STAGE BUS JAZZ TOUR
Kamis, 18 November 2021

Aliran Jazz Paling Beken di Dunia, Mana Favorit Lo?

  • Share

 

Dilihat dari sejarahnya, musik jazz adalah salah satu genre yang berkembang pesat dengan adaptasi yang beragam banget. Makanya nggak heran kalau banyak musisi jazz banyak bermunculan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia yang punya ciri khas uniknya masing-masing.

Kalau lo selalu ngikutin perjalanan MLDSPOT Stage Bus Jazz Tour 2021: Journey of Inspiration, lo pasti bakal nemuin sesuatu yang beda di setiap episode penampilan musisinya. 

 

Ada beberapa jenis musik jazz paling beken yang berkembang dan jadi inspirasi buat industri musik jazz di tanah air, kayak aliran groove jazz yang sering memakai tone dari musik blues dengan fokus utamanya yang terletak pada rhythms. Nuansanya yang upbeat dari jenis musik yang satu ini nggak cuma bikin setiap pendengarnya sing along, tapi juga bakal hanyut buat nge-dance.

Selain itu ada fusion jazz. Sesuai sama namanya, musik ini adalah campuran antara jazz improvisation dengan energi dan rhytm dari musik rock dan bahkan sering dianggap sebagai sebuah kebebasan dalam berimprovisasi. Fusion jazz cukup populer sampai era musik modern dan jadi inspirasi buat musisi Indonesia.

 

Next, ada acid jazz yang juga dikenal dengan sebutan jazz klub. Aliran musik ini menggabungkan elemen-elemen musik soul, funk, dan disco. Awalnya, genre ini dikembangin pertama kali tahun 1980-an dan 1990-an di klub malam di Inggris Selatan. Salah satu musisi internasional yang terkenal dengan genre acid jazz adalah Incognito yang sempat ngehits di 90an dengan lagunya yang berjudul “Don’t You Worry ‘bout A Thing”


Selanjutnya ada funk jazz, sebuah aliran musik yang awalnya punya unsur musik tarian Afrika-Amerika. Umumnya musik funk bisa dikenali lewat ritme yang sering terpotong singkat, bunyi gitar ritme yang tajam, perkusi yang dominan, pengaruh jazz yang kuat, irama-irama yang dipengaruhi musik Afrika, dengan beat gembira yang terasa saat mendengarnya. Barry Likumahuwa adalah salah satu contoh musisi tanah air dengan aliran funk jazz yang penampilannya bisa lo nikmatin di MLDSPOT Stage Bus Jazz Tour 2021: Journey of Inspiration

 

Selain yang udah gue sebutin di atas, masih banyak banget aliran jazz yang berkembang dan menginspirasi dunia, antara lain ada swing jazz, bossanova, classic jazz, gypsy, ethnic jazz dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Kalau lo lebih suka aliran jazz yang mana nih? Nah, biar referensi musik jazz lo makin kaya, yuk tonton terus episode-episode MLDSPOT Stage Bus Jazz Tour 2021: Journey of Inspiration di Youtube channel MLDSPOT TV! Jangan lupa ya, follow juga Instagram @mldspot buat update info dan dapetin inspirasi menarik lainnya.

 

Get Yourself Inspired by MLDSPOT!