STAGE BUS JAZZ TOUR
Selasa, 30 November 2021

Keunikan Seribu Patung di Taman Gandrung

  • Share

Emang bener ya, Indonesia itu punya banyak banget tempat wisata yang kaya dengan filosofinya. Saking banyaknya, mungkin gue atau di antara lo ada yang belum sempat buat berkunjung dan eksplor tentang filosofi bahkan sejarah yang ada di dalamnya. Nah kali ini gue bakal sharing tentang inspiring places di Banyuwangi dan sedikit pengalaman gue bareng teman-teman MLDSPOT Stage Bus Jazz Tour 2021: Journey of Inspiration waktu berkunjung ke Taman Gandrung.

 

Terinspirasi dari Terracotta Warrior and Horses yang ada di Tiongkok, Taman Gandrung Terakota ini dibuat sebagai situs untuk merawat dan meruwat Tarian Gandrung sebagai salah satu identitas dari budaya Banyuwangi. Kalau lo berkunjung ke Taman Gandrung, lo bakal lihat pemandangan gunung Ijen dengan kawah api birunya yang mendunia, bukit hijau, area sawah yang terbentang luas dan deretan seribu patung-patung penari Gandrung. Kerennya lagi, ada amfiteater terbuka yang biasanya dipakai buat pertunjukan seni dan perhelatan musik jazz.

 

 

Taman yang diresmikan sama Pemkab Banyuwangi tahun 2018 ini juga menyimpan banyak filosofi di dalamnya. Menurut Muhammad Mutaqin, manager operasional di Taman Gandrung, nama Gandrung diambil dari nama tarian adat yang berarti “kesengsem” dalam bahasa Jawa atau jatuh cinta setengah mati, gerakan semangat dari penari-penari Gandrung adalah lambang dari kecintaan yang dalam. 


Founder Jazz Gunung Indonesia, yaitu Sigit Pramono juga menjelaskan kalau tarian Gandrung adalah salah satu icon dari kesenian Banyuwangi, dan seribu patung berbahan terakota yang tersebar di area sawah ini sebagai penghormatan untuk Dewi Sri atau Dewi Padi yang melambangkan kesuburan.

 

 

Sebagai pendiri dari Jazz Gunung Indonesia, Sigit Pramono juga sempat merancang sebuah konsep pertunjukan berseri, yaitu Jazz Gunung Series yang bakal diadain secara jangka panjang. Tujuannya nggak cuma memperkenalkan keindahan alam, tapi juga melestarikan kebudayaan yang ada di setiap daerah masing-masing lewat pertunjukan musik jazz.

 

Well, buat gue sosok Sigit Pramono itu ibarat padi yang semakin berisi akan semakin merunduk. Kerendahan hati dan ide-ide cemerlangnya sangat menginspirasi anak muda. Penasaran sama keunikan Taman Gandrung? Makanya jangan lewatin episode terakhir dari perjalanan MLDSPOT Stage Bus Jazz Tour 2021: Journey of Inspiration cuma di Youtube channel MLDSPOT TV! Lo juga bisa dapetin banyak inspirasi dan info menarik lainnya di Instagram @mldspot. 


See you on our next journey and Get Yourself Inspired by MLDSPOT!