Home Scoop MLDSPOT Instaclass Movie Talk, Pengalaman Berharga Dengan Para Ahli Perfilman
MLDSPOT Instaclass Movie Talk, Pengalaman Berharga Dengan Para Ahli Perfilman

MLDSPOT Instaclass Movie Talk, Pengalaman Berharga Dengan Para Ahli Perfilman

Tuesday, April 10, 2018 - 17:29
Bagikan
Facebook Twitter Email

MLDSPOT Instaclass balik lagi dengan tema Movie Talk, namun kali ini fokus pada movie directing dan script writing. Berlokasi di Kolega X Markplus Coworking Place Kuningan, acara yang diadakan pada 8 April 2018 ini berlangsung seru lho Urbaners. Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya, acara ini menghadirkan 2 pembicara yang ahli di dunia perfilman dan seorang mystery guest.

Acara ini dibuka dengan sapaan yang memancing semangat pagi oleh Trivet. MC yang memandu jalannya acara dari awal sampai selesai. Setelah sapaan disambung dengan memperkenalkan MLDSPOT dan acara Instaclass Movie Talk. Sesi berikutnya, diisi oleh para pakar di dunia perfilman yang nggak lupa diperkenalkan oleh Co-Founder Proud Project ini, lengkap dengan filmografi mereka.

 

Para Pembicara Membahas Movie Directing

Irfan Ramli hadir untuk berbagi ilmu tentang menulis naskah. Ia mempresentasikan tentang basic script writing yang menjadi salah satu sesi penting dalam acara ini. Ada 3 proses untuk mengembangkan sebuah naskah menurut Irfan Ramli, yaitu diawali dengan ide, pengembangan cerita dan pada akhirnya dikemas dengan penulisan. Nggak hanya teori, Irfan Ramli juga berbagi pengalaman menulis script dan awal mula ia terjun ke dunia perfilman.

Sementara untuk sutradara Andibachtiar Yusuf, ia lebih banyak berbagi pengalamannya yang inspiratif. Singkatnya menurut sutradara ternama ini, directing itu tentang bagaimana memvisualisasikan script atau tulisan, nah sutradara adalah orang yang memvisualisasikannya. Nggak hanya sekedar bercerita dan berbagi pengalaman, banyak pelajaran seputar dunia perfilman yang bisa di ambil dari apa yang disampaikan Andibachtiar Yusuf, yang tentunya mendapat respon positif para penonton.

 

Mystery Guest, Della Dartyan

Della Dartyan ikut hadir sebagai mystery guest dan menambah warna pada suasana acara MLDSPOT Instaclass Movie Talk. Ia bahkan melakukan reka ulang salah satu scene pada film Love For Sale dengan partisipasi salah satu audience untuk ber-acting bersama. Langsung diarahkan oleh sutradara Andibachtiar Yusuf, sesi ini makin hidup dan menambah keceriaan acara ini.

 

Antusiasme Para Peserta

Antusiasme para audience yang hadir juga ikut menambah keseruan acara MLDSPOT Instaclass Movie Talk. Para peserta juga memberi respon yang positif pada setiap sesi, apa lagi sesi yang langsung melibatkan para penonton seperti quiz berhadiah, yakni reka ulang  adegan Love For Sale dan challenge dari para speakers. Nggak hanya itu, Trivet juga membatu para audience untuk kembali fresh pada pertengahan acara ini dengan melakukan gimik. Peserta yang hadir pun nggak hanya dari Jakarta saja urbaners, beberapa diantaranya datang jauh-jauh dari luar Jakarta salah satunya ada yang datang dari Aceh, lho.

Hampir di penghujung acara, Irfan Ramli dan Andibachtiar Yusuf memberikan tantangan di acara ini. Para audience dibagikan selembar kertas yang akan menjadi pitch form untuk membuat sebuah cerita. “Gampangnya gini aja, bayangkan kita kehabisan ide nih, nah kalian bantu kasih kita ide cerita”, begitu penjelasan kedua speakers untuk para audience.

Acara ditutup dengan mengumumkan pemenang challenge. Dari banyak peserta yang hadir, terpilih 5 orang yang menjadi pemenang challenge ini. Nah, nggak hanya itu, ternyata dipilih lagi 3 pemenang beruntung yang bisa membawa pulang hadiah jam tangan dari Lima Watch. 3 pemenang ini langsung dipilih oleh Andibachtiar yusuf, Irfan ramli dan Della Dartyan. Urbaners, itu dia serunya acara MLDSPOT Instaclass Movie Talk: The Art Of Directing kali ini. Para audience pun berharap acara ini dapat diselenggarakan kembali kedepannya.