Home Profile Napak Tilas alt-J, Band Indie Rock yang Selalu Membumi

Napak Tilas alt-J, Band Indie Rock yang Selalu Membumi

Friday, November 2, 2018 - 15:07
Bagikan
Facebook Twitter Email

Joe Newman, Thom Sonny Green, dan Gus Unger Hamilton sepakat untuk membuat sebuah band dengan nama Films. Sayangnya setelah sreg dengan nama tersebut, ternyata ada band lain dari Amerika Serikat yang bernama The Films. Akhirnya, mereka yang saat itu masih mahasiswa di Leeds University sepakat dengan nama baru, yaitu alt-J. Sekarang nama alt-J menjadi salah satu band beraliran indie pop-rock yang terkenal di Inggris. Dua kali menggelar konser di O2 Arena yang berkapasitas 20 ribu orang, tiketnya selalu habis.

 

Rendah hati

Napak Tilas alt-J, Band Indie Rock yang Selalu Membumi

Dilansir dari newstatesman.com, ternyata personil dari alt-J sangat rendah hati. Saat wawancara tersebut, yang tampil hanya Joe Newman sebagai vokalis dan Gus Unger sebagai keyboardist. Sedangkan sang drummer Thom Green nggak melakukan interview dari pertama kali mereka berdiri sampai sekarang. Nggak hanya itu, Urbaners, ternyata sejak dari awal pembuatan musik video, yang tampil hanyalah Joe Newman, sedangkan yang lain nggak ingin tampil.

“Saya memang sendirian di setiap musik videonya, tetapi itu nggak membuat kami bertiga untuk bertemu penggemar di jalanan,” ujar Newman.

Ada kisah lucu saat Newman sedang berada di pernikahan temannya. Saat sedang berkumpul, ada beberapa orang yang membahas tentang musik dan kemudian mereka menyinggung masalah alt-J. Nggak lama, teman dari Newman berkata, “apakah lo nggak sadar bahwa sang vokalis ini ada di depan mata lo?”

 

3 Nominasi Brit Awards

Napak Tilas alt-J, Band Indie Rock yang Selalu Membumi

alt-J bukan band yang kacangan, pada tahun 2012 mereka mendapatkan Mercury Prize dan mendapatkan 3 nominasi ajang musik paling bergengsi se-Inggris, Brit Awards. Mereka sebenarnya terdiri dari 4 orang, tetapi pada tahun 2014 Gwil Sainsbury keluar karena nggak suka rutinitas touring keliling dunia.

“Kami berempat berasal dari jurusan yang berbeda-beda, jadi kami melihat ketika membuat band ini adalah sebuah big art project,” ujar Newman.

Buat lo yang penasaran dengan alt-J, lo bisa mendengar lagu hits mereka seperti Breezeblocks, Left Hand Free, atau In Clood Blood di berbagai layanan streaming musik online.

 

Source: newstatesman.com