• News
  • Mahasiswa Institusi Seni Yogyakarta Yang Mendunia di Bidang Space Science

Mahasiswa Institusi Seni Yogyakarta Yang Mendunia di Bidang Space Science

Thu, 15 March 2018

Butuh Inspirasi dan Motivasi di zaman yang makin kompetitif ini? Venzha Christ menjadi salah satu sosok yang sangat menginspirasi dan memotivasi nih, Urbaners.  Karena ketekunannya mendalami bidang yang ia gemari yaitu space science, sekarang ia sudah banyak bekerja sama dengan berbagai institusi dari berbagai Negara pula. Pada episode MLDSPOT TV Episode 5 ini, masih banyak yang akan dibahas selain Venzha Christ, ada juga Kallestory yang merupakan produk kacamata lokal dari kayu, kapal Pinisi dan komunitas Toy Photography.

 

Kallestory, Produk kacamata loka berkelas internasional

Kallestory muncul diantara brand-brand kacamata dengan berbagai model yang menarik, membuat tampilan pengguna kacamata unik ini makin trendy. Brand lokal ini dipelopori oleh Cliff Yusron dan berbasis di Yogyakarta. Kallestory menggandeng para seniman kriya dan bahan utaman produknya adalah kayu.

 

Komunitas Toy Photography Indonesia, Tempat Asyik Kumpul dan Memotret Mainan Objek Mini

Merupakan warna baru dalam dunia photography. Bukan memotret alam atau model, Toy Photography justru mengabadikan gambar mainan. Toy photography juga bisa dijadikan cara baru untuk bermain dengan koleksi mainan. Awalnya hobby, akhirnya menemukan komunitas. Dadam, pendiri Toy Photography ini sempat mengikuti event-event yang ada di media sosial. Dari situ ia menemukan teman-teman yang memiliki ketertarikan yang sama. Dari membuat group chat sampai akhirnya terbentuklah komunitas di tahun 2013.

 

Venzha Christ, Pegiat Space Art Asal Indonesia yang mendunia

Venzha Christ, seorang pegiat Space Art asal Indonesia yang kini mendunia. Sosok salah satu pendiri The House of Natural Fiber (HONF). Sejak kecil, pria asal Yogyakarta ini memang sudah tertarik dengan space science. Menurut Venzha, space science adalah sesuatu yang bisa diamati dari luar bumi dan apa yang bisa dipelajari dari pengamatan tersebut. Tak sekedar tertarik, dirinya juga menekuni bidang yang disukainya itu dengan sungguh-sungguh. Hingga akhirnya, Venzha dapat bekerja sama dengan institusi dari berbagai negara. Termasuk institusi yang bergerak di bidang space science di Taiwan. Walaupun sudah memiliki banyak pencapaian dan nama yang mendunia, Venzha Christ ingin melihat generasi muda Indonesia juga bisa maju di bidang space sience.

 

Cari Tau Rahasia Gagahnya Kapal Pinisi di Tempat Asalnya!

Sebagai negara kepulauan, kapal laut dan perahu menjadi salah satu transportasi utama di Indonesia. Makanya, Indonesia dikenal sebagai pembuat kapal yang tangguh. Dan salah satu kapal tradisional Indonesia, tepatnya dari suku Bugis, yaitu Kapal Pinisi sangat terkenal dan mendunia. Kapal pinisi termasuk dalam jenis kapal layar yang dahulu biasa digunakan sebagai kapal dagang. Kapal yang terbuat dari kayu ini sudah dikenal dunia dan menjadi satu-satunya kapal kayu yang mampu mengarungi lima benua. Mulai dari berlayar ke Vancouver, Kanada, Samudera Pasifik, Madagaskar, hingga Jepang.

Nah, mau tau versi lengkap konten-konten yang menginspirasi ini, Urbaners? Kalau gitu jangan lupa menontonnya di NET. hari Minggu, 18 Maret 2018 pukul 22.00 WIB. Nantinya juga akan ada performance dari musisi-musisi Indonesia, dan kuis yang berhadiah total jutaan rupiah! Stay tuned and get yourself inspired!

Melihat Lebih Luas Dunia Menyelam yang Tidak Hanya Itu-itu Saja

Wednesday, February 12, 2020 - 13:44
Dua penyelam sedang sweeping di bawah laut untuk mengumpulkan sampah

Tidak ada yang menandingi keindahan bawah laut Indonesia. Setuju nggak, Urbaners? Namun salah satu objek wisata utama tersebut juga mengundang efek negatif, yakni sampah. Tidak hanya di tepi pantai, tetapi juga dasar laut. Melihat kondisi tersebut, para divers di Indonesia tidak tinggal diam. Seperti Divers Clean Action yang kerap sweeping kebersihan bawah laut Indonesia. Inilah salah satu yang digali lebih dalam di MLDSPOT TV Season 5 Episode 13. Dengan tema "Beyond Diving". Lo akan menemukan banyak fakta dibalik olahraga selam tersebut. Ssst.. ada juga ulasan tentang mermaid cantik yang menekuni dunia freediving, lho!

 

Divers Clean Action: Solusi Para Penyelam Akan Sampah Laut

Divers Clean Action: Solusi Para Penyelam Akan Sampah Laut

Sampah merupakan salah satu masalah utama di Indonesia. Nggak hanya di darat, tetapi juga dasar laut. Menanggapi hal ini, para divers tidak mau berdiam diri. Seperti aksi nyata Divers Clean Action, sebuah LSM dan komunitas anak muda yang berfokus pada masalah sampah laut. Kepedulian mereka terhadap laut membuat diving nggak terbatas pada kegiatan hiburan dan olahraga saja.

Secara aktif, mereka mengajak warga lokal pesisir beserta masyarakat umum untuk memerangi sampah lautan. Kegiatan pembersihan rutin yang dilakukan juga tidak hanya satu tempat, Urbaners, Divers Clean Action juga menyeleksi 70 volunteers per tahunnya dengan memberikan dana untuk mengembangkan program pembersihan laut di daerah masing-masing. Organisasi satu ini juga rajin 'bersuara' diberbagai seminar, workshop & konferensi seperti Youth Marine Debris Summit (IYMDS) 2017, YSEALI Marine Debris Expedition 2018, dan Our Ocean Youth Leadership Summit 2018 untuk menyampaikan visi misi mereka ke masyarakat luas.

 

Nikita Fima: Freediving Mengajarkan untuk Melepaskan Yang Tidak Perlu

Nikita Fima menggunakan t-shirt merah mertuliskan "Freediving Society"

Mermaid doesn't exist! Sepertinya kalimat sudah tidak valid lagi. Karena Nikita Fima seorang freediver wanita Indonesia ini memiliki keseharian menjadi mermaid atau freediver. Wanita cantik satu ini tidak menyangka akan menghabiskan hidupnya under the sea. Sebelum fokus di freediving, Nikita sebenarnya sudah sempat mencoba peruntungan di berbagai bidang lainnya, tetapi ia mengaku, dunia freedive membuat hidupnya lebih simpel dan menantang secara bersamaan. Nikita mengakui kalau bukan hanya kesehatannya saja, tapi cara pandang hidupnya juga ikut berubah karena pengajaran dan teknik pernapasan freediving. Nikita juga kerap mengikuti kompetisi seperti Indonesia Apnea Competition (IAC) dan Sabang International Freedive. Ajang IAC menjadi yang paling berkesan baginya, soalnya kenekatannya kala itu justru membuatnya menyabet gelar juara untuk 6 kategori. Dan sekarang, ia menekuni dunia tersebut dengan menjadi professional mermaid di Jakarta Aquarium, Neo Soho Mall dan juga membuka Jakarta Mermaid School yang merupakan sekolah mermaid berlisensi pertama di Indonesia.