Home Scoop Jurus Bermusik ala Sheryl, Kikan dan Candil untuk Para Musisi di Kalimantan

Jurus Bermusik ala Sheryl, Kikan dan Candil untuk Para Musisi di Kalimantan

Wednesday, November 21, 2018 - 21:41
Bagikan
Facebook Twitter Email

MLDSPOT Stage Bus Jazz Tour goes to Borneo! Yes, Pulau Kalimantan jadi tempat tujuan selanjutnya dari panggung bus berjalan dari MLDSPOT ini. Setelah Pontianak dan Singkawang, Palangkaraya dan Banjarmasin jadi tempat persinggahan Stage Bus Jazz Tour berikutnya. Seperti halnya di kota-kota sebelum ini, MLDSPOT selalu menghadirkan line up musisi yang keren-keren, Bro!

Di kota ketiga dan keempat, ada MLDJAZZPROJECT Season 2, Betang Philosophy, Passatu, Candil, Kikan dan Sheryl Sheinafia. Melihat perkembangan musik sekarang, apalagi jumlah musisi di Indonesia, khususnya di Borneo, semakin banyak, ada pesan-pesan spesial yang mau disampaikan para musisi ini untuk para pengunjung di Kalimantan yang memiliki impian menjadi musisi.

 

Sheryl: Jangan Tanggung Buat Bermusik

Musisi muda dan berbakat, banyak yang kagum saat melihat Sheryl Sheinafia main gitar. Bisa jadi lo salah satunya, Urbaners! Lagu-lagu yang udah dia bikin sendiri dan album yang udah dia keluarkan memang memiliki banyak pesan positif. Tak ketinggalan, ia pun sudah pernah kolaborasi bareng musisi lainnya seperti Rizki Febian, Vidi Aldiano sampai Ariel Noah. Meski harus melewati berbagai perjuangan sebelum popular seperti sekarang, namun akhirnya Sheryl berhasil meraih kesuksesan dalam bermusik.

"i think just do what to love? jangan tanggung buat bermusik" ujar Sheryl saat ditanya apa rahasia di balik kesuksesannya sebagai musisi di usia yang cukup muda. Nah, jadi buat lo semua yang mau menjajal karir lo di industri musik, jangan setengah-setengah, berikan yang terbaik untuk menghasilkan karya yang keren, Urbaners.

 

 

Candil: Memilih Jalur Musik Tetap Bisa Hidup Selama Lo Cinta

 

Kejayaan Candil sebagai rocker tentu nggak didapat dengan mudah. Menurut Candil “Musik itu mulai dari kita bangun tidur sampai mau tidur lagi, hidup yang cinta dalam musik pasti merasakan dan bisa hidup di situ”. Berbekal mindset ini sebenarnya Candil mau menunjukkan kalo lo nggak perlu takut menjalani hidup hanya untuk bermusik, “Hidup di musik itu nggak cuma nge-band, terbukti orang yang cinta musik ada fase-fasenya. Ada yang memilih ngeband ada yang akhirnya bisa jadi musisi beneran, ada juga yang hanya hobi doang. Tapi banyak teman-teman gue yang suka dengan musik, mereka tetap bisa support hidup dia jadi pemusik, entah menjadi music director. Intinya sih, ya kita harus tetap berjalan di dunia musik selama itu kita cinta”.

 

Dede “Betang Philosophy”: Explore Diri Lebih Berani Lagi Betang Philosophy

Band jebolan juara 3 MLDJAZZWANTED, dapet kesempatan kolaborasi bareng Kikan dan Candil di titik MLDSPOT Stage Bus Jazz Toru Palangkaraya. Mereka menunjukkan kalo tinggal di kota kecil bukan berarti nggak bisa menujukkan gigi sebagai musisi. Dede kasih pesan “Jadi buat teman-teman musisi, Betang Philosophy bisa jadi inspirasi untuk musisi muda di Palangkaraya dan Kalimantan. Jangan pernah takut untuk explore diri mereka, untuk berkarya dan berani”.

 

 

Kikan: Ciptakan Karakter

 

Di saat seorang musisi mulai memutuskan untuk terjun ke dunia musik, mereka nggak boleh main-main menjalani keputusan itu. Hal ini diamini banget sama Kikan, Urbaners, sejak dia masih berada dalam band sampai akhirnya memilih solo karir. Menurutnya di Indonesia, khususnya kota-kota kecil di Kalimantan ini, rasanya mustahil untuk berjuang hidup sebagai musisi padahal hal tersebut sangat mungkin terjadi. Kikan dan Candil adalah contoh para musisi yang benar-benar hidup dari musik hingga detik ini. “Pastikan kalian sebagai musisi atau band punya karakter. Misalnya di dunia musik Candil cuma satu, banyak Candil KW super, tapi secara kualitas dan karakter tak tergantikan". ujar Kikan

 

Sebenarnya sudah banyak band indie yang berkualitas dan punya karakter yang berbeda. Hanya saja nggak wadahnya. Kikan menambahkan “Acara-acara seperti MLDSPOT Stage Bus Jazz Tour, bisa jadi wadah buat musisi baru di Kalimantan atau kota lainnya. Jangan mikirin laku atau nggaknya, tapi coba dulu sesuai hati, kedepannya akan lebih maju”.

 

Jadi, buat Urbaners di Kalimantan serta pulau dan kota-kota lainnya di Indonesia, jangan pernah menunggu untuk memulai karir lo bermusik. Simpan baik-baik di ingatan lo pesan-pesan dari para musisi handal di atas yang nggak ragu mengejar impian mereka dengan bermusik dan telah berhasil meraih kesuksesan!