Home Profile Jack Lesmana Bikin Bengawan Solo Lebih Mendunia

Jack Lesmana Bikin Bengawan Solo Lebih Mendunia

Friday, February 24, 2017 - 11:14
Bagikan
Facebook Twitter Email

Lagu Bengawan Solo diciptakan oleh sang maestro Gesang pada tahun 1940. Lagu ini bercerita tentang sungai Bengawan Solo yang membelah wilayah Timur pulau Jawa. Mungkin bisa dibilang nih, Urbaners, kalau lagu Bengawan Solo jadi lagu yang paling sering di-make over oleh penyanyi Indonesia. Siapa sangka pada tahun 1965, lagu Bengawan Solo yang diaransemen oleh Jack Lesmana dan dinyakikan oleh Bing Slamet/Titiek Puspa ini menjadikan lagu tersebut lebih mendunia. Kok bisa?

 

Album Indonesia Pertama yang Disetujui oleh Bung Karno

Semasa menjabat presiden paska kemerdekaan, Bung Karno sangat tegas kepada dunia musik. Nggak boleh ada musik yang mencerminkan budaya barat, mulai dari lirik sampai lagunya. Nah, Bung Karno ternyata meminta kepada Jack Lesmana yang ketika itu menjadi musikus jazz papan atas Indonesia untuk membuat album yang bermaterikan sangat Indonesia. Jack kemudian mengajak penyanyi-penyanyi terkenal Indonesia untuk berkolaborasi.

Album yang akhirnya dinamakan Mari Bersuka Ria dengan Irama Lenso ini berisikan lagu Bengawan Solo, Genjer-Genjer, dan Bersuka Ria. Sebagai informasi, lagu Bersuka Ria yang diciptakan oleh Bung Karno ini konon menjadi satu-satunya karya beliau di dunia musik. Oleh sebab itu, semua lagu di album tersebut menjadi terkenal nggak hanya di Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Lagu Bengawan Solo sendiri juga sangat apik dinyanyikan oleh Bing Slamet dan Titiek Puspa.

 

Jack Lesmana Total di Dunia Musik

Jika kisah Indra Lesmana atau Mira Lesmana di dunia entertainment begitu mulus, tetapi nggak bagi Jack Lesmana. Dirinya pernah menjadi tukang setrika seragam Angkatan Laut sebelum akhirnya bergabung di grup musik. Grup musik pertama Jack Lesmana adalah Gema Irama yang didirikan oleh Suyoso Karsono. Setelah itu, karir Jack mulai malang melintang di dunia jazz Indonesia. Mendirikan Jack Lesmana Quartet bersama legenda Bubi Chen, albumnya sempat mendunia.

Album Mari Bersuka Ria dengan Irama Lenso bisa jadi menjadi album terbaik dari Jack Lesmana. Mengaransemen musik buatan Bung Karno adalah kebanggaan tersendiri, ditambah lagu Bengawan Solo dan Genjer-Genjer yang masuk ke dalam lagu terbaik Indonesia. Jack Lesmana memang sudah tiada, tetapi warisan musik jazz masih dipegang erat oleh sang putra, Indra Lesmana.

 

Source: historia.id