• News
  • KayaKayu, Boneka Kayu Unik untuk Miniatur Diri

KayaKayu, Boneka Kayu Unik untuk Miniatur Diri

Sat, 19 October 2019
Boneka kayu miniatur KayaKayu yang unik dan berbeda dari yang lain.

Bisnis kerajinan boneka ataupun souvenir memang banyak lo temui di Indonesia. Tapi, produsen pembuat boneka kayu miniatur yang bisa lo custom dan dengan kualitas yang oke seperti KayaKayu, cukup jarang terlihat di pasaran. Makanya produk dari KayaKayu ini harus lo cek, Urbaners. Terutama buat lo yang ada rencana mau bikin souvenir acara spesial, seperti ulang tahun, wisuda, atau pernikahan. Simak dulu yuk kisah di baliknya!

 

Terinspirasi dari Boneka Jepang

Boneka Kokeshi khas Jepang bisa dimodifikasi dengan budaya Indonesia oleh KayaKayu.

Tercetusnya ide dari sang pendiri KayaKayu, Indra Audipriatna untuk membuka bisnis ini di tahun 2015 cukup simple, Urbaners. Yaitu, hanya karena nggak sengaja menemukan boneka kayu khas Jepang, Kokeshi di rumahnya.

“Memang dulu waktu masih kuliah, aku pernah dapat proyek bikin souvenir untuk acara yang ada tamu dari Jepang. Saat itu, aku buat boneka Kokeshi dengan desain tokoh Cepot. Nah, pas nemuin hasil karya lamaku ini, langsung ingin coba meneruskannya sebagai usaha,” aku Indra.

Awalnya Indra hanya ingin menjual boneka polos saja, tanpa warna, desain, ataupun karakter wajah. Tapi, ketika launching pertama KayaKayu pada acara sekolah homeschooling di Jakarta, ternyata banyak yang mampir ke booth KayaKayu untuk request boneka kayunya dihias dengan beraneka bentuk. Mulai dari baju yang dia pakai hingga gambar karakter games. Melihat minat pasar yang tertarik dengan boneka kayu yang dihias, ia pun mengubah konsep bisnisnya.

 

Setiap Boneka KayaKayu adalah Custom

Karena custom order, jadi setiap boneka punya keunikan sendiri.

Saat ini varian produk yang dijual KayaKayu adalah boneka polos, painting kit (berisi boneka polos dan perlengkapan melukisnya), dan boneka kayu custom yang bisa didesain sesuai permintaan customer.

“Hampir 90% penjualan KayaKayu adalah custom order. Jadi, customer mengirim foto orang yang mau dibuat. Nanti kami akan buatkan bonekanya sesuai foto,” kata Indra.

Biasanya, customer memesan boneka kayu ini untuk kado eksklusif bagi orang-orang terdekat, seperti pacar, orang tua, atau sahabat. Tapi, banyak juga lho, yang pesan buat acara wisuda, anniversary, seminar, atau acara perpisahan!

“Pesanan yang lagi ramai sekarang ini adalah untuk acara perpisahan kantor. Yang seru itu, karena profesinya macam-macam, jadi bonekanya juga beragam bentuk. Ada yang boneka karakter polisi, dokter, teknisi, lawyer, pilot, sampai pernah foto orang, tapi dengan kostum tokoh Naruto,” cerita pria kelahiran 1988 ini.

Produknya bisa untuk souvenir wisuda, perpisahan, hingga anniversary.

Dengan konsep produknya yang exclusive handmade gift, maka setiap boneka kayu yang diproduksi KayaKayu adalah unik dan one of a kind. Jadi, kalau Urbaners pesan boneka miniatur kayu dengan detail yang spesifik, dijamin boneka itu hanya ada satu-satunya, nggak ada yang bisa samain.

Harga setiap boneka pun berbeda-beda, tergantung tingkat kesulitan pembuatan, detail desain, warna, dan ukiran yang diinginkan. Harga termurahnya adalah Rp20.000,- sedangkan boneka termahal KayaKayu mencapai harga Rp750.000,-.

“KayaKayu bisa bersaing hingga sejauh ini karena kami menjaga kualitas dari eksklusifnya boneka karya kami. Kerapian pewarnaan dan detail pakaian sesuai dengan pesanan. Sehingga, itu yang bikin akhirnya customer bilang,’Wajar sih, mahal kalau detailnya sampai kayak gini!’" jelas Indra.

KayaKayu juga menerima permintaan untuk workshop membuat boneka kayu lho, Urbaners. Fee workshop-nya tergantung jumlah peserta dan jenisnya. Jadi, kalau lo ingin mencoba membuat boneka sendiri untuk hadiah pacar dan teman, lo bisa ikutan workshop-nya KayaKayu.

 

Semua Diproduksi Sendiri

KayaKayu membuat boneka kayu secara handmade dan didesain sendiri oleh owner-nya.

Setiap produksi boneka miniatur KayaKayu dilakukan sendiri oleh Indra. Mulai dari desain, mengukir, hingga mewarnai. Tentu saja dia dibantu sama beberapa karyawan yang bertugas memotong dan mengamplas kayu, serta memberikan warna dasar. Bahan dasar boneka kayu KayaKayu adalah kayu mahoni. Kayu jenis ini dipilih Indra karena kuat, ringan, serta terbukti awet.  

Untuk proses produksinya, dimulai dari memilih kayu yang lebarnya mendekati dengan diameter boneka. Kemudian dipotong seukuran tinggi boneka yang diinginkan. Lalu dibubut dan diamplas untuk mendapatkan bentuk boneka polosnya. Setelah itu, boneka dihias dengan sketsa pensil, blok warna, dan detail gambar wajah atau karakter.

Saat ini, pemasaran boneka KayaKayu sepenuhnya masih melalui akun Instagram mereka, @kayakayu_ind dan mereka nggak menggunakan jasa e-Commerce, Urbaners. Soalnya pembuatan bonekanya custom, jadi prosedur pembeliannya harus dari customer-nya langsung, nggak bisa diwakilkan oleh pihak lain.

Meski hanya lewat Instagram tapi nggak menghambat usaha KayaKayu untuk berkembang pesat. Berbasis di Bandung, penjualan KayaKayu bisa ke seluruh Indonesia, mulai dari Aceh sampai Papua. Ada juga lho, yang memesan untuk dibawa hingga ke luar negeri, Urbaners!

“Pernah dibawa untuk ke Jerman, Prancis, bahkan Jepang juga pernah. Padahal saya memodifikasi boneka khas Jepang untuk usaha ini, hahaha,” tutup Indra sambil tertawa.

 

Stay Sane With #MumpungLagiDirumah

Tue, 19 May 2020
Stay Sane With #MumpungLagiDirumah

Seperti di-reset, Bumi dan isinya seakan sedang menata ulang. Bekerja dari rumah, berjualan dari rumah, berolahraga dari rumah sampai belajar dari rumah. Bosan? Tidak bisa dipungkiri. Sudah beberapa bulan seluruh dunia dipaksa untuk melakukan segala hal dari rumah untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Meskipun bisa berkomunikasi dan melakukan semuanya secara virtual, namun sebagai makhluk sosial lo pasti merasa ada sesuatu yang kurang. Sabar, Bro, this too shall pass! Sambil menunggu keadaan kondusif, MLDSPOT akan memberikan lo banyak banget acara virtual yang seru dengan #MumpungLagiDirumah.

Semangat MLDSPOT yang selalu memberikan konten-konten inspiring kali ini dibalut dengan tema besar yang bernama #MumpungLagiDirumah. Tujuannya untuk merangkul lo semua untuk lebih menikmati masa kritis ini. Karena di balik kegelisahan dan kepanikan, tanpa lo sadari masih banyak hal yang bisa lo nikmati saat #MumpungLagiDirumah seperti berkumpul bersama keluarga, merefleksikan diri, atau bahkan menemukan hobi baru. Nah, #MumpungLagiDirumah akan menemani kegiatan lo selama PSBB dengan berbagai konten positif to keep you stay healthy and sane.

Banyak banget hiburan dan aktivitas menarik yang akan disajikan MLDSPOT lewat #MumpungLagiDirumah. Mulai dari penggalangan dana untuk para garda depan penanganan Covid-19, photo contest, sampai live-music yang akan diselenggarakan di media sosial MLDSPOT. Tidak hanya menghibur dan mendapatkan konten yang inspiratif, lo juga berkesempatan mendapatkan hadiah total jutaan rupiah pada setiap acaranya. Penasaran akan ada apa saja? Stay tune di Instagram @MLDSPOT ya, Bro!

Ssst... Lo juga bisa berpartisipasi untuk nge-share kegiatan seru #MumpungLagiDirumah versi sendiri lho! Apa nih kegiatan seru yang lo lakukan?