Trending
Kamis, 20 November 2014

Planking: Olahraga Paling Pasif Sedunia

  • Share
  • fb-share
Planking: Olahraga Paling Pasif Sedunia

Olahraga identik dengan kegiatan yang melibatkan pergerakan anggota tubuh. Sebut saja olahraga lari, renang atau bela diri yang bisa menguras tenaga dan keringat. Makanya, olahraga biasa dijadikan sebagai salah satu patokan aktif atau nggaknya seseorang. Tapi, ternyata ada juga, lho, olahraga yang dilakukan hanya dengan tidur-tiduran. Olahraga ini bernama planking.

Sesuai dengan namanya, planking adalah kegiatan menyerupai papan: tidur tertelungkup dengan posisi badan lurus. Sekilas, planking memang kurang menantang. Namun, Facebook page yang khusus dibuat untuk planking berhasil membuatnya menjadi jauh lebih menantang. Facebook page ini membuat planking menjadi semacam permainan dengan beberapa peraturan: badan telungkup dengan wajah menghadap ke bawah dan nggak berekspresi, posisi kaki lurus, posisi lengan lurus di sebelah kiri dan kanan badan, benar-benar menunjukkan diri sebagai “papan”, memfoto dan mengunggah foto planking ke media sosial, serta memberi nama untuk setiap foto planking yang diunggah.

Ternyata, orang-orang menganggap serius olahraga planking ini. Banyak orang yang mencari berbagai spot unik untuk dijadikan sebagai tempat planking. Semakin unik spot-nya, maka semakin bagus pula aksi planking tersebut. Penyebaran foto planking pun nggak hanya terbatas melalui Facebook saja, tapi juga merambah media-media sosial lainnya. Hal inilah yang membuat planking menjadi salah satu olahraga yang sukses menjadi fenomena viral.

Menggilanya planking turut diikuti oleh sejumlah artis kelas atas, seperti Katy Perry, Justin Bieber, Ellen Page, Chris Brown, Rosario Dawson, dan lain-lain. Nggak main-main, mereka melakukan planking di spot-spot yang nggak biasa. Katy Perry bahkan sampai rela menjadi putri duyung, lengkap dengan nuansa lautnya, demi menjalankan aksi planking ini.

Walau inti dari planking adalah tiduran dan meniru papan, namun planking memiliki kesan tersendiri bagi para penggiatnya. Mencari spot unik dan menjaga keseimbangan saat melakukan planking bisa menjadi tantangan yang menarik. Buat Urbaners yang berminat untuk melakukan planking, mungkin bisa hunting spot mulai dari sekarang. Yang penting, tetap utamakan keselamatan diri sendiri. Jangan mendadak punya ide gila untuk foto planking di puncak Monas, misalnya.

 

 

Comments
Kamto mun
Menginspirasi
diana mayasari
keren banget