Home Scoop Sensasi Mengelilingi Sungai di Banjarmasin Dalam Waktu 1 Hari
Sensasi Mengelilingi Sungai di Banjarmasin Dalam Waktu 1 Hari

Sensasi Mengelilingi Sungai di Banjarmasin Dalam Waktu 1 Hari

Tuesday, December 18, 2018 - 13:37
Bagikan
Facebook Twitter Email

Siapa bilang liburan menyenangkan harus dilakukan berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Meski lo hanya punya satu hari, lo tetap bisa berlibur dengan menyenangkan asal tau caranya, Urbaners. Salah satu tempat menarik yang bisa lo jelajahi dalam satu hari adalah sungai Banjarmasin. Mengelilingi sungai di Banjarmasin dari atas perahu, lo bisa mengunjungi spot-spot menarik berikut ini dalam waktu satu hari aja!

 

Berbelanja di Pasar Terapung Lok Baintan

Berbelanja di Pasar Terapung Lok Baintan

Kalau mau berkunjung ke pasar ini tentunya lo harus datang mulai dari pagi-pagi buta. Minimal jam 4 pagi lo udah siap untuk jalan ke salah satu dermaga kecil yang ada di dekat Taman Siring 0 Km. Dari sini lo bisa mulai perjalanan lo menelusuri sungai-sungai di Banjarmasin. Dengan menyewa perahu seharga Rp350.000, lo bisa menjelajah beberapa area di Banjarmasin lewat sungai.

Perjalanan dengan perahu akan dimulai dengan melewati Sungai Martapura. Di sini lo akan melihat banyak pemandangan menarik, misalnya penduduk yang berenang di depan rumah terapung mereka, Setelah satu jam perjalanan, lo akan sampai di Sungai Pinang, tempat Pasar Terapung Lok Baintan.

Berbelanja di Pasar Terapung Lok Baintan

Saat sampai di Lok Baintan, perahu lo akan dihampiri perahu-perahu kecil para penjual yang berisikan dagangan mereka. Masing-masing penjual mengayuh perahu mereka sendiri. Barang yang dijual tentu tak berbeda dengan barang-barang yang dijual di pasar pada umumnya: sayur, buah, kue tradisional, bahkan makanan seperti nasi kuning, sate, gorengan dan oleh-oleh khas Banjarmasin juga bisa lo temukan di sini. Sempatkan berbelanja di sini, Urbaners! Kapan lagi lo bisa merasakan sensasi belanja di pasar yang lain daripada yang lain. Apalagi Lok Baintan hanya ramai di saat musim panen, jadi saat lo mampir ke sini, jangan lewatkan kesempatan untuk berbelanja.

 

Menjelajah Pulau Kembang

Berbelanja di Pasar Terapung Lok Baintan

Sehabis berbelanja di Lok Baintan, saatnya berkunjung ke Pulau Kembang. Masih di atas kapal yang sama, kali ini lo akan diajak untuk menelusuri Sungai Barito. Sungai ini bisa diibaratkan sebagai jalan protocol karena hampir semua kapal mulai dari kapal kayu, speed boat sampai kapal pesiar yang besar melintas di sini, Urbaners. Selain bisa merasakan berperahu di tengah-tengah berbagai kapal, lo juga harus bersiap saat perahu lo melintas di bawah jembatan. Soalnya jarak antara perahu dan jembatan tipis banget sampai-sampai lo harus tiarap di dalam perahu agar perahu tersebut bisa melintasi kolong jembatan!

Berbelanja di Pasar Terapung Lok Baintan

Selama 35 menit lo akan diajak menyusuri sungai Barito sebelum akhirnya sampai di Pulau Kembang. Saat sampai, lo akan langsung disambut monyet-monyet di sini. Di Pulau Kembang ini memang merupakan habitat monyet, Urbanes. Bahkan nggak ada penduduk yang tinggal di sini. Pengelolanya pun hanya berada di pulau ini dari pagi hingga sore hari. Jadi kalau lo datang ke Pulau ini, rasanya seperti punya pulau sendiri! Sambil menunggu senja di Pulau Kembang, lo bisa menikmati pemandangan hutan mangrove di sini.

Berbelanja di Pasar Terapung Lok Baintan

Gimana, Urbaners? Menjelajah sungai di Banjarmasin ini bisa jadi pilihan kalau lo nggak punya waktu yang cukup panjang untuk berlibur. Apalagi pemandangan dan pengalaman yang ditawarkan juga sangat berbeda dibanding berlibur di kota, pantai, atau gunung!