Home Scoop Windy Ganestya Masadhe: Tidak Ada Kata Stagnan Dalam Bermusik
Windy Ganestya Masadhe: Tidak Ada Kata Stagnan Dalam Bermusik

Windy Ganestya Masadhe: Tidak Ada Kata Stagnan Dalam Bermusik

Tuesday, February 20, 2018 - 14:58
Bagikan
Facebook Twitter Email

"Kompetisi ibarat seperti ujian nasional," itulah yang diungkapkan Adinda Windy Ganestya Masadhe yang merupakan pemenang MLDARE2PERFORM Season 3 kategori vocal. Penyanyi yang akrab disapa Windy ini memang sudah cukup melalang buana di dunia tarik suara. Sejak kecil ia sudah langganan menjadi juara nyanyi, bahkan kabarnya Windy akan mewakili Indonesia mengikuti kompetisi nyanyi se-ASEAN pada bulan Agustus nanti! Kini ia resmi sebagai salah satu personel MLDJAZZPROJECT Season 3. Yuk, kenal lebih dekat dengan wanita asal Malang satu ini!

 

Fokus dunia nyanyi sejak kecil

Windy yang memiliki suara lembut ini ternyata sudah fokus didunia musik khususnya vokal dari kecil, Urbaners. Sejak kelas 5 SD ia kerap memenangkan lomba tarik suara mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan, antar kota, sampai negara. Karena menurutnya sebuah kompetisi adalah ujian nasional yang harus bertahap dan meningkat jadi tidak ada kata stagnan di kamus hidupnya. Ia pernah menjadi peringkat pertama Akademi Fantasi Anak, 24 besar finalis Indonesian Idol pada tahun 2012 & 2014 dan Juara nasional Bina Radio Indonesia yang akan mewakili Indonesia mengikuti lomba nyanyi se-ASEAN pada Agustus mendatang.

 

Pemberi 'nutrisi' Windy dalam bermusik

Beruntungnya, Windy terlahir dari keluarga musik, ayahnya seorang musisi juga memiliki grup band jazz, kakaknya pun penyanyi, bahkan sang nenek dulu adalah penyanyi keroncong. Windy yang mengaku belajar vocal secara otodidak ini memang sudah terbiasa dengan lantunan lagu-lagu jazz, bahkan semasa kecilnya diisi dengan menemani ayahnya perform. Hal ini lah yang merupakan inspirasi terbesar Windy.

Selain keluarga, Windy juga selalu terinspirasi dengan musisi jazz wanita lainnya seperti Eliane Elias, Diana Krall, Ella Fitzgerald dan masih banyak lagi. Karya dan suara mereka seperti memberikan 'nutrisi' Windy dalam bermusik dan selalu sukses membuatnya terpacu untuk lebih baik lagi.

 

Manggung di Jakarta International Java Jazz Festival adalah salah satu impian

Awalnya Windy mengetahui kompetisi ini dari teman bermusiknya yang juga merupakan personel MLDJAZZPROJECT Season 1 yang berganti nama menjadi Adoria yakni Mikail. Ia menyarankan untuk Windy mengikuti MLDARE2PERFORM Season 3 kemarin, secara mendadak pada hari terakhir ia mendaftar dan lolos audisi sampai menjadi pemenang.

Windy sangat tertarik kompetisi ini karena melihat jurinya yang keren-keren banget, lalu ia juga ingin mengenal dunia baru dalam industri jazz dan memperdalam musik itu sendiri. Ada juga dorongan untuk mencoba lepas dari background orang tua dan memiliki karir musiknya sendiri. Tapi hal yang paling diinginkan dalam kompetisi ini nggak lain adalah bermain di festival jazz terbesar di Indonesia yakni Jakarta International Java Jazz Festival 2018! Hal ini adalah salah satu goal Windy dalam bermusik, yang akan menciptakan another goal yang tentunya lebih besar lagi!

 

Mendapatkan banyak pengalaman berharga

Meskipun masih terhitung baru dinobatkan menjadi pemenang MLDARE2PERFORM Season 3, tapi Windy mengaku bahwa telah mendapatkan banyak pembelajaran berharga. Mulai dari proses audisi, ia mendapatkan banyak masukan dari para juri, karena dengan begitu, Windy jadi mengetahui kekurangan dan kelebihannya dan dapat belajar memperbaikinya untuk meningkatkan kualitas musik yang ia punya. Setelah itu ia juga merasa beruntung berkesempatan 1 on 1 sharing session persama Syaharani kemarin, karena tidak hanya segi teknik, ia juga diberi masukan bagaimana totalitas diatas panggung, menghibur bukan hanya dari suara yang merdu, tetapi juga stage act yang memukau.

 

Bagaimana membangun chemistry dengan personil lainnya

Nah, kini Windy bukan hanya penyanyi solo, tetapi juga tergabung menjadi MLDJAZZPROJECT Season 3 bersama pemenang lainnya. Windy mengaku meskipun baru mengenal para personel lain, tetapi ia cukup nyaman bermain bersama mereka. Butuh waktu untuk mengenal secara personal setiap pribadinya, karena itulah setiap Windy datang ke Jakarta diusahakan mereka selalu melakukan aktivitas apapun bersama, mulai dari ngobrolin musik, latihan, nge-list lagu, sampai sesi curhat. Karena dari situ akan mengenal sifat mereka, bagaimana karakter masing-masing dalam bermusik, dan tentunya membuat semua terikat satu sama lain.

 

Harapan Windy bersama MLDJAZZPROJECT Season 3

Dengan menjadi MLDJAZZPROJECT Season 3 Windy berharap adanya peningkatan kualitas musik baik untuk dirinya maupun MLDJAZZPROJECT Season 3, dan semoga mandat yang telah diberikan bisa terus dijalankan dengan baik dan tentunya mengalami peningkatan. Selain itu, melihat musik jazz sudah lebih diterima masyarakat, besar harapan Windy untuk membuat anak-anak muda lebih terinspirasi dan meneruskannya dengan cara mereka sendiri.