Planking: Olahraga Paling Pasif Sedunia - MLDSPOT
  • Sport
  • Planking: Olahraga Paling Pasif Sedunia

Planking: Olahraga Paling Pasif Sedunia

Thu, 20 November 2014

Olahraga identik dengan kegiatan yang melibatkan pergerakan anggota tubuh. Sebut saja olahraga lari, renang atau bela diri yang bisa menguras tenaga dan keringat. Makanya, olahraga biasa dijadikan sebagai salah satu patokan aktif atau nggaknya seseorang. Tapi, ternyata ada juga, lho, olahraga yang dilakukan hanya dengan tidur-tiduran. Olahraga ini bernama planking.

Sesuai dengan namanya, planking adalah kegiatan menyerupai papan: tidur tertelungkup dengan posisi badan lurus. Sekilas, planking memang kurang menantang. Namun, Facebook page yang khusus dibuat untuk planking berhasil membuatnya menjadi jauh lebih menantang. Facebook page ini membuat planking menjadi semacam permainan dengan beberapa peraturan: badan telungkup dengan wajah menghadap ke bawah dan nggak berekspresi, posisi kaki lurus, posisi lengan lurus di sebelah kiri dan kanan badan, benar-benar menunjukkan diri sebagai “papan”, memfoto dan mengunggah foto planking ke media sosial, serta memberi nama untuk setiap foto planking yang diunggah.

Ternyata, orang-orang menganggap serius olahraga planking ini. Banyak orang yang mencari berbagai spot unik untuk dijadikan sebagai tempat planking. Semakin unik spot-nya, maka semakin bagus pula aksi planking tersebut. Penyebaran foto planking pun nggak hanya terbatas melalui Facebook saja, tapi juga merambah media-media sosial lainnya. Hal inilah yang membuat planking menjadi salah satu olahraga yang sukses menjadi fenomena viral.

Menggilanya planking turut diikuti oleh sejumlah artis kelas atas, seperti Katy Perry, Justin Bieber, Ellen Page, Chris Brown, Rosario Dawson, dan lain-lain. Nggak main-main, mereka melakukan planking di spot-spot yang nggak biasa. Katy Perry bahkan sampai rela menjadi putri duyung, lengkap dengan nuansa lautnya, demi menjalankan aksi planking ini.

Walau inti dari planking adalah tiduran dan meniru papan, namun planking memiliki kesan tersendiri bagi para penggiatnya. Mencari spot unik dan menjaga keseimbangan saat melakukan planking bisa menjadi tantangan yang menarik. Buat Urbaners yang berminat untuk melakukan planking, mungkin bisa hunting spot mulai dari sekarang. Yang penting, tetap utamakan keselamatan diri sendiri. Jangan mendadak punya ide gila untuk foto planking di puncak Monas, misalnya.

 

 

Planking Pioneer
Seorang komedian bernama Tom Green bisa disebut sebagai orang pertama yang melakukan planking. Dia melakukannya pada tahun 1994 di trotoar Ottawa. Dia tidur tertelungkup dan diam saja, sama sekali nggak bergerak. Pada tanggal 12 Juli 2011, Tom menge-tweet, “Just found video of me #planking in 1994. I will post in soon. Let people know. :)”. Sejak dia mem-publish foto itu, planking menjadi semakin populer.

Selain Planking
Ada pula berbagai pose foto populer lainnya yang mirip dengan planking. Salah satunya adalah “Hadoukening” atau “Makankosappo”, yaitu foto dengan pose khas dalam game “Street Fighter” dan manga “Dragon Ball”. Lainnya, ada pose “Owling”, di mana seseorang harus berfoto dengan pose mirip burung hantu. Buat para penggemar Batman, bisa juga mencoba “Batmanning”, yaitu berfoto dengan posisi kaki “menggantung” di udara.

Planking dalam Yoga
Planking juga dikenal sebagai salah satu bentuk posisi dalam yoga. Planking dilakukan dengan posisi badan lurus, seperti posisi push-up, dan bertumpu pada jari-jari kaki dan tangan yang membentuk siku-siku. Kalau dilakukan secara rutin dan serius, planking ini bisa membentuk otot dan memperkuat lengan.

Kenalan dengan Tom Brady: Atlet Footbal Handal Yang Baru Menang Superbowl!

Sat, 13 February 2021
Tom Brady

Buat lo yang menjadi pecinta dunia olahraga, pasti sudah nggak asing dengan acara final American football – atau yang lebih dikenal dengan Super Bowl. Kembali diselenggarakan di tahun 2021, Super Bowl ke-55 ini berhasil dimenangkan oleh tim football asal Florida – Tampa Bay Buccaneers.

Dilangsungkan di home stadium Buccaneers – tepatnya di Raymond James Stadium, Tampa, Florida – Buccaneers berhasil meraih skor akhir 31-9 melawan Kansas City Chiefs, yang merupakan pemenang Super Bowl tahun 2020.

Tapi, lo tahu nggak? Kalau kemenangan Buccaneers kali ini diklaim sebagai yang tersukses – apalagi, kalau bukan berkat salah satu quarterback tim tersebut, Tom Brady – all hail Brady! Nggak diragukan, Tom Brady memang disebut sebagai salah satu pemain ikonik dalam sejarah National Football League (NFL).

Kalau ngomongin soal Tom Brady emang nggak ada habisnya. Nah, biar lo nggak makin penasaran sama pemain legendaris yang satu ini – kita lanjut bahas di bawah ini yuk, bro!

 

Quarterback Dengan Performa Nyaris Sempurna di Usia 43 Tahun

Tom Brady

Credit Image – startribune.com

Ungkapan age is just a number – sepertinya sudah dibuktikan oleh Tom Brady. Memasuki usianya yang ke 43 tahun, Brady masih memiliki performa yang baik, bahkan disebut nyaris sempurna. Bahkan, ia sering disebut sebagai unbeatable player.

Well, pada umumnya pemain NFL akan mengajukan pensiun di usia 40 tahun. Tapi, sepertinya hal ini tidak berlaku pada Tom Brady. Yang ternyata masih punya semangat tinggi untuk terus berkarier dan bermain di season NFL. Semangat Brady emang nggak ada habisnya – ini wajib lo tiru, bro!

Lo pasti sudah tahu juga kalau Tom Brady telah lama berkecimpung di dunia football. Kesuksesannya ini berawal ketika ia dipilih oleh New Englang Patriots – Brady dipilih dalam NFL Draft ronde keenam di tahun 2000. Bersama Patriots, ia sudah bermain di 20 seasons NFL.

Setelah 20 tahun bersama New England Patriots, Brady pun memutuskan untuk pindah bersama Tampa Bay Buccaneers di tahun 2020. So, di tahun pertamanya bersama Buccaneers – ia berhasil berkontribusi dengan baik dalam meraih kemenangan di Super Bowl, lho

Nah, sebutan quarterback yang nyaris sempurna ini juga sudah dibuktikan Brady dalam penampilannya di Super Bowl ke-55, melawan Kansas City Chiefs. Dalam empat babak, Brady telah menyelesaikan 21 dari 29 passes dalam 201 yards – belum lagi, kontribusi touchdown yang berhasil membawa Tampa Bay Buccaneers pada kemenangan. Yes, yes, it was victory Sunday!

 

Memiliki Notable Records yang Legendaris

Tom Brady

Credit Image – buffalonews.com

Sering disebut sebagai GOAT a.k.a greatest of all time – Brady telah berhasil memenangkan Super Bowl sebanyak tujuh kali sejak awal ia berkarier sebagai atlet profesional. Wah, jumlah kemenangan ini paling banyak dibanding pemain NFL lainnya, lho.

Nggak hanya sudah memenangkan banyak Super Bowl saja, Tom Brady juga memegang rekor terbaik dalam NFL regular seasons – di sesi game ini, ia sudah pernah memenangkan 230 game melawan berbagai tim NFL lainnya. Lo pasti setuju kalau Brady emang keren kan, bro?

Belum selesai nih, bro, Brady juga berhasil menyabet titel lainnya. Mulai dari Super Bowl Most Valuable Player (MVP) – ia dinobatkan sebagai MVP sebanyak lima kali. Selain itu, Brady juga diberi titel sebagai NFL Offensive Player of the Year di tahun 2007 dan 2010. Dan Brady juga pernah dinobatkan sebanyak 30 kali sebagai player of the week, serta 10 kali player of the month.

 

Ditemani Rob Gronkowski, yang Jadi Side-Kick Brady!

Tom Brady

Credit Image – ftw.usatoday.com

Performa Brady di lapangan emang nggak perlu diragukan, bro – apalagi kalau ia sudah ditemani oleh side-kicknya, Rob Gronkowski. Punya posisi sebagai tight end, nggak jarang Gronkowski membantu Brady dalam mencetak touchdown.

Ternyata bukan duo maut baru – tetapi, keduanya sudah bermain dalam tim yang sama sejak bergabung di New England Patriots. Sebelumnya, Brady dan Gronkowski telah berhasil mencetak touchdown sebanyak 14 kali – dalam seasons bersama Patriots.

Serasa nggak pingin jauh dari Brady, Gronkowski pun pindah ke Tampa Bay Buccaneers – yang membawa keduanya kembali unjuk gigi di Super Bowl 2021. Duet keduanya berhasil melakukan dua kali touchdown – yang juga disebut sebagai touchdown paling apik dalam sejarah NFL Super Bowl.  Jadi, emang nggak heran kalau keduanya dinobatkan sebagai Best Passing Duo!

 

Wah, emang kemampuan Tom Brady emang paling gokil ya, bro. Nggak heran, kalau Brady disebut sebagai salah satu pemain legendaris dalam sejarah NFL!

 

Featured Image – sbnation.com