Home Scoop 5 Rekor Dunia yang Dipegang oleh Indonesia

5 Rekor Dunia yang Dipegang oleh Indonesia

Friday, July 21, 2017 - 10:27
Bagikan
Facebook Twitter Email

Guinness World Records berisi kumpulan rekor dunia yang berkaitan dengan prestasi manusia dan alam sekitar dan mendapat pengakuan secara internasional. Ada beberapa perwakilan dari Indonesia yang tercatat dalam Guinness World Records, mari simak daftar berikut:

 

  1. Rudy Hartono


    Siapa orang Indonesia yang pertama kali tercatat dalam Guinness World Records? Jawabannya adalah pebulutangkis legendaris kelahiran Surabaya ini. Nama Rudy Hartono tertulis dalam sejarah rekor dunia ini pada tahun 1982. Ia tercatat sebagai peraih gelar juara All England tebanyak dengan raihan delapan kali yaitu pada tahun 1968,1969, 1970, 1972,1973, 1974 dan 1976.

     
  2. Dominic Brian


    Brian berhasil menorahkan namanya dalam buku rekor dunia dengan “mengingat 76 angka dalam 1 menit”. Remaja kelahiran 1996 asal Bali juga menjadi orang Indonesia pertama yang tampil pada program televisi Guinness.  Brian telah melakukan upaya pemecahan rekor dunia ini sebanyak delapan kali, lima kali sukses dan tiga kali gagal. Nama Brian juga tercatat di MURI (Museum Rekor Indonesia) pada usia 5 tahun ketika dia mampu mengingat 100 digit angka secara acak dalam waktu 12 menit dan di usia 12 tahun Brian tercatat sebagai orang yang mampu mengingat 1 dek kartu bridge (52 buah) dalam 100 detik.

     
  3. Kunto Hartono


    Kunto memecahkan rekor dunia bermain drum selama 145 jam nonstop. Sebelumnya, dia pernah tampil 122 jam di Malang pada tahun 2012. Kali ini Kunto berhasil mengalahkan rekor lamanya sendiri yaitu 72 jam dan juga berhasil melampau rekor drummer asal Kanada, Steve Gaul yang tampil selama 134 jam.

     
  4. Benny J. Mamoto


    Selama menjabat sebagai Ketua Umum Institut Seni Budaya Sulawesi Utara, beliau  menyelenggarakan lomba dan penataran pelatih sembilan jenis seni asal Sulawesi Utara. Sampai saat ini beliau telah menerima penghargaan sebagai pemrakarsa rekor MURI terbanyak se-Indonesia sejumlah 30 rekor MURI dan 7 rekor dunia. Dalam Guinness World Records namanya tercatat sebagai orang di balik rekor-rekor semacam “the longest bamboo rice”, “largest seashell ensemble”, “largest playable trumpet” dan lain-lain.

     
  5. Para Penyelam


    Indonesia mendapat kado manis ketika berulang tahun ke-64. Melalui para penyelam, sebuah rekor dunia selam dipecahkan di negara ini. Sebanyak 2861 terlibat dalam pemecahan rekor dunia selam di Pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara dengan catatan waktu 31 menit. Pencapaian yang luar biasa mengingat rekor dunia selam terakhir di Maladewa dipecahkan oleh 979 penyelam.