Home Sport Having Fun With Dodgeball

Having Fun With Dodgeball

Monday, January 5, 2015 - 16:53
Bagikan
Facebook Twitter Email

Apa yang terpikir di benak lo saat mendengar kata dodgeball? Mungkin ada diantara urbaners yang mengira ini judul film terbaru, game atau olahraga. Buat yang menjawab ini adalah game atau olahraga, dua-duanya bisa dikatakan benar, karena dodgeball termasuk kedalam permainan dan bukan salah satu cabang olah raga, tapi kalau lihat cara bermainnya, permainan ini bisa juga buat salah satu alternatif olehraga yang menyenangkan.

Dodgeball adalah permainan bola yang dilakukan secara tim yang dimainkan dengan cara melemparkan bola yang terbuat dari karet kepada pihak lawan. Permainan ini dimainkan oleh 6 sampai 10 pemain dalam masing-masing tim. Inti permainan ini adalah lo melempar bola ke pemain lawan, kalau kena, lawan lo itu tereliminasi dan harus keluar dari permainan, tapi, kalau bola berhasil ditangkap, si pelempar bola yang harus keluar.

Cara menentukan pemenang dodgeball ada 3 macam, pertama adalah sistem eliminasi, dimana tim pertama yang berhasil mengeliminasi seluruh anggota tim lawan akan menjadi pemenang, kedua sistem waktu, tim yang masih punya jumlah pemain terbanyak adalah pemenangnya, dan ketiga memakai sistem skor, penghitungan nilai dilakukan pada akhir pertandingan dengan melihat jumlah pemain yang masih berada di dalam lapangan.

Walaupun bukan merupakan cabang olahraga, dodgeball bisa lo pilih sebagai alternatif kegiatan yang menyenangkan dengan teman-teman lo saat senggang atau weekend, karena selain fun, dodgeball pun bisa bikin berkeringat. Lo cukup mencari tempat seukuran lapangan voli lalu lo bagi dua untuk masing-masing tim, dan dalam permainan, setiap pemain dilarang untuk menyeberang ke daerah lawan. Lo boleh melakukan gerakan apapun buat menghindari lemparan bola lawan, selama gerakan itu tidak melampaui batas permainan.

Walau kelihatannya menyenangkan, ternyata dodgeball ini masih menimbulkan banyak kontroversi. Banyak sekolah di Amerika Serikat yang melarang permainan ini karena dapat memicu timbulnya intimidasi dan kekerasan. Walau begitu, sekarang sudah bermunculan organisasi-organisasi dodgeball, bahkan sudah ada organisasi internasionalnya, World Dodgeball Federation (WDBF). If you want to play this game, remember that it’s all about having fun and friendship.