Home Profile Afirniar: Dari British-pop Beralih ke Jazz

Afirniar: Dari British-pop Beralih ke Jazz

Thursday, February 2, 2017 - 00:41
Bagikan
Facebook Twitter Email

Afirniar yang akrab dipanggil Afi ini ternyata bukanlah anak baru di dunia musik. Ia sering bermain dengan para musisi profesional Indonesia. Drummer muda satu ini memang piawai sekali dalam memainkan lagu jazz. Tapi dibalik semua itu, sebenarnya Afi dulu bukan seorang yang 'jazz' banget lho, Urbaners!

 

Dari Britpop ke jazz

Afi bermain musik sejak awal masuk SMP, saat melihat seniornya bermain drum, Afi langsung tertarik mempelajarinya. Tapi genre musik Afi sangat jauh dari jazz, ia dan teman-temannya memiliki sebuah band beraliran british-pop, lagu-lagu yang dibawakan seperti The Killers, Arctic Monkeys dan lainnya. Suatu saat Afi gabung di Jajan Jazz sebuah komunitas Jazz dibilangan BSD. Saat itu Afi juga belum main, hanya suka datang saat mereka jamming. Setelah lama tidak datang ke Jajan Jazz, Afi pun mendapat tawaran untuk mengisi acara dan membawakan Top 40 pop-jazz. Dari situlah Afi mulai kecemplung ke dunia Jazz.

 

Langganan Main Bersama Musisi Indonesia

Musik sudah seperti bagian dari hidup seorang Afi, ia dari dulu langganan main di berbagai acara mulai dari resepsi pernikahan, pensi SMA sampai menjadi session player sejumlah penyanyi. Afi sering bermain bersama Barry Likumahuwa, tidak hanya itu, ia juga pernah mendampingi Dinda Salahita, Like Father Like Son, Dwiki Dharmawan bahkan beberapa saat lalu, Afi juga pernah menggantikan Karell William yang sedang berhalangan untuk manggung bersama MLD Jazz Project Season 1.

 

Ketidak sengajaan yang manis

Partisipasinya Afi dalam audisi MLDare2Perform Season 2 ini sebenarnya suatu ketidak sengajaan. Afi secara pribadi memiliki target harus mengupload videonya bermain drum solo ataupun band minimal 2 kali dalam sebulan. Saat baru mengupload video perdana nya, ia pun melihat iklan tentang audisi MLDare2Perform Season 2 ini, akhirnya video yang tadinya hanya sebuah portofolio dijadikan materi untuk audisi online. Sempat minder karena kualitas video yang hanya merekam dengan ponsel, tidak seperti kontestan lain yang proper. Tapi keisengannya tersebut malah membuahkan hasil, tidak hanya lolos live audition, Afi juga menjadi pemenang di season 2 ini.

MLDare2Perform membuka pikiran Afi

Afi mengaku bahwa pengalaman ikutan audisi MLDare2Perform Season 2 ini sangatlah berharga. Moment dimana bermain didepan para juri dan kontestan lainnya sangatlah berbeda dengan bermain secara live. Karena semua mata tertuju padanya, ia sempat grogi dan berusaha mengalihkan perhatian dengan cara mengajak ngobrol siapapun yang ada di sekitarnya. Afi juga mendapat banyak masukan berharga yang membuat ia lebih membuka pikiran tentang bagaimana cara bermain as personal ataupun as a band.

 

Afirniar dan MLD Jazz Project Season 2

Afi memiliki harapan tersendiri untuk band baru nya ini, ia bermimpi suatu saat dapat mengadakan sebuah showcase bersama MLD Jazz Project Season 2 secara live yang langsung di upload ke media sosial. Jamming di cafe kecil dengan penonton semuanya menggunakan headphone, sehingga bisa mendengar dengan jelas setiap dentuman dan irama permainan mereka.

 

Jazz Indonesia di mata Afirniar

Afi yang selalu terinspirasi dengan teman sesama musisinya berpendapat bahwa Jazz di Indonesia sudah semakin maju, kini setiap lapisan masyarakat sudah mengetahui musik jazz itu sendiri, meskipun masih ada yang suka bingung dan melihat banyaknya musisi muda yang jago-jago merupakan contoh konkret kemajuan musik jazz di Indonesia, karena jika dari individualnya maju otomatis musikalitasnya juga maju.

Baca Juga : 4 Penyanyi Jazz Wanita Indonesia Terfavorit