• News
  • Pandulisane, Komunitas Baru yang Ingin Tingkatkan Akses Disabilitas

Pandulisane, Komunitas Baru yang Ingin Tingkatkan Akses Disabilitas

Sat, 26 October 2019

Urbaners, tahu nggak? Menurut WHO, di tahun 2011 ada sekitar 15% penduduk dunia yang menyandang disabilitas atau difabel (different ability). Sementara itu, menurut data PUSDATIN dari Kementerian Sosial, pada 2010, jumlah penyandang disabilitas di Indonesia mencapai lebih dari 11 juta orang. Belum terkonfirmasi berapa jumlah itu di tahun 2019 ini, tapi yang jelas jumlah itu angka yang tinggi, lho!

Nah, apakah lo memiliki teman atau keluarga penyandang disabilitas? Kalau iya, pastinya lo setuju bahwa diperlukan pengetahuan khusus agar dapat berinteraksi dengan mereka mengingat teman-teman difabel membutuhkan perlakuan dan penanganan tertentu.

Sayangnya, nggak semua orang punya pengetahuan itu, bukan? Kadang sebagai keluarga atau orang terdekat saja, lo mungkin berasa bingung, sungkan, dan ragu bertindak karena takut melukai hati mereka.

Terinspirasi dari problem tersebut, anak-anak muda di Jakarta pun mendirikan komunitas Pandulisane. Apa aja sih kegiatan komunitas ini?

Para relawan Pandulisane yang menyebut diri mereka hopekeeper, berfoto bersama setelah kegiatan mereka

 

Pandu Tuli Daksa Netra

Pandu Wicaksono, founder Pandulisane, telah lama mempunyai concern terhadap penyandang disabilitas. Berawal dari seringnya ia menjadi penerjemah bahasa isyarat untuk para difabel, ia semakin paham bahwa ada jarak antara perlakuan yang dibutuhkan oleh para penyandang disabilitas dengan yang diasumsikan oleh orang-orang non-disabilitas. Gap ini seringkali terjadi karena kurangnya pengetahuan dan interaksi masyarakat dengan satu sama lain.

 

Pandu Wicaksono dalam sebuah acara sedang mensosialisasikan tentang komunitas rintisannya

Nama Pandulisane sendiri merupakan singkatan dari Pandu Tuli Daksa dan Netra. Nama komunitas yang berdiri pada Mei 2018 ini, menyiratkan keinginan mereka untuk menjadi wadah belajar bagi siapapun yang berniat memandu teman tuli, daksa dan netra. “Dengan belajar mengenai disabilitas, kita bukan hanya membantu orang lain, tapi juga membantu diri kita sendiri untuk bertumbuh,” begitu ungkap Pandu.

Melalui tagline #HelpPeopleHelpYourself, Pandulisane mulai menginisiasi kelas-kelas terbatas yang memberikan experience untuk memahami para difabel dan pembekalan cara terbaik berinteraksi dengan mereka. Misalnya nih, kalau lo sering kagok bertemu dengan teman tuli karena nggak tahu gimana cara bicara dengan mereka, dengan gabung di Pandulisane, lo bisa diajarin teknik dasar bahasa isyarat yang bisa melancarkan komunikasi dengan mereka.

 

Aksi Motoin Akses

Pandulisane juga sering ngadain kegiatan-kegiatan kreatif yang bermakna bagi para difabel. Salah satu kegiatan itu adalah aksi “Motoin Akses” yang baru di-launching pada bulan September 2019. Mereka mengajak orang-orang untuk menjadi relawan mendokumentasikan akses dan fasilitas bagi para penyandang disabilitas.

Siapa saja bisa berpartisipasi dalam aksi #motoinakses nya Pandulisane lewat aplikasi campaign.id

Lo mungkin udah tahu kalo sampai saat ini, pemerintah udah nyediain berbagai akses dan fasilitas buat para difabel ini. Misalnya, kalau lo ngeliat jalur berwarna kuning di trotoar dan signage atau papan nama petunjuk rute dan arah, itu adalah dua contoh akses untuk difabel tuna netra. Sedangkan kalo lo lihat ada turunan tanpa undakan di sebelah tangga, dan spot kosong di kereta atau MRT, itu adalah contoh fasilitas bagi kaum difabel untuk tuna daksa.

Tapi, nggak banyak orang tahu tentang hal itu, sehingga kadang akses-akses tersebut dirusak oleh mereka yang nggak ngerti. Akses fisik yang sudah ada tentu akan percuma tanpa akses non-fisik atau pemahaman dan kesadaran masyarakat akan akses tersebut.

Nah, melalui aksi motoin akses yang digagas Pandulisane, para relawan Pandulisane akan menyebarkan foto-foto akses fisik yang mereka temui ke media sosial. Harapannya, ini bisa menjadi corong sosialisasi agar akses fisik yang sudah ada tetap bisa terjaga dan pemanfaatannya bisa maksimal, Urbaners!

 

Kolaborasi untuk lingkungan Inklusif terbaik di Indonesia

Para penyandang disabilitas menggunakan akses entrance dalam acara MRTbility yang digagas MRT Jakarta dengan melibatkan komunitas Pandulisane.

Pandulisane bercita-cita merealisasikan impian para penyandang disabilitas, yaitu terwujudnya lingkungan inklusif bagi mereka di Indonesia. Pandulisane memulai usaha itu dengan mengenalkan dunia disabilitas kepada masyarakat umum. Dalam kegiatannya, mereka nggak tanggung-tanggung merangkul dan dirangkul oleh berbagai komunitas lainnya. Pandulisane yakin bahwa kolaborasi dan sinergi itulah yang akan membawa mereka menuju target tujuan mereka.

Yakin deh, kalau banyak komunitas inspiratif kayak Pandulisane ini, Indonesia bakal lebih baik lagi kedepannya. Gimana menurut lo, Urbaners?

Anyway, kalau lo tertarik untuk ikutan kegiatan Pandulisane, mereka biasanya membuka kesempatan buat lo yang  jadi hopekeeper, atau relawan dalam mencapai tujuan lingkungan inklusi. Kepoin mereka di IG @pandulisane, ya!

#MauLagiDimanapun - Join Video Competition Cerita Momen Gowes Lo di #MLDSPOTNEWNORMALRIDE!

Tue, 01 September 2020
join video competition #MLDSPOTNEWNORMALRIDE dan menangkan hadiah puluhan juta rupiah

 

Fase new normal tidak berarti membuat lo berhenti berinovasi dengan segala keterbatasan dan kebiasaan baru yang mesti lo terapkan. Justru fase new normal adalah sebuah tantangan baru buat lo untuk terus melahirkan karya yang menginspirasi banyak orang.

Bicara soal tantangan dan karya yang menginspirasi, sejauh ini sudah berapa banyak tantangan yang lo hadapi terkait fase new normal ini? Sudah ada karya apa saja yang lo hasilkan dari berbagai keterbatasan dan kebiasaan baru sekarang ini?

Eits, tidak perlu lo jawab sekarang karena sebenarnya, masih ada tantangan yang perlu lo hadapi dari MLDSPOT nih. Seperti yang sudah diberitahu beberapa waktu lalu, adanya peralihan fase dari #MumpungLagiDirumah ke #MauLagiDimanapun, tentu membawa semangat baru buat lo!

 

Fase Baru Dari MLDSPOT: #MauLagiDimanapun

Segala keterbatasan atau kebiasaan baru yang memang mau tidak mau mesti lo hadapi dan lo terapkan, ini tentu tidak jadi halangan buat lo untuk terus produktif, aktif dan tentu terus menginspirasi banyak orang. Oleh karena itu, #MauLagiDimanapun adalah waktunya lo bergerak maju!

Terkait dengan semangat dan tantangan baru dari #MauLagiDimanapun – MLDSPOT menggelar video competition yang akan diadakan di Instagram MLDSPOT. Seperti yang sudah pernah disebutkan sebelumnya, kompetisi video ini akan mengangkat tiga tema yaitu ride, homecooking dan entrepreneur.

Untuk tema pertama yang akan digelar, ride atau sepeda – jadi tantangan pertama yang bisa lo hadapi dalam waktu-waktu ini. Biar lo semakin semangat, lo bisa mendapatkan berbagai hadiah menarik dan total uang jutaan rupiah! Sudah semakin nggak sabar, kan?

 

#MauLagiDimanapun – #MLDSPOTNEWNORMALRIDE

 

Tren gowes sepeda kembali muncul ke permukaan lagi terkait fase new normal ini. Hal ini berkemungkinan dikarenakan oleh sepedaan adalah salah satu jenis olahraga yang ber-social distancing. Tidak mungkin juga kalau lo gowes sepeda berdempetan dengan yang lainnya, kan?

Tren gowes ini juga diwarnai oleh banyak hal nih, salah satunya adalah sepeda fenomenal yang sempat membuat geger banyak kalangan karena harganya sempat dinilai overprice untuk sebuah sepeda. Apalagi kalau bukan Brompton.

Tapi tren gowes ini bukan hanya untuk mereka yang pakai Brompton saja, lho. Banyak sepeda-sepeda dengan merk lokal yang digunakan banyak orang. Bahkan, banyak merk lokal yang dinilai kualitasnya juga mumpuni dan tidak kalah dengan merk lainnya.

 

By the way, buat lo yang sudah lama menekuni dunia sepeda, pasti lo punya banyak cerita menarik dari hobi seru yang lo jalani ini. Misalnya, transformasi dari apa jenis sepeda lo punya di awal mulai hobi ini, sampai sepeda apa yang sekarang lo punya. Pasti di setiap perubahan itu, ada cerita menarik buat lo ceritain ke banyak orang!

Atau jangan-jangan lo pernah dapat gebetan karena sama-sama berada di toko aksesoris sepeda, nih? Atau bisa jadi lo punya cerita menarik setiap sepedaan jarak jauh, misalnya seperti menemukan hidden gem, atau apapun. Kita percaya lo punya banyak banget cerita menarik soal lo dan sepeda lo ini.

Nah, terkait dengan tren gowes sepeda, MLDSPOT dari #MulaiLagiDimanapun bisa membuat lo semakin produktif, nih. Caranya adalah dengan join video kompetisi dengan tema sepeda! Gampang banget, lho cara buat ikutannya.

Di video yang akan lo buat ini, lo tinggal rekam dan ceritakan hal-hal menarik selama lo sepedaan. Jangan lupa di dalam video tersebut, pastiin visualnya kece ya! Kita percaya sama taste visual video lo, kok! Pasti keren!

Biar makin jelas bagaimana cara buat ikutannya, lo perlu ketahui dulu terms and condition yang ada:

 

1. Peserta wajib follow IG @MLDSPOT untuk mengikuti #MLDSPOTNEWNORMALRIDE.

2. Instagram dalam keadaan tidak diprivate (lock).

3. Peserta hanya boleh submit 1 video.

4. Video submission harus menggunakan hashtag #MauLagiDimanapun dan #MLDSPOTNEWNORMALRIDE pada caption.

5. Video yang diupload wajib mention @MLDSPOT dan 3 orang teman.

6. Video berdurasi maksimal 1 menit.

7. Video submission boleh disertai narasi berupa suara ataupun hanya dengan teks tulisan.

8. Video dapat direkam menggunakan device apapun (kamera handphone ataupun kamera digital).

9. Peserta dibebaskan menggunakan software apapun dalam mengedit video.

10. Penilaian video berdasarkan kreativitas dalam bercerita yang didukung dengan pemilihan visual yang menarik.

11. Periode submission dari tanggal 1 – 15 September 2020. Peserta yang men-submit video lebih awal memiliki kesempatan menang lebih besar.

12. Video submission harus sepenuhnya footage asli milik peserta. Jika tidak dapat membuktikan keaslian footage tersebut, peserta akan didiskualifikasi.

13. Video yang mengandung unsur SARA akan didiskualifikasi secara langsung.

14. Pengumuman pemenang dapat dilihat pada IG @MLDSPOT pada tanggal 30 September 2020.

15. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

 

Nah, dari terms and condition yang sudah ada, tentu lo sudah paham semuanya, ya. Pastikan cerita dan visual yang ada di dalam video lo itu menarik dan tentunya menggelitik para juri nih! Jadi kesempatan lo buat menang tentu semakin besar.

Bicara soal kemenangan, pasti ada hadiah yang sudah lo nanti. Di video kompetisi #MauLagiDimanapun - #MLDSPOTNEWNORMALRIDE – lo bisa memenangkan hadiah yang luar biasa menarik:

 

  • Juara 1 akan mendapatkan hadiah berupa voucher Blibli sebesar Rp 5.000.000
  • Juara 2 akan mendapatkan hadiah berupa voucher Blibli sebesar Rp 2.000.000
  • Juara 3 akan mendapatkan hadiah berupa voucher Blibli sebesar Rp 1.000.000

 

Wah bagaimana, benar-benar luar biasa kan hadiahnya? Kalau sudah begini, tidak ada alasan lagi untuk lo tidak ikutan video kompetisi #MauLagiDimanapun - #MLDSPOTNEWNORMALRIDE !

Langsung saja cek Instagram @MLDSPOT buat ikutan video kompetisi ini! Good luck, bro!