Home Scoop Venue Spesial untuk Pengalaman Spesial

Venue Spesial untuk Pengalaman Spesial

Thursday, May 2, 2019 - 17:24
Bagikan
Facebook Twitter Email

MLDSPOT Intimate Sound mengunjungi venue-venue yang tidak biasa. Beberapa mengalami alih fungsi dari kesehariannya.

Salah satu hal menarik dari dunia pertunjukan adalah keberadaan venue yang memberi warna tersendiri dari pergelaran musiknya. Setiap tempat, pada dasarnya, bisa jadi venue musik. Tergantung dari yang buat pertunjukan mau mengulik atau tidak. Karena toh, di Indonesia, memang tidak banyak venue khusus musik yang bisa dijadikan tempat pertunjukan.

Ide dasar MLDSPOT Intimate Sound adalah menciptakan pengalaman menonton musik yang hangat, di mana penonton bisa mendengarkan lebih dari sekedar lagu yang dimainkan. Ada kisah-kisah di belakang layar yang dibagikan ke orang. Dengan sendirinya, menjadi nilai tambah yang coba diberikan oleh tur ini.

Ada beberapa faktor pendukung, salah satunya adalah keberadaan venue yang cocok dengan konsep. Terlebih, penontonnya memang tidak banyak. Kisarannya 100-200 orang dalam satu pertunjukan.

Di Surabaya dan Bandung, misalnya. MLDSPOT Intimate Sound mengubah gedung yang biasa digunakan untuk pesta pernikahan menjadi tempat pertunjukan yang intim. Jujur, nama kedua venue ini tidak familiar dengan publik lokal kalau urusan musik. Barn Event Hire di Surabaya dan Pavillion Function Point di Bandung, tidak masuk radar penyelengaraan musik. Padahal, seru kondisinya.

Alih fungsi terjadi di Langgeng Art Foundation (LAF) di Jogjakarta. Lokasi ini, sehari-hari adalah galeri seni rupa. Tercatat, beberapa kali LAF menjadi tuan rumah untuk pertunjukan musik. Tapi biasanya digelar di halaman tengah mereka yang terbuka dan berbatasan langsung dengan tetangga. Namun, di MLDSPOT Intimate Sound, yang terjadi adalah ruang karya mereka di lantai atas disulap menjadi gedung pertunjukan. Hebatnya lagi, peredam suaranya bagus sehingga tidak terdengar keluar ke jalan raya.

Di Jakarta, pertunjukan berlangsung di Balai Resital Kertanegara. Tempat ini eksklusif, biasanya hanya bisa diakses oleh para penikmat musik klasik. Tapi kali ini, jazz punya tempat untuk beraksi. Bagi yang menonton, jelas kesempatan untuk menjajal venue-venue yang tidak biasa ini, merupakan sebuah nilai lebih yang tidak sering didapatkan.

Harus diakui dan dicatat dengan jelas, bahwa venue-venue di MLDSPOT Intimate Sound kali ini, mampu meninggalkan cerita dan memori tersendiri bagi orang-orang yang berkesempatan datang di kota-kota yang dikunjunginya.