STAGE BUS JAZZ TOUR
Minggu, 31 Oktober 2021

Meet Nurmans Ali : Man Behind “Jazz Di Atas Awan”

  • Share

Bicara soal event jazz tahunan di tanah air, kita pasti udah nggak asing lagi sama Jazz Di Atas Awan. Salah satu event jazz yang terbilang sangat unik ini emang selalu menyimpan cerita dan pengalaman terbaik buat siapapun yang pernah datang buat menyaksikan langsung gelaran jazz yang diadain di malam hari dengan suhu udara 2-5 derajat ini. Jazz Di Atas Awan pertama kali digelar pada 30 Juni 2013, dan bergabung jadi rangkaian acara dari Dieng Culture Festival yang pada waktu itu udah memasuki tahun ke-empatnya.

 

Adalah Nurmans Ali, penggagas sekaligus relawan di balik suksesnya Jazz Di atas Awan bareng teman-temannya dari Kelompok Sadar Wisata Dieng Pandawa. Kelompok inilah yang selalu menjadi inspirasi Nurmans Ali buat menggabungkan konsep budaya dan wahana wisata alam dengan misi pemberdayaan ekonomi masyarakan Dieng. Dengan begitu, acara ini bisa menyedot wisatawan domestik dan wisatawan asing untuk datang ke Dieng.

 

Nah, ada beberapa acara yang biasanya dilakuin dalam rangkaian Dieng Culture Festival, antara lain kayak pagelaran Jazz Di Atas Awan. Kalau biasanya jazz itu identik sama musik yang diadain di café, Jazz Di Atas Awan bakal ngasih lo experience yang totally beda ketika lo bisa nikmatin musik jazz di dataran tinggi Dieng yang terletak lebih dari 2.000 mdpl. Makanya banyak orang yang kemudian nyebut Dieng sebagai “Negeri Khayangan”

Selain itu juga ada acara hunting sunrise di bukit, jalan sehat, penerbangan lampion, festival seni budaya dan ritual pemotongan rambut gimbal. Biasanya rangkaian acara ini bakal berlangsung selama 3 hari.

 

 

Dengan tagline “Menjemput Kerinduan” yang dipakai di setiap event ini, Nurmans Ali juga berharap siapapun bisa kembali buat ngerasain pengalaman seru bareng festival Jazz Di Atas Awan. Selain mengisi materi musik di Dieng Culture Festival, beliau dan teman-temannya juga ingin menciptakan panggung musik jazz yang bisa dinikmatin sama semua kalangan, karena selama ini ada anggapan kalau musik jazz cuma bisa dinikmatin sama orang-orang kalangan atas aja. Nggak cuma itu, Nurmans Ali juga termotivasi untuk membentuk atau menciptakan peluang kreatif bagi seniman lokal dengan berkolaborasi bareng kelompok musik keroncong. 

 

Sosoknya yang sederhana, tapi keren dan sangat inspiratif. Buat lo yang pengen liat obrolan bareng beliau, langsung aja tonton MLDSPOT Stage Bus Jazz Tour 2021: Inspiring Lifestyle with Nurmans Ali di Youtube channel MLDSPOT TV! Jangan lupa juga buat follow dan terus pantengin Instagram @mldspot supaya lo nggak ketinggalan konten-konten inspiratif lainnya.


Let’s get yourself inspired by MLDSPOT!