Geliat Mixed Martial Arts - MLDSPOT
  • Sport
  • Geliat Mixed Martial Arts

Geliat Mixed Martial Arts

Mon, 12 January 2015

Biasanya, tiap cabang bela diri memiliki teknik khas masing-masing. Sebut aja bela diri tinju dengan teknik pukulannya, judo dengan teknik bantingannya, atau tae kwon do dengan teknik tendangannya. Tapi, kalau nggak ingin terpaku dengan satu teknik aja, lo bisa melirik bela diri mixed martial arts (MMA). Berbeda dengan cabang bela diri lainnya, MMA memungkinkan lo buat bebas menggabungkan beragam teknik sekaligus ke dalam satu pertarungan.

Di dalam MMA, tiga teknik umum yang dipakai adalah teknik berdiri (stand-up) yang terdiri dari pukulan dan tendangan, bergelut (clinching) untuk membanting atau melempar lawan, serta pertarungan bawah (ground fighting) atau membanting lawan ke matras dan menguncinya hingga menyerah. Ketiga teknik umum tersebut diadaptasi dari berbagai cabang olahraga lainnya, seperti tinju, jiu-jitsu, gulat gaya bebas, gulat Greko-Romawi, jeet kune do, judo, karate kyokushinkai, muay thai, sanshou, dan tae kwon do. Yang terpenting saat melakukan MMA adalah stamina, kecepatan, kekuatan, kelincahan, dan fleksibilitas.

Walau terkesan sangat bebas, namun MMA tetap melarang gerakan-gerakan tertentu. Beberapa gerakan ilegal itu adalah serangan ke arah belakang kepala dan tulang punggung, serangakan ke arah sendi kecil, melempar lawan ke luar ring, mendengkul lawan yang telah terkapar, mencolok mata, dan lain-lain. Saat mengikuti kompetisi pun petarung diwajibkan untuk memakai pelindung gigi, pelindung kunci paha, dan sarung tangan tinju khusus MMA. Tentunya hal ini bertujuan untuk melindungi petarung dari cedera serius.

Di Indonesia sendiri, MMA udah mulai menunjukkan geliatnya sejak tahun 2002. Saat itu, salah satu stasiun televisi swasta rutin menayangkan ajang tarung MMA internasional. Namun, antusiasme masyarakat terhadap MMA kian memuncak saat ONE Fighting Championship (ONE-FC) masuk ke Indonesia pada tahun 2011 dan 2013. Beberapa praktisi MMA ternama asal Indonesia, seperti Max Meltino, Vincent Majid, Brianata Rosadhi, dan Vincent Latoel turut berpartisipasi di ONE-FC. Dan nggak hanya sekedar mengirimkan perwakilan, Indonesia juga sempat menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan kompetisi bergengsi tersebut.

Nah, kalau selama ini lo mengidamkan kebebasan dalam pertarungan, MMA adalah jawabannya. Tapi, bebas bukan berarti brutal dan nggak terkontrol, ya, Urbaners! Tetap bersikap profesional terhadap semua jenis bela diri yang lo lakukan.

 

 

Manfaat MMA
MMA mampu membangkitkan rasa percaya diri dan keberanian, meningkatkan fokus, serta memaksimalkan potensi diri. Selain itu, gerakan MMA juga bisa membakar kalori hingga 1.000 kalori per jamnya, sehingga bagus untuk membakar lemak dan membentuk tubuh.

Selebriti Indonesia yang Menekuni MMA
MMA memang terlihat keras, namun daya tariknya ternyata mampu menembus dunia selebritis Indonesia. Beberapa selebriti yang turut menekuni seni bela diri ini adalah Iko Uwais, Judika, Restu Sinaga, dan Wulan Guritno.

Tentang ONE Fighting Championship (ONE-FC)
ONE Fighting Championship (ONE-FC) adalah organisasi mixed martial arts terbesar di Asia yang berkantor pusat di Singapura. CEO dari ONE-FC adalah Victor Cui, seseorang yang memperoleh predikat sebagai “Most Powerful Man in Asian MMA”.

Siap Main Golf? Ini Etika Main Golf Bareng Teman-Teman Lo!

Fri, 18 September 2020
berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Siapa bilang kalau golf itu olahraga mereka yang sudah usia saja? Di waktu-waktu sekarang ini, golf jadi salah satu pilihan anak muda buat berolahraga, lho! Eits, siapa juga yang bilang kalau golf itu olahraga mahal? Murah kok, bro!

Golf sempat jadi olahraga dengan persona disukai oleh mereka yang sudah berusia. Sebenarnya nggak juga sih. Beberapa anak muda inspiratif seperti Hedi Rusdian dan teman-teman, terlihat beberapa waktu terakhir ini suka main golf.

Walau intensitasnya tidak seperti olahraga yang lain, misalnya basket, atau sepak bola, tapi golf juga bisa membuat lo berkeringat banyak, nih! Mengayunkan stik, jalan dari titik sat uke titik lainnya, merupakan intensitas tersendiri saat main golf.

 

berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Credit Image: istock.com

Eits, bagaimana nih? Lo jadi penasaran ya rasanya main golf? Sebelum lo mencoba langsung, ada beberapa hal yang mesti lo perhatikan, nih. Salah satunya adalah etika bermain golf. Mematuhi etika ini diperlukan sekali untuk mewujudkan permainan golf yang menyenangkan, bro!

Penasaran apa saja etika bermain golf yang mesti lo ketahui? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Memerhatikan Sekitar Saat Akan Memukul Bola

Stik golf dan ayunannya saat akan memukul bola kalau terkena anggota tubuh bisa fatal, lho! Oleh karena itu, untuk menjaga keselamatan bersama, hal pertama sebagai etika bermain golf yang perlu lo ketahui dan terapkan adalah memerhatikan sekitar saat akan memukul bola.

Pastikan kalau orang-orang di sekitar lo tidak ada yang berdekatan saat lo akan mengayunkan stik dan memukul bola. Lo perlu mengingatkan yang lainnya untuk berjauhan sejenak sampai minimal cukup aman dari jangkauan pukulan.

 

Memberikan Peringatan!

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya kalau memberikan peringatan saat lo akan memukul bola adalah hal yang sah-sah saja karena jika ayunan stik golf nya malah mengenai anggota tubuh, malah bisa berakibat fatal, bro.

Terlebih jika ada petugas yang menemani lo bermain golf, kalau mereka ada di depan lo yang akan memukul bola, lo bisa menyerukan ‘Fore!’. Hal ini akan membuat pemain lain dan petugas yang ada semakin awas dan menghindari bola yang mungkin sudah mengarah ke mereka.

 

Saling Menghormati dan Menghargai

Siapa bilang kalau golf bukan olahraga yang membutuhkan konsentrasi, semua jenis pukulan atau ayunan stik golf sangat membutuhkan konsentrasi yang baik. Oleh karena itu, etika selanjutnya yang perlu lo ketahui adalah saling menghormati dan menghargai saat ada yang mau memukul bola.

Biasanya dering telepon di smartphone adalah hal umum yang bisa memecah konsentrasi. Oleh karena itu, pastikan jika lo sedang bermain golf, sila buat smartphone lo dalam keadaan silent atau getar saja.

 

Mengikuti Tempo Permainan

Golf adalah salah satu olahraga yang cukup banyak memiliki persiapan. Maka dari itu, kalau lo baru saja mulai main golf, pastikan lo mengikuti tempo permainan yang ada, ya. Jangan sibuk mencari bola yang hilang atau bingung menggunakan stik yang mana untuk memukul bolanya.

 

Hargai Waktu Orang Lain

Masih terkait dengan etika sebelumnya, mengikuti tempo permainan adalah salah satu Langkah juga untuk menghargai waktu orang lain. Oleh karena itu, pastikan lo tidak menyia-nyiakan waktu saat bermain golf.

 

Tidak Merusak Lapangan

Hal ini adalah hal yang perlu lo ingat baik-baik – walau lapangan golf jelas ada pengelola dan penanggung jawabnnya, tapi tidak semestinya lo merusak lapangan begitu saja. Misalnya saat memukul bola dari atas green, jangan lupa untuk memperbaiki bekas jatuhan bola dengan mengembalikan divot seperti semula.

 

Jaga Penampilan Lo!

Walau jadi etika yang terakhir untuk lo ketahui, tapi ini jadi salah satu hal yang penting banget buat lo ketahui dan terapkan nantinya. Pastikan OOTD lo tidak salah nih! Main golf sama sekali tidak mirip dengan jalan-jalan ke mall.

Itu artinya dari sepatu, lo mesti pakai sneakers yang mumpuni, pakai baju dan celana yang nyaman karena lo akan berolahraga, dan pastinya pakai aksesoris yang kelihatan kalau lo skena golf banget nih – misalnya topi dan lainnya.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai etika yang sudah dijelaskan di atas – jelas nih lo pasti sudah paham semuanya ya. Jangan lupa lo terapkan kalau lo main golf ya!

 

Feature Image – freepik.com