STAGE BUS JAZZ TOUR
Minggu, 31 Oktober 2021

Aditya Ong Trio: Hidupkan Lagu Tradisional Lewat Jazz

  • Share

Dalam setiap perjalanannya ke kota-kota tujuan buat menggelar MLDSPOT Stage Bus Jazz Tour 2021: Journey of Inspiration, lo pasti bakal disuguhin sama local jamming atau musisi lokal yang bakal jamming di dalam bus sambil nemenin Mikha, Lea, dan Daru berkeliling kota. Kalau lo udah nonton serunya web series episode 4 dari MLD Stage Bus Jazz Tour 2021: Journey of Inspiration, lo pasti inget ketika mereka sempat berkunjung ke Studio Lokananta buat ketemu sama Aditya Ong. Nah, local jamming kali ini bakal terasa berbeda karena gue bisa nikmatin musik jazz dari Aditya Ong Trio langsung dari studio Lokananta yang masih kental dengan nuansa vintage-nya ini.

 

Aditya Ong Trio merupakan trio yang berbasis di Surakarta yang berdiri pada tahun 2013 dengan formasi: Aditya Ong (piano), Laurentius Bob (Contra bass/ Electric Bass) dan Okvan Dwi Pramudya (Drums) yang baru bergabung pada tahun 2016 dan kemudian digantikan oleh Eliezer Robbynatta di akhir tahun 2020.  

Aditya Ong Trio pertama kali tampil di dalam event komunitas Solo Jazz Society, yang bernama Parkiran Jazz. Mereka juga pernah tampil di beberapa festival Jazz di Indonesia, kayak Freedom Jazz Festival 2017, Ngayogjazz 2016, Loenpia Jazz 2017, Jazz Goes to Campus 2018, Solo City jazz 2016 dan 2019, TP Jazz Week End 2019 di Bandung, Soegijazz 2019, dan masih banyak lagi.

Di setiap penampilannya, Aditya ong Trio selalu konsisten buat ngebawain karya orisinil dari Aditya Ong sendiri, aransemen-aransemen dari lagu daerah Jawa Tengah, dan lagu-lagu yang diciptain komposer Indonesia yang juga diaransemen ulang sama Aditya Ong. Lewat kemasan musiknya, Aditya Ong Trio punya sebuah harapan buat mempopulerkan kembali lagu-lagu daerah Jawa dari komposer Indonesia di kalangan pendengar musik di Indonesia, nggak cuma di ranah pecinta musik jazz aja. 

 

Komposisi Aditya Ong Trio terinspirasi dari beberapa momen yang terjadi di dalam kesehariannya dan diterjemahkan ke dalam sebuah komposisi musik. Mereka juga sering ngebawain beberapa lagu tradisional Jawa yang kebanyakan adalah lagu Dolanan atau lagu anak-anak Jawa, dan mengaransemennya dengan sentuhan baru, tanpa meninggalkan unsur musik tradisional di dalamnya. 

 

Kecintaan mereka di kancah musik jazz tanah air terbukti lewat album pertama mereka yang berjudul #Introducing yang dirilis pada 30 Maret 2020. Album ini masuk dalam nominasi AMI Awards 2020 untuk kategori album jazz terbaik.

 

Di MLDSPOT Stage Bus Jazz Tour 2021: Journey of Inspiration ini, ada beberapa instrumen musik yang mereka bawain kayak “Not Too Odd To Surakarta”, “A New Life”, “Jeje’s Shuffle” yang diambil dari album kedua mereka "It's a New Life" yang baru dirilis pada 21 Mei 2021. 

 

Pengen tau aksi mereka? Langsung aja cek penampilan Aditya Ong Trio di Youtube channel MLDSPOT TV! Jangan lupa juga buat follow dan terus pantengin Instagram @mldspot supaya lo nggak ketinggalan konten-konten inspiratif lainnya.


Let’s get yourself inspired by MLDSPOT!