• Sport
  • Having Fun With Dodgeball

Having Fun With Dodgeball

Mon, 05 January 2015

Apa yang terpikir di benak lo saat mendengar kata dodgeball? Mungkin ada diantara urbaners yang mengira ini judul film terbaru, game atau olahraga. Buat yang menjawab ini adalah game atau olahraga, dua-duanya bisa dikatakan benar, karena dodgeball termasuk kedalam permainan dan bukan salah satu cabang olah raga, tapi kalau lihat cara bermainnya, permainan ini bisa juga buat salah satu alternatif olehraga yang menyenangkan.

Dodgeball adalah permainan bola yang dilakukan secara tim yang dimainkan dengan cara melemparkan bola yang terbuat dari karet kepada pihak lawan. Permainan ini dimainkan oleh 6 sampai 10 pemain dalam masing-masing tim. Inti permainan ini adalah lo melempar bola ke pemain lawan, kalau kena, lawan lo itu tereliminasi dan harus keluar dari permainan, tapi, kalau bola berhasil ditangkap, si pelempar bola yang harus keluar.

Cara menentukan pemenang dodgeball ada 3 macam, pertama adalah sistem eliminasi, dimana tim pertama yang berhasil mengeliminasi seluruh anggota tim lawan akan menjadi pemenang, kedua sistem waktu, tim yang masih punya jumlah pemain terbanyak adalah pemenangnya, dan ketiga memakai sistem skor, penghitungan nilai dilakukan pada akhir pertandingan dengan melihat jumlah pemain yang masih berada di dalam lapangan.

Walaupun bukan merupakan cabang olahraga, dodgeball bisa lo pilih sebagai alternatif kegiatan yang menyenangkan dengan teman-teman lo saat senggang atau weekend, karena selain fun, dodgeball pun bisa bikin berkeringat. Lo cukup mencari tempat seukuran lapangan voli lalu lo bagi dua untuk masing-masing tim, dan dalam permainan, setiap pemain dilarang untuk menyeberang ke daerah lawan. Lo boleh melakukan gerakan apapun buat menghindari lemparan bola lawan, selama gerakan itu tidak melampaui batas permainan.

Walau kelihatannya menyenangkan, ternyata dodgeball ini masih menimbulkan banyak kontroversi. Banyak sekolah di Amerika Serikat yang melarang permainan ini karena dapat memicu timbulnya intimidasi dan kekerasan. Walau begitu, sekarang sudah bermunculan organisasi-organisasi dodgeball, bahkan sudah ada organisasi internasionalnya, World Dodgeball Federation (WDBF). If you want to play this game, remember that it’s all about having fun and friendship.

 

 

The History
Walaupun sejarah aslinya tidak banyak diketahui, ada yang bilang kalau permainan ini sudah ada sejak jaman perang dunia kedua. Awalnya ada seorang prajurit yang melempar karet keras ke tawanannya, karena dianggap menyenangkan dia mengulangi hal itu ke orang lain, dan akhirnya saling balas-balasan dan lahirlah permainan ini.

The Movie
Karena ketenarannya, dodgeball sudah diangkat menjadi sebuah film pada tahun 2004 yang dibintangi oleh Ben Stiller. Film ini dibuat sekuelnya pada tahun 2014 ini, tetapi masih belum diumumkan kapan akan dirilis di bioskop.

The Game
Game dodgeball juga sudah ada versi maya-nya, game ini tersedia dalam versi game PC dan online game. Di game ini lo bisa berperan sebagai pemain dodgeball cukup dengan menggerakkan mouse lo.

Siap Main Golf? Ini Etika Main Golf Bareng Teman-Teman Lo!

Fri, 18 September 2020
berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Siapa bilang kalau golf itu olahraga mereka yang sudah usia saja? Di waktu-waktu sekarang ini, golf jadi salah satu pilihan anak muda buat berolahraga, lho! Eits, siapa juga yang bilang kalau golf itu olahraga mahal? Murah kok, bro!

Golf sempat jadi olahraga dengan persona disukai oleh mereka yang sudah berusia. Sebenarnya nggak juga sih. Beberapa anak muda inspiratif seperti Hedi Rusdian dan teman-teman, terlihat beberapa waktu terakhir ini suka main golf.

Walau intensitasnya tidak seperti olahraga yang lain, misalnya basket, atau sepak bola, tapi golf juga bisa membuat lo berkeringat banyak, nih! Mengayunkan stik, jalan dari titik sat uke titik lainnya, merupakan intensitas tersendiri saat main golf.

 

berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Credit Image: istock.com

Eits, bagaimana nih? Lo jadi penasaran ya rasanya main golf? Sebelum lo mencoba langsung, ada beberapa hal yang mesti lo perhatikan, nih. Salah satunya adalah etika bermain golf. Mematuhi etika ini diperlukan sekali untuk mewujudkan permainan golf yang menyenangkan, bro!

Penasaran apa saja etika bermain golf yang mesti lo ketahui? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Memerhatikan Sekitar Saat Akan Memukul Bola

Stik golf dan ayunannya saat akan memukul bola kalau terkena anggota tubuh bisa fatal, lho! Oleh karena itu, untuk menjaga keselamatan bersama, hal pertama sebagai etika bermain golf yang perlu lo ketahui dan terapkan adalah memerhatikan sekitar saat akan memukul bola.

Pastikan kalau orang-orang di sekitar lo tidak ada yang berdekatan saat lo akan mengayunkan stik dan memukul bola. Lo perlu mengingatkan yang lainnya untuk berjauhan sejenak sampai minimal cukup aman dari jangkauan pukulan.

 

Memberikan Peringatan!

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya kalau memberikan peringatan saat lo akan memukul bola adalah hal yang sah-sah saja karena jika ayunan stik golf nya malah mengenai anggota tubuh, malah bisa berakibat fatal, bro.

Terlebih jika ada petugas yang menemani lo bermain golf, kalau mereka ada di depan lo yang akan memukul bola, lo bisa menyerukan ‘Fore!’. Hal ini akan membuat pemain lain dan petugas yang ada semakin awas dan menghindari bola yang mungkin sudah mengarah ke mereka.

 

Saling Menghormati dan Menghargai

Siapa bilang kalau golf bukan olahraga yang membutuhkan konsentrasi, semua jenis pukulan atau ayunan stik golf sangat membutuhkan konsentrasi yang baik. Oleh karena itu, etika selanjutnya yang perlu lo ketahui adalah saling menghormati dan menghargai saat ada yang mau memukul bola.

Biasanya dering telepon di smartphone adalah hal umum yang bisa memecah konsentrasi. Oleh karena itu, pastikan jika lo sedang bermain golf, sila buat smartphone lo dalam keadaan silent atau getar saja.

 

Mengikuti Tempo Permainan

Golf adalah salah satu olahraga yang cukup banyak memiliki persiapan. Maka dari itu, kalau lo baru saja mulai main golf, pastikan lo mengikuti tempo permainan yang ada, ya. Jangan sibuk mencari bola yang hilang atau bingung menggunakan stik yang mana untuk memukul bolanya.

 

Hargai Waktu Orang Lain

Masih terkait dengan etika sebelumnya, mengikuti tempo permainan adalah salah satu Langkah juga untuk menghargai waktu orang lain. Oleh karena itu, pastikan lo tidak menyia-nyiakan waktu saat bermain golf.

 

Tidak Merusak Lapangan

Hal ini adalah hal yang perlu lo ingat baik-baik – walau lapangan golf jelas ada pengelola dan penanggung jawabnnya, tapi tidak semestinya lo merusak lapangan begitu saja. Misalnya saat memukul bola dari atas green, jangan lupa untuk memperbaiki bekas jatuhan bola dengan mengembalikan divot seperti semula.

 

Jaga Penampilan Lo!

Walau jadi etika yang terakhir untuk lo ketahui, tapi ini jadi salah satu hal yang penting banget buat lo ketahui dan terapkan nantinya. Pastikan OOTD lo tidak salah nih! Main golf sama sekali tidak mirip dengan jalan-jalan ke mall.

Itu artinya dari sepatu, lo mesti pakai sneakers yang mumpuni, pakai baju dan celana yang nyaman karena lo akan berolahraga, dan pastinya pakai aksesoris yang kelihatan kalau lo skena golf banget nih – misalnya topi dan lainnya.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai etika yang sudah dijelaskan di atas – jelas nih lo pasti sudah paham semuanya ya. Jangan lupa lo terapkan kalau lo main golf ya!

 

Feature Image – freepik.com