STAGE BUS JAZZ TOUR
Kamis, 18 November 2021

Verne Indonesia: Terinspirasi Dari Penulis Novel Fiksi

  • Share

 

“Ini brand luar atau brand lokal sih?”

Pertanyaan ini kayaknya sering banget kita temuin setiap kali ada produk yang sebelumnya nggak pernah kita denger namanya. Padahal, nggak selamanya buatan luar itu lebih bagus daripada buatan lokal, dan banyak banget alasan kenapa kita harus bangga sama produk lokal, salah satunya adalah sebagai wujud paling sederhana dari nasionalisme yang bisa kita lakuin setiap hari, dan juga jadi bukti cinta dan kebanggaan kita sama hasil karya anak bangsa.

 

Nggak cuma itu aja, dengan memakai barang produksi karya anak bangsa, secara nggak langsung kita juga membantu perekonomian dalam negeri dan memperluas lapangan pekerjaan lho!

 

Nah, di MLDSPOT Stage Bus Jazz Tour 2021 kali ini gue bakal bahas salah satu Inspiring Products dari Surabaya. Dia adalah Marsetio Hariadi, seorang kreator di bidang seni, digital, fotografi, mural dan sebagai creative director Verne Indonesia, brand asal Surabaya yang fokus bergerak di industri handcrafted leather dari tahun 2011.

 

Marsetio Hariadi adalah salah satu bagian dari keluarga besar Verne Indonesia yang menjadikan leather sebagai material dalam menggarap karya-karyanya yang dikerjakan secara handmade dengan menggunakan material dalam negeri dan punya komitmen buat menciptakan produk dengan craftmanship tinggi, berkualitas tapi tetap terjangkau.




Soal nama, Verne Indonesia terinpirasi dari Jules Verne, salah satu penulis asal Perancis yang namanya udah nggak asing lagi buat para penggemar novel fiksi ilmiah. Karya-karyanya yang menceritakan kisah petualangan yang anti-mainstream itulah yang akhirnya jadi acuan Marsetio Hariadi bareng Verne Indonesia buat ngelahirin produk-produk fashion apparel yang berkualitas dengan bahan leather.

 

 

Salah satunya adalah portable ashtray, hasil karya kolaborasi bareng salah satu designer product lokal yang pernah dibuat dengan tujuan menciptakan lingkungan yang lebih nyaman. Selain itu ada tas, backpack, messenger bag, side bag motor sampai wrapping stir mobil.