• News
  • Tirana Art and Kitchen, Kolaborasi Coffee Shop dan Galeri Seni

Tirana Art and Kitchen, Kolaborasi Coffee Shop dan Galeri Seni

Fri, 30 August 2019
Salah satu spot favorit pengunjung di Tirana art and kitchen

Di berbagai kota besar di Indonesia, pertumbuhan jumlah coffee shop terus berlipat. Kalau dulu cuma dipakai sebagai tempat ngopi, sekarang coffee shop juga berfungsi sebagai tempat ngumpul bersama teman atau bekerja secara remote.

 

Urbaners, buat lo yang nyari sensasi berbeda, lo bisa mengunjungi Tirana Art and Kitchen di Yogyakarta. Berbeda dari kedai biasanya, Tirana mengawinkan konsep antara kedai kopi dengan galeri seni independen. Asyiknya lagi, lo juga bisa mengikuti berbagai kegiatan seni di

sini, seperti pameran lukisan dan workshop! Gimana perjalanan Tirana Art and Kitchen menjadi coffee shop yang menjunjung tinggi nilai seni? Simak cerita lengkapnya, Urbaners!

 

Berawal dari Bisnis Fashion, Beralih ke Coffee Shop

Tirana Art and Kitchen kerap dijadikan galeri seni rupa, tempat meeting, hingga spot pameran

 

Tirana Art and Kitchen mulai beroperasi tahun 2017. Berawal dari lesunya bisnis fashion yang sebelumnya dijalani, owner kemudian melihat peluang lebih besar untuk membuka bisnis coffee shop yang sedang berkembang pesat di Yogyakarta.

 

Nggak ingin jadi sebuah coffee shop yang biasa-biasa saja, Tirana coba menggabungkan konsep coffee shop dengan unsur seni di dalamnya. Pelan-pelan, kafe yang terletak di Jalan Suryodiningratan No 55 Yogyakarta ini menjadi salah satu spot favorit yang kerap dikunjungi kaum muda untuk mengerjakan tugas kuliah atau sekedar berkumpul sambil minum kopi bersama teman-teman.

Nunuk Ambarwati, pengelola Tirana Art and Kitchen menjelaskan keunikan coffee shop ini adalah pengunjung dapat menikmati sajian kopi sekaligus mengikuti berbagai workshop dan berbagai kegiatan lain yang bersinggungan dengan dunia seni. Kegiatan seni yang ditawarkan

mulai dari pameran seni rupa, penjualan lukisan, diskusi film, hingga berbagai workshop praktis yang berhubungan dengan dunia seni.

 

Wadah Seniman Lokal Perkenalkan Karya

 

Kegiatan workshop tentang tenun Indonesia

Ada sebuah misi yang diusung oleh Tirana Art and Kitchen. Mereka paham bahwa Jogja selalu dikenal dengan kota yang kreatif dan penuh seni, juga ada banyak seniman lokal yang membutuhkan wadah untuk menampilkan karya-karyanya. Nunuk ingin, Tirana bisa membantu memperkenalkan seni ke publik yang lebih luas, dengan bahasa yang lebih umum dan mudah dimengerti oleh semua kalangan. Mengapresiasi seni bukan berarti harus ke museum atau galeri, tapi banyak karya seni yang sebenarnya indah dan nggak serumit yang dipikirkan orang.

Karena itulah, di Tirana Art and Kitchen, lo bisa melihat berbagai macam lokakarya yang mereka adakan. Lo bisa diajari tentang cara membuat tenun, ngobrol dengan pelukis lokal, diskusi film terbaru, dan bahkan ada juga kelas yoga, lho! “Dalam memadukan konsep antara coffee shop dan seni, memang awalnya ada beberapa kendala. Misalnya, jika materi workshop belum cukup familiar di masyarakat, biasanya jumlah partisipan jadi turun. Tapi, kami selalu semangat untuk memperkenalkan hal-hal baru buat warga Jogja,” ungkap Nunuk.

Nunuk memberikan ruang seluas-luasnya bagi para seniman yang ingin berkolaborasi dan memamerkan karya seninya di Tirana. Nggak cuma terbatas pada seniman profesional dengan jam terbang tinggi, Tirana justru lebih tertarik untuk menjadi mitra bagi seniman pemula dengan memberikan tempat untuk berkreasi dan memperkenalkan karyanya kepada publik dan

khalayak ramai. Nggak ada syarat khusus buat seniman yang ingin memamerkan karya di Tirana. Yang terpenting, karya seni mereka bisa dinikmati semua golongan dan seniman harus bisa menjalin hubungan baik dan saling kooperatif.

 

Berikan Pengetahuan tentang Cara Menyeduh Kopi

Pengunjung Tirana Art and Kitchen bisa belajar teknik menyeduh kopi sesuai selera

Tirana Art and Kitchen mempunyai satu ruang khusus bernama coffee corner. Lo bisa menemukan bermacam-macam varian kopi, mulai kopi Gayo, Toraja, Papua, Temanggung, Flores, Dampit hingga kopi Bali di sini. Selain menikmati berbagai varian kopi, lo juga bisa mencoba langsung teknik menyeduh kopi seperti teknik Rock Press Manual Brewing, French Press, Syphon dan Aeropress Manual Brewing. Nggak perlu khawatir atau bingung, tim barista dari Tirana siap membantu lo untuk berlatih sampai menemukan formula kopi yang sesuai selera.

Dari banyaknya hidangan menu makanan dan minuman, Nunuk merekomendasikan kudapan banana crispy dan gorengan tahu tempe yang jadi favorit para pengunjung. Sementara itu, untuk minuman, lo wajib cobain menu Cascara-nya. Cascara adalah minuman dari ekstrak kulit kopi yang diseduh dengan air hangat. Banyak orang mengenalnya dengan sebutan teh kopi. Cascara punya rasa sedikit asam dan disajikan dengan kayu manis sebagai penambah cita rasa kopi.

Buat lo yang tertarik berkunjung, Tirana Art and Kitchen buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai 12 malam. Yuk nikmati kopi favorit sambil mengapresiasi seni karya anak bangsa!

MLDSPOT TV Season 6 Hadir Dalam Format Baru

Mon, 03 August 2020
MLDSPOT TV Season 6 Hadir Dalam Format Baru

Berdiam diri di rumah bukan berarti tidak melakukan apa-apa, Bro! Banyak hal yang bisa lo eksplore meskipun dengan ruang yang terbatas. Seperti MLDSPOT TV Season 6 yang akan hadir dengan format baru. Pandemi global yang mengakibatkan masyarakat dianjurkan untuk diam di rumah, konten-konten MLDSPOT TV Season 6 pun nantinya akan diproduksi dari rumah, baik host maupun nara sumbernya. Meski begitu, tidak mengurangi insight dari setiap episode. Bahkan, pengulasannya lebih dalam dan detail.

Selain mendapatkan insight dan inspirasi menarik, lo juga berkesempatan untuk memenangkan voucher Blibli.com senilai Rp500.000, masing-masing untuk 3 (tiga) orang pemenang di setiap episode MLDSPOT TV yang tayang di .NET setiap Minggu, pukul 22.00 WIB. Seperti apa quiz mingguannya? Pantengin terus media sosial MLDSPOT!

 

TERMS & CONDITIONS

  1. Peserta harus merupakan warga negara Indonesia.
  2. Memiliki identitas diri yang masih berlaku (Kartu Pelajar/KTP/Paspor) dan berusia di atas 18 tahun, yang harus dapat dibuktikan pada saat verifikasi penentuan pemenang.
  3. Memiliki akun Twitter, Instagram, dan Facebook.
  4. Follow akun MLDSPOT:
  5. MLDSPOT TV Quiz berlangsung di akun Instagram MLDSPOT.
  6. MLDSPOT TV Quiz berlangsung selama hari Minggu-Rabu (4 hari).
  7. Cara ikutan:
    • Tonton MLDSPOT TV setiap hari Minggu, pukul 22.00 WIB di NET.
    • Jawab pertanyaan yang akan ditampilkan lewat akun Instagram MLDSPOT pada saat tayangan MLDSPOT TV di NET. berlangsung dengan sekreatif mungkin.
    • Menjawab pertanyaan di post Instagram: jawab di kolom komentar dengan menggunakan hashtag #QUIZMLDSPOTTVS4
    • Repost postingan MLDSPOT ke IG Story, dan mention 2 orang temen lo, dan simpan di highlight.
  8. Pemenang & Hadiah:
    • Akan ada 3 (tiga) pemenang per episode yang mendapatkan voucher Blibli.com senilai Rp500.000.
    • Pemenang akan diumumkan pada hari Jumat (2 hari setelah quiz berlangsung) di akun Instagram MLDSPOT.
    • Pemenang harus bersedia memberikan data diri lengkap (foto kopi KTP, SIM) untuk proses verifikasi hadiah melalui DM Instagram MLDSPOT.
    • Hadiah akan diproses setelah verifikasi data diri pemenang.
    • Jika pemenang tidak melakukan verifikasi data diri selama kurun waktu dua hari setelah pengumuman dilakukan, maka hadiah dianggap gugur.
    • Hadiah yang diberikan tidak dapat ditukarkan dengan barang lainnya/diuangkan/dipindahtangankan.
  9. Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat.
  10. Syarat dan ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.