Trending
Jumat, 26 Desember 2014

4 Fakta Olahraga yang Nggak lo tahu!

  • Share
  • fb-share
4 Fakta Olahraga yang Nggak lo tahu!

Chess Boxing, volcano surfing dan sky boarding. Itu tadi cuma tiga dari banyak olahraga unik yang bisa lo lihat di era modern seperti sekarang ini. Tapi ternyata, jenis-jenis olahraga biasa yang lo kenal sekarang juga menyimpan fakta-fakta unik yang mungkin nggak pernah lo tahu. Sebagian mungkin terlihat sangat aneh, tapi memang begitulah kenyataannya!

Asal Kata "Soccer"

Semua pecinta sepak bola pasti tahu asal kata “football”, yaitu gabungan dari kata “foot” dan “ball”. Tapi olahraga populer ini kemudian lebih dikenal dengan nama “soccer”, lalu darimanakah kata soccer ini berasal?  Siapa yang menyangka istilah soccer ternyata adalah bahasa slang yang diciptakan anak-anak sekolah di Inggris pada tahun 80-an. Kata ini diambil dari Association Football yang pada tahun 1889 diplesetkan menjadi Socca, kemudian jadi Socker di tahun 1891 dan akhirnya menjadi Soccer di tahun 1985.

Jump Ball dalam Basket

Pecinta basket pasti tahu bahwa jump ball adalah perebutan bola oleh kedua tim saat awal permainan basket dimulai atau sesudah waktu istirahat. Di masa sekarang pun peraturan ini dianggap nggak adil karena memberikan keuntungan bagi tim dengan tinggi badan dan kekuatan meloncat yang lebih baik. Tapi sebenarnya, peraturan yang lebih buruk pernah terjadi sebelum tahun 1936, dimana jump ball harus dilakukan setiap salah satu tim berhasil mencetak skor. Bayangkan betapa banyak jump ball yang terjadi dalam satu pertandingan di masa itu!

The Dirtier, the Better

Di Amerika, olahraga baseball adalah salah satu cabang olahraga yang paling populer. Tapi ternyata ada satu ritual yang selama 75 tahun ini dilakukan oleh asosiasi baseball terbesar Amerika, MLB atau Major League Baseball. Ritual ini adalah melumuri setiap bola baseball yang akan digunakan dengan lumpur dari sungai Delaware. Tujuan utamanya adalah supaya bola nggak licin dan punya grip yang lebih baik. Tujuan lainnya masih misterius, yang jelas mereka yang berkecimpung di MLB adalah orang-orang yang memang “berani kotor”.

Hole-in-one Insurance

Merayakan sebuah kemenangan dalam suatu olahraga adalah hal yang wajar karena kemenangan memang layak dibanggakan. Kalau bicara soal golf, pencapaian tertinggi dari pemainnya jelas, hole-in-one shoot. Hole-in-one memang sangat jarang terjadi, tapi kalau berhasil, dijamin siapapun akan bersorak kegirangan. Ekspresi senang yang berlebihan inilah yang di Jepang dianggap membahayakan, sampai-sampai ada yang namanya Asuransi untuk Hole-in-one. Kelihatannya memang menggelikan, tapi ternyata hampir empat juta pemain golf di Jepang yang terdaftar dalam asuransi dengan pertanggungan sampai 3500 US Dollar ini.

 

 

Comments
AGUSTIN DWI CHRISTANTI
Jump Ball dalam Basket
Epul Saepuloh
Jadi tahu nihh, mantap