STAGE BUS JAZZ TOUR
Sabtu, 02 Oktober 2021

Kota-Kota Ter-Asik Buat Nikmatin Jazz

  • Share

Bicara soal musik jazz, ternyata Indonesia itu nggak cuma dikenal sebagai gudangnya musisi jazz, tapi juga dikenal dengan kota-kotanya yang punya magnet kuat buat dijadiin tujuan para musisi buat ngadain konser. Pilihan lokasinya yang anti mainstream juga jadi salah satu experience baru buat para penikmatnya. Makanya, gak heran kalau road trip MLDSPOT Stage Bus Jazz Tour: Journey Of Inspiration kali ini udah ngebuka mata gue buat ngeliat tempat-tempat baru yang belum pernah gue kunjungin, apalagi sambil nikmatin musik.

 

Contohnya Bandung, salah satu kota dengan hawanya yang sejuk ini emang punya daya tarik sendiri di setiap sudut-sudut kotanya. Lo bisa dengan gampangnya nemuin spot-spot kece buat nikmatin musik jazz dari musisi tanah air yang besar di kota ini, kayak Mocca, The Groove, Dira Sugandhi, dan lain-lainnya.

 

Nggak cuma Bandung, ada kota-kota lainnya kayak Banyuwangi yang terkenal dengan event Banyuwangi Jazz Festival, Jazz Gunung di Bromo, Jogja dengan event Ngayojazz-nya, Ubud Village Jazz Festival di Bali, Diponegoro Jazz Festival di Semarang, Java Jazz di Jakarta, dan lain-lainnya yang punya daya tariknya masing-masing. Nah, selain kota-kota di Indonesia, ternyata banyak juga lho kota di dunia yang dinobatkan jadi kota terbaik buat nikmatin musik jazz.

New Orleans, Amerika Serikat
Nah, ini adalah kota yang jadi kelahirannya musik jazz. New Orleans juga sering dijadiin tempat singgah banyak musisi dari seluruh dunia yang mau belajar tentang sejarah musik jazz atau bahkan sekedar napak tilas perjuangan musik yang lahir dari kalangan kulit hitam di Amerika Serikat ini.
Setiap sudut kotanya dipenuhi club-club jazz tua kayak Spotted Cat, Blue Nile, dan Preservation Hall yang jadi tempat wajib buat dikunjungin para pecinta musik jazz.

New York, Amerika Serikat
Kota yang bisa dibilang serba ada dan jadi salah satu pusat metropolitan terpadat di Amerika ini tenyata jadi salah satu kota berkembangnya musik jazz, lho. Dengan tipikal musiknya yang lebih modern, musik jazz bisa lo temuin di beberapa club di sudut-sudut kota New York, dan gak jarang lo bisa nemuin musisi jazz kelas dunia yang manggung di club tersebut.

Paris, Prancis
Selain dikenal sebagai pusatnya mode dunia, ternyata Paris juga punya sense yang bagus soal musik jazz. Bahkan di awal abad ke-20, Paris sempat jadi kotanya musisi dan para penggila jazz. Meskipun didominasi sama orang-orang Amerika, tapi nyatanya punya pengaruh yang besar buat perkembangan musik di Paris sampai sekarang. Terbukti dari dua club jazz di Paris yaitu New Morning dan Autor de Midi..et Minuit yang berhasil masuk dalam daftar club jazz terbaik di Eropa.

Hmm, kalau lo tertarik buat nikmatin musik jazz di kota mana nih? Tulis di kolom comment ya, dan jangan lupa buat subscribe Youtube Channel MLDSPOT TV dan follow Instagram @mldspot buat update info-info keren dan inspiratif yang lainnya!

Let’s get yourself inspired by MLDSPOT!