Home Scoop 501st Legion Indonesia, Satu-Satunya Komunitas Kostum Star Wars di Indonesia yang Diakui Oleh Lucasfilm

501st Legion Indonesia, Satu-Satunya Komunitas Kostum Star Wars di Indonesia yang Diakui Oleh Lucasfilm

Friday, July 21, 2017 - 10:39
Bagikan
Facebook Twitter Email

Kalau udah ngomongin soal cosplay, pasti juga nggak jauh-jauh dari karakter-karakter film Star Wars. Karakter-karakter dalam film tersebut memang iconic banget, dan kostum mereka memang keren-keren. Jadi, banyak penggemar yang ingin merasakan bagaimana rasanya menjadi salah satu dari karakter tersebut. Gimana caranya? Ya, dengan cosplay! Banyak penggemar yang rela merogoh kocek yang mahal demi memakai kostum karakter favorit mereka. Dan, ada komunitasnya juga lho!

Berbagai macam komunitas pecinta Star Wars memang sudah banyak di seluruh dunia, bahkan di Indonesia sendiri ada lebih dari tiga komunitas pecinta Star Wars. Salah satu dari komunitas pecinta Star Wars adalah 501st Legion yang fokus pada bagian kostum-kostumnya. 501st Legion merupakan komunitas pecinta Star Wars terbesar dan sudah diakui oleh Lucasfilm. Komunitas yang berasal dari Amerika ini sudah terbentuk sejak tahun 1997 dan sudah tersebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri 501st Legion baru terbentuk sekitar tahun 2011. Terbentuknya 501st Legion Indonesia menjadikan komunitas tersebut satu-satunya komunitas kostum Star Wars di Indonesia yang diakui oleh Lucasfilm. Komunitas ini pun mendapat banyak dukungan dari para penggemar Star Wars di Indonesia.

“Pasti keren banget, dapat bekerjasama dengan mereka di setiap acaranya, bahkan mungkin bisa merangkul bekerjasama dengan komunitas Star Wars (non-resmi) lainnya sebagai salah satu bentuk support bahwa semua menjadi di Star Wars ini tanpa ada membedakan. Gue sih mendukung banget adanya komunitas ini di Indonesia sebagai salah satu Fanboy Die Hard Star Wars,” Ujar Ryant AK, fotografer yang juga penggemar berat Star Wars.

Untuk menjadi bagian dari 501st Legion juga sepertinya nggak semudah yang dibayangkan, nggak sembarang orang bisa masuk dalam komunitas tersebut. Sebab, mereka ada standar kostumnya sendiri yang udah diresmikan oleh Lucasfilm. Kostum-kostum ini berskala 1:1, mulai dari ukuran dan detail-nya sesuai seperti yang ada di film.

Kostum-kostum yang ada di 501st Legion merupakan kostum dari karakter-karakter antagonis (jahat) di film Star Wars. Bagi para pecinta Star Wars, pasti sudah tahu kenapa dalam komunitasnya ini isisinya karakter-karakter jahat semua. Ya, karena 501st Legion adalah sebuah nama Batalion yang dipimpin oleh Darth Vader. 501st Legion atau 501st Battalion merupakan unit Clone Trooper yang termasuk dalam Grand Army of the Republic pada masa Clone Wars yang dipimpin Anakin Skywalker. Pasukan ini tetap mengikuti perintah Anakin ketika Ia jatuh ke dark side of the force, dari situ Anakin mendapatkan nama Sith Lord menjadi Darth Vader.

Ryant menambahkan bahwa menjadi komunitas yang diakui oleh Lucasfilm ternyata juga memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah bisa diundang ke Red Carpet saat premiere film Star Wars berlangsung.

“Keuntungan yang didapat pasti cukup membuat para Fanboy Star Wars bahagia senang banget, bisa diundangan ke Red Carpet saat premiere film Star Wars. Bisa dapat discount merch Star Wars, dan pastinya keuntungan-keuntungan diundang ke event-event mereka, entah Star Wars, Lucasfilm, atau mungkin Walt Disney,” tambahnya.

Biaya untuk masuk komunitas ini terbilang cukup mahal. Bukan soal biaya daftar masuknya, tapi lebih ke budget untuk membuat kostumnya. Minimal, kamu mengantongi kurang lebih Rp 20 juta untuk membuat kostum Stormtrooper sendiri. Kalau sudah punya kostum salah satu karakter jahat yang ada di Star Wars dengan skala 1:1, kamu harus memfoto setiap detail bagiannya, lalu kirim foto tersebut ke 501st Legion pusat di Amerika, jika sesuai dengan standar kostum aslinya, baru deh kamu bisa diterima menjadi anggotanya. Setelah berhasil mendaftar menjadi anggota 501st Legion, kamu akan mendapatkan nomor lisensi yang terdiri dari 5 digit angka.

501st Legion juga memiliki kode etik yang melarang setiap anggotanya mengkomersilkan komunitas ini untuk kepentingan pribadi, bila ketahuan ada yang melanggar, 501st pusat bisa membubarkan komunitas 501st Legion yang ada di negara tersebut.

Gimana, Urbaners? Apakah kalian tertarik untuk bergabung dengan 501st Legion? Memang sih butuh pengorbanan untuk masuk ke komunitas ini, tapi, kalau memang kalian tertarik banget untuk bergabung, anggota 501st Legion Indonesia lainnya siap membantu kalian.