit yang juga diderita oleh saudaranya.

Selain itu Keanu Reeves dikenal memiliki gaya hidup yang sederhana. Ia seringkali dipergoki paparazzi sedang membeli makan di pinggir jalan, menaiki transportasi umum dan nggak ragu untuk berbaur dengan orang lain meskipun ia adalah aktor yang terkenal dan mendunia. Nggak heran, banyak sekali kalangan yang mengidolakan sosok Keanu Reeves. Berkat sosoknya, banyak kalangan percaya bahwa Keanu Reeves memang pantas mendapatkan “Hari Keanu”.

Dengan kemampuannya di film action yang nggak diragukan lagi serta sifatnya yang cocok jadi panutan banyak orang, nggak heran sih “Hari Keanu” dicetuskan untuk mengapresiasi dan memuja Keanu Reeves. Urbaners sudah nonton film-film Keanu, belum?

 

Source: CNN Indonesia, Vice