Home Scoop The Bunker Cafe, Kawinkan Keseruan Board Game dan Kuliner
The Bunker Cafe, Kawinkan Keseruan Board Game dan Kuliner

The Bunker Cafe, Kawinkan Keseruan Board Game dan Kuliner

Monday, May 13, 2019 - 15:18
Bagikan
Facebook Twitter Email

Urbaners, kalau lo nyari kafe di sekitaran Gading Serpong yang menjanjikan pengalaman unik, lo wajib banget datang ke The Bunker Cafe. Berbeda dari kafe biasanya, The Bunker Cafe ini sering dijuluki sebagai pionir dan “surga” untuk para pecinta board game. Begitu memasuki ruangannya yang didominasi kayu, lo bisa melihat lebih dari 300 pilihan board game yang siap lo mainkan. Nggak heran, kafe ini selalu ramai dikunjungi keluarga, mahasiswa, sampai karyawan yang ingin rileks dan bermain bersama orang-orang terdekat.

Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkap The Bunker Cafe, Urbaners!

 

Jadi Pionir dan Distributor Board Game di Indonesia

Konsep board game cafe adalah konsep yang belum terlalu dikenal di Indonesia. Padahal, di luar negeri, konsep unik ini menjadi salah satu favorit pengunjung. Soalnya, lo bisa menikmati makanan sambil bermain seru dengan teman-teman atau keluarga. Kehadiran board game cafe cocok banget buat lo yang ingin refreshing dari permainan gadget dan mencoba permainan seru lain. Kalau selama hang out temen-temen lo sering sibuk sendiri sama gadget, sekarang justru bonding time makin terasa akrab karena lo bisa fokus bermain bersama.

Jadi Pionir dan Distributor Board Game di Indonesia

The Bunker Cafe berdiri sebagai pionir board game cafe di Indonesia pada bulan November 2015. Owner The Bunker memiliki kecintaan dan hobi bermain board game sejak lama. Sayangnya, saat itu di Indonesia masih sedikit sekali tempat yang menyediakan berbagai pilihan board game, apalagi berupa kafe. Karena itulah, The Bunker Cafe didirikan sebagai salah satu cafe pertama dengan konsep unik tersebut. Hingga saat ini, sebagai trendsetter, The Bunker Cafe juga menjadi distributor yang menyuplai stok permainan ke kafe-kafe board game lain yang bermunculan di Jakarta dan sekitarnya.

 

Punya 368 Koleksi Board Game!

Begitu memasuki ruangan The Bunker Cafe, lo pasti bakal takjub melihat susunan board game yang ditata apik pada rak-rak tinggi di dinding. Sejauh ini, The Bunker Cafe sudah mengoleksi total 368 jenis board game lho, Urbaners!

Punya 368 Koleksi Board Game!

Jangan salah, board game yang ditawarkan bukan cuma permainan biasa seperti monopoli dan ular tangga, tapi juga jenis yang lebih rumit dan beragam, mulai dari Pictomania, Tokaido, Pandemic, Cottage Garden, sampai Mysterium. Penggemar Game of Thrones bakal bersorak karena The Bunker Cafe juga menyediakan board game A Game of Thrones, Dead of Winter, dan Legacy. Sementara itu, pengunjung anak-anak bisa memainkan game yang lebih fun, seperti Panic Mansion, Happy Bunny, dan Crazy Kart.

“Di sini, hampir semua board game yang diketahui pengunjung, kami sudah menyediakan. Ada yang tipenya awam banget, yang gampang dimainkan seperti Uno Block, tapi ada juga yang butuh waktu 4 jam permainan untuk menyelesaikannya. Biasanya, permainan berat ini adalah game memecahkan teka-teki, membuat strategi, dan sebagainya,” kata Frans, salah satu pegawai sekaligus Game Master di The Bunker Cafe.

Kalau lo ingin mencoba board game yang disediakan, harga sewanya berkisar dari 20 ribuan per jam, per orang. Nggak hanya bisa main di tempat, lo juga boleh kok membeli dan membawa pulang aneka permainan yang ada di kafe ini. Tapi, karena kebanyakan board game The Bunker adalah hasil impor dari luar negeri, pastinya lo harus siap merogoh kocek untuk mendapatkannya.

Karena koleksinya yang cocok untuk segala usia, nggak heran kalau The Bunker Cafe selalu dipenuhi oleh pengunjung, apalagi di akhir pekan dan tanggal merah. Frans juga meyakinkan bahwa The Bunker Cafe tetap buka saat hari libur dan tanggal merah, sehingga pengunjung nggak perlu khawatir nggak bisa main.

 

Panduan Langsung dari The Game Master

Panduan Langsung dari The Game Master

Dengan banyaknya pilihan board game yang tersedia, The Bunker Cafe juga menyediakan Game Master. Game Master ini sudah tahu semua jenis board game, aturan main, tingkat kesulitan, sampai jumlah pemain dalam tiap-tiap permainan. Kalau bingung menentukan mau main apa, coba aja berkonsultasi dulu sama Game Master! Setelah menentukan pilihan, Game Master bakal memandu lo dan menjelaskan semua peraturan permainannya sampai lo paham. Asyik, kan?

“Kehadiran Game Master ini membantu banget supaya kita nggak membuang banyak waktu untuk memahami peraturan suatu permainan, apalagi game-game berat dan rumit. Kalau dibandingkan sama board game cafe yang pernah gue kunjungi, mereka nggak menyediakan Game Master, jadi gue dan temen-temen kesulitan untuk having fun karena nggak ngerti cara mainnya,” kata Vincent, salah satu pengunjung yang teratur main di The Bunker Cafe minimal dua kali sebulan.

Frans sebagai Game Master pun mengakui bahwa para pengunjung The Bunker Cafe memang selalu penasaran untuk mencoba permainan yang baru. Mungkin karena lagi bosan dengan pilihan permainan online, board game jadi alternatif yang lebih seru. “Kami senang sekali melihat antusiasme pengunjung, karena memang salah satu tujuan The Bunker Cafe adalah untuk mengenalkan board game dari luar negeri yang jarang diketahui orang Indonesia,” ungkapnya.

 

Bikin Betah dengan Berbagai Inovasi Seru

Bikin Betah dengan Berbagai Inovasi Seru

Nggak cukup hanya dengan menghadirkan konsep kafe permainan, The Bunker Cafe juga menghadirkan berbagai inovasi seru untuk menarik lebih banyak pengunjung. Misalnya aja, mereka kini sudah mempunyai ruang VIP yang bisa disewa untuk acara-acara privat, seperti baby shower, ulang tahun, atau bachelorette party. Adanya ruang privat ini bikin lo lebih bebas untuk ngumpul beramai-ramai, Urbaners!

Frans menambahkan, “Sekarang kami juga sedang mengadakan promo setiap Jumat, yaitu Friday Play-Day. Kalau biasanya pengunjung membayar per jam, setiap hari Jumat mereka bisa membayar Rp35 ribu saja untuk bermain sepuasnya.” Salah satu jenis permainan yang paling laris di The Bunker Cafe adalah jenis-jenis permainan Fast Game, yaitu adu cepat, kartu, ataupun Uno Block.

Untuk pilihan makanan, lo nggak perlu khawatir, Urbaners. The Bunker Cafe menyediakan menu lengkap mulai dari hidangan ala Barat sampai pasta dan milkshake. Harganya juga affordable banget, kok. Menurut Frans, menu yang paling laris di kafe ini adalah Chicken Butter Fried Rice dan Salted Egg Chicken Bowl. Jadi, jangan lupa cobain menu ini kalau lo lagi berkunjung ke The Bunker Cafe, ya!