• News
  • How To Improve in Simply Way ala Indro Hardjodikoro

How To Improve in Simply Way ala Indro Hardjodikoro

Tue, 10 October 2017

Ditengah berkembangnya musik Indonesia, membuat MLDSPOT tergerak untuk memfasilitasi anak-anak muda berbakat untuk mengasah skill bermusik mereka. MLDSPOT Instaclass kali ini mengundang para bassist muda berbakat untuk ngobrol langsung dengan pakarnya, yakni Indro Hardjodikoro dan mengulik alat musik instrumen tersebut bersama. Dengan tema "How To Improve in Simply Way", acara yang berlangsung pada 08 Oktober 2017 ini berlangsung sangat seru dan insightful, Urbaners! Tidak hanya itu, para peserta juga unjuk kebolehan secara langsung di depan personil Tohpati Bertiga ini untuk memperebutkan Bass Cort Indro Hardjodikoro Signature Series (ISB-4)!

 

Improvisasi adalah hal yang penting untuk seorang musisi

Bertepat di Paviliun 28, acara ini dimulai sekitar pukul 14.30 WIB dengan permainan instrumen Indro Hardjodikoro diiringi oleh Karel William (Adoria) dan Edwin Putro (keyboardist MLDJAZZPROJECT Season 2) menjadi pembuka yang sangat manis sore itu. Terlihat jelas para peserta sangat memperhatikan kepiawaian jari bassist legendaris tersebut bermain. Setelah itu, acara langsung dimulai dengan pembahasan Chromatic, Scale - TRIAD - Pentatonic dan Arpegio/Broken Chord. Tidak hanya menjelaskan secara teori, tapi Indro Hardjodikoro juga langsung mempraktekkannya di depan para peserta. Indro Hardjodikoro mengibaratkan musik sebagai suatu bahasa, sebuah cerita dengan alur yang teratur sehingga penyampaiannya harus dimengerti para pendengarnya.

Bukan tanpa alasan Indro Hardjodikoro memilih tema "How to improve in simply way" sebagai topik pada sore itu. Karena meskipun terdengar sederhana, namun tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari teknik improvisasi tersebut. Dan ini adalah teknik dasar yang harus dimengerti semua musisi bukan hanya pemain bass saja.

Chromatic yang bermanfaat untuk warming up jari-jari sehingga saat melakukan improvisasi tidak gagap ataupun panik. Kalau sudah menguasai teknik ini, ketika situasi panik pun akan menjadi keren, karena itulah Chromatic tidak boleh disepelekan saat latihan. Saat sesi Scale - TRIAD - Pentatonic Indro Hardjodikoro mempraktekkan bagaimana bagian minor dan mayor. Teknik ini bermanfaat untuk 'merangkai kata' dari sebuah cerita (musik) tersebut dan membuatnya lebih dinamis. Dan pada bagian Arpegio/Broken Chord, Indro Hardjodikoro memberikan masukan mulai dari oktaf, sampai interfal.

Dan pada kesempatan kali ini, Indro Hardjodikoro juga menjelaskan bahwa bermain musik tidak melulu soal teori, tetapi bagaimana kegigihan seorang musisi melatih skill-nya. Memang teknik itu penting, tapi balik lagi musik adalah "art" yang berarti keindahan. Dan bagaimana cara lo mempertunjukkan keindahan tersebut. Teknik-teknik tersebut harus di luar kepala, karena improvisasi adalah hal yang nggak boleh dipikirkan sama sekali, yang bekerja hanya feeling dan muscle memory, hal tersebut hanya bisa didapatkan dengan latihan yang rutin.

 

Antusiasme para peserta yang hadir

MLDSPOT Instaclass kali ini sepertinya memang sudah ditunggu-tunggu oleh para pemain bass, terlihat dengan antusiasme yang datang, lebih dari setengah jumlah peserta berasal dari luar Jakarta, bahkan luar pulau, Urbaners! Ada yang dari Yogyakarta, Surabaya, Lampung, sampai Batam, Manado dan Gorontalo! Mereka datang jauh-jauh hanya untuk menghadiri acara ini. Selain bertemu langsung dengan idola yakni Indro Hardjodikoro, mereka juga ingin mengembangkan bakatnya, dan kesempatan ini jarang sekali ada, apalagi untuk orang-orang yang tinggal di daerah.

 

Sharing Session Agil Pambudi & Wesley Geraldo

Nama ini pastinya sudah nggak asing lagi buat lo, yap, para pemenang MLDARE2PERFORM yang tergabung menjadi MLDJAZZPROJECT ini namanya memang sudah cukup diperhitungkan di belantika musik Indonesia. Agil Pambudi yang merupakan bassist MLDJAZZPROJECT Season 1 dan Wesley Geraldo bassist MLDJAZZPROJECT Season 2 sharing tentang pengalamannya mengikuti MLDARE2PERFORM, dan bagaimana ajang tersebut merubah hidup mereka. Banyak banget pengalaman yang mereka dapatkan, seperti memainkan aransemen dan berkolaborasi dengan musisi senior, manggung di berbagai event jazz nasional maupun internasional, sampai mengatur diri sendiri menjadi seorang musisi sesungguhnya.

 

Bass challenge yang berlangsung sengit

Pada akhir acara, Indro Hardjodikoro juga menantang para peserta untuk memainkan instrumen simple yang telah disiapkannya. Masih diiringi Karel William dan Edwin Putro mereka satu per satu menunjukkan kebolehannya. Indro Hardjodikoro membebaskan tempo maupun rhytm yang akan dimainkan, ia ingin melihat improvisasi yang dilakukan para peserta pada saat itu. Para peserta pun terlihat cukup antusias dengan bass challenge ini, bagaimana tidak, nantinya yang menang akan mendapatkan Bass Cort Indro Hardjodikoro Signature Series (ISB-4). Dan yang beruntung mendapatkan bass tersebut adalah Sutan, peserta asal Yogyakarta, Urbaners! Indro Hardjodikoro nggak hanya menilai dari skill bermain bassnya, tetapi juga bagaimana ia mengiringi band tersebut dengan enak, dan bisa dinikmati penonton tentunya.

#MauLagiDimanapun - Join Video Competition Cerita Momen Gowes Lo di #MLDSPOTNEWNORMALRIDE!

Tue, 01 September 2020
join video competition #MLDSPOTNEWNORMALRIDE dan menangkan hadiah puluhan juta rupiah

 

Fase new normal tidak berarti membuat lo berhenti berinovasi dengan segala keterbatasan dan kebiasaan baru yang mesti lo terapkan. Justru fase new normal adalah sebuah tantangan baru buat lo untuk terus melahirkan karya yang menginspirasi banyak orang.

Bicara soal tantangan dan karya yang menginspirasi, sejauh ini sudah berapa banyak tantangan yang lo hadapi terkait fase new normal ini? Sudah ada karya apa saja yang lo hasilkan dari berbagai keterbatasan dan kebiasaan baru sekarang ini?

Eits, tidak perlu lo jawab sekarang karena sebenarnya, masih ada tantangan yang perlu lo hadapi dari MLDSPOT nih. Seperti yang sudah diberitahu beberapa waktu lalu, adanya peralihan fase dari #MumpungLagiDirumah ke #MauLagiDimanapun, tentu membawa semangat baru buat lo!

 

Fase Baru Dari MLDSPOT: #MauLagiDimanapun

Segala keterbatasan atau kebiasaan baru yang memang mau tidak mau mesti lo hadapi dan lo terapkan, ini tentu tidak jadi halangan buat lo untuk terus produktif, aktif dan tentu terus menginspirasi banyak orang. Oleh karena itu, #MauLagiDimanapun adalah waktunya lo bergerak maju!

Terkait dengan semangat dan tantangan baru dari #MauLagiDimanapun – MLDSPOT menggelar video competition yang akan diadakan di Instagram MLDSPOT. Seperti yang sudah pernah disebutkan sebelumnya, kompetisi video ini akan mengangkat tiga tema yaitu ride, homecooking dan entrepreneur.

Untuk tema pertama yang akan digelar, ride atau sepeda – jadi tantangan pertama yang bisa lo hadapi dalam waktu-waktu ini. Biar lo semakin semangat, lo bisa mendapatkan berbagai hadiah menarik dan total uang jutaan rupiah! Sudah semakin nggak sabar, kan?

 

#MauLagiDimanapun – #MLDSPOTNEWNORMALRIDE

 

Tren gowes sepeda kembali muncul ke permukaan lagi terkait fase new normal ini. Hal ini berkemungkinan dikarenakan oleh sepedaan adalah salah satu jenis olahraga yang ber-social distancing. Tidak mungkin juga kalau lo gowes sepeda berdempetan dengan yang lainnya, kan?

Tren gowes ini juga diwarnai oleh banyak hal nih, salah satunya adalah sepeda fenomenal yang sempat membuat geger banyak kalangan karena harganya sempat dinilai overprice untuk sebuah sepeda. Apalagi kalau bukan Brompton.

Tapi tren gowes ini bukan hanya untuk mereka yang pakai Brompton saja, lho. Banyak sepeda-sepeda dengan merk lokal yang digunakan banyak orang. Bahkan, banyak merk lokal yang dinilai kualitasnya juga mumpuni dan tidak kalah dengan merk lainnya.

 

By the way, buat lo yang sudah lama menekuni dunia sepeda, pasti lo punya banyak cerita menarik dari hobi seru yang lo jalani ini. Misalnya, transformasi dari apa jenis sepeda lo punya di awal mulai hobi ini, sampai sepeda apa yang sekarang lo punya. Pasti di setiap perubahan itu, ada cerita menarik buat lo ceritain ke banyak orang!

Atau jangan-jangan lo pernah dapat gebetan karena sama-sama berada di toko aksesoris sepeda, nih? Atau bisa jadi lo punya cerita menarik setiap sepedaan jarak jauh, misalnya seperti menemukan hidden gem, atau apapun. Kita percaya lo punya banyak banget cerita menarik soal lo dan sepeda lo ini.

Nah, terkait dengan tren gowes sepeda, MLDSPOT dari #MulaiLagiDimanapun bisa membuat lo semakin produktif, nih. Caranya adalah dengan join video kompetisi dengan tema sepeda! Gampang banget, lho cara buat ikutannya.

Di video yang akan lo buat ini, lo tinggal rekam dan ceritakan hal-hal menarik selama lo sepedaan. Jangan lupa di dalam video tersebut, pastiin visualnya kece ya! Kita percaya sama taste visual video lo, kok! Pasti keren!

Biar makin jelas bagaimana cara buat ikutannya, lo perlu ketahui dulu terms and condition yang ada:

 

1. Peserta wajib follow IG @MLDSPOT untuk mengikuti #MLDSPOTNEWNORMALRIDE.

2. Instagram dalam keadaan tidak diprivate (lock).

3. Peserta hanya boleh submit 1 video.

4. Video submission harus menggunakan hashtag #MauLagiDimanapun dan #MLDSPOTNEWNORMALRIDE pada caption.

5. Video yang diupload wajib mention @MLDSPOT dan 3 orang teman.

6. Video berdurasi maksimal 1 menit.

7. Video submission boleh disertai narasi berupa suara ataupun hanya dengan teks tulisan.

8. Video dapat direkam menggunakan device apapun (kamera handphone ataupun kamera digital).

9. Peserta dibebaskan menggunakan software apapun dalam mengedit video.

10. Penilaian video berdasarkan kreativitas dalam bercerita yang didukung dengan pemilihan visual yang menarik.

11. Periode submission dari tanggal 1 – 15 September 2020. Peserta yang men-submit video lebih awal memiliki kesempatan menang lebih besar.

12. Video submission harus sepenuhnya footage asli milik peserta. Jika tidak dapat membuktikan keaslian footage tersebut, peserta akan didiskualifikasi.

13. Video yang mengandung unsur SARA akan didiskualifikasi secara langsung.

14. Pengumuman pemenang dapat dilihat pada IG @MLDSPOT pada tanggal 30 September 2020.

15. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

 

Nah, dari terms and condition yang sudah ada, tentu lo sudah paham semuanya, ya. Pastikan cerita dan visual yang ada di dalam video lo itu menarik dan tentunya menggelitik para juri nih! Jadi kesempatan lo buat menang tentu semakin besar.

Bicara soal kemenangan, pasti ada hadiah yang sudah lo nanti. Di video kompetisi #MauLagiDimanapun - #MLDSPOTNEWNORMALRIDE – lo bisa memenangkan hadiah yang luar biasa menarik:

 

  • Juara 1 akan mendapatkan hadiah berupa voucher Blibli sebesar Rp 5.000.000
  • Juara 2 akan mendapatkan hadiah berupa voucher Blibli sebesar Rp 2.000.000
  • Juara 3 akan mendapatkan hadiah berupa voucher Blibli sebesar Rp 1.000.000

 

Wah bagaimana, benar-benar luar biasa kan hadiahnya? Kalau sudah begini, tidak ada alasan lagi untuk lo tidak ikutan video kompetisi #MauLagiDimanapun - #MLDSPOTNEWNORMALRIDE !

Langsung saja cek Instagram @MLDSPOT buat ikutan video kompetisi ini! Good luck, bro!