Stretching While Working - MLDSPOT
  • Sport
  • Stretching While Working

Stretching While Working

Thu, 16 April 2015

Ngaku deh, nggak jarang lo yang sudah kerja keseringan duduk di belakang meja. Bahkan, kalau lo hitung-hitung sebagian besar waktu lo setiap harinya dihabiskan untuk duduk di belakang meja atau di belakang setir ketika perjalanan pulang pergi kantor. Tahu nggak sih bahayanya terlalu lama duduk? Yang paling sering lo rasain pastinya punggung lo suka sakit, tapi sebenarnya sudah banyak penelitian yang menyatakan lamanya duduk berkaitan dengan sejumlah penyakit berbahaya. Nggak mau, kan, Urbaners?

Seperti kata pepatah mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Jadi mulai sekarang coba deh Urbaners lebih banyak bergerak dibanding duduk di depan meja. Selingi aktivitas di kantor dengan bekerja sambil berdiri menggunakan standing desk. Kalau memang nggak ada, banyak kok cara membuat standing desk yang bisa lo cari di internet. Tapi ingat juga ya, seperti halnya duduk, lo juga nggak boleh terlalu lama berdiri. Cara lainnya yang bisa Urbaners terapkan mulai sekarang adalah ambil istirahat 5 menit setiap bekerja 30-45 menit. Berjalanlah di sekitar kantor, isi botol atau gelas minum lo di dapur kantor atau basa-basi sama teman-teman lain di kantor lo, yang penting tubuh lo bergerak dan nggak duduk terus.

Nah, selain berjalan-jalan setiap 30-45 menit sekali, lo juga bisa melakukan beberapa gerakan stretching yang cukup sederhana. Lo bisa mencoba menggerakkan kaki lo ke depan, ke belakang, ke kiri, dan ke kanan. Gerakan ini efektif untuk peregangan dan bisa mengendurkan ketegangan di pinggul dan paha belakang yang bisa terjadi kalau lo terlalu lama duduk. Temukan sesuatu yang bisa menjadi tempat lo menahan keseimbangan, lalu ayunkan kaki lo ke depan dan ke belakang setinggi mungkin. Lakukan sampai 20 ayunan baru lo bisa berganti kaki. Habis itu lakukan juga ayunan ke kiri dan ke kanan sejauh yang lo bisa, sama juga lo bisa lakukan sampai 20 ayunan baru lo ganti kaki yang berayun.

Lo juga bisa coba jongkok selama 30-60 detik. Gerakan jongkok bagus buat lo meregangkan bagian-bagian tubuh lo yang tegang selama duduk. Coba juga gerakan lain seperti mengangkat kaki lo ke atas meja sambil dilipat atau melakukan couch stretch seperti yang ada di gambar kalau di kantor lo tersedia sofa atau tempat duduk yang bisa lo manfaatkan.

Jadi, gimana Urbaners? Sebenarnya nggak terlalu susah kan biar badan lo tetap sehat saat pekerjaan lo banyak di depan meja kerja. Jangan lupa dipraktekkan ya, Urbaners!

 

 

 

 

Posisi Duduk
Duduk dengan posisi yang tepat memudahkan lo untuk bernapas, sehingga otak berfungsi lebih efektif.

Duduk Menimbun Lemak
Daripada langsung duduk setelah makan, lebih baik jalan ringan dulu sampai perut lo nggak terasa penuh lagi. Untuk menghilangkan lemak membandel di perut, jangan lupa luangkan waktu untuk berolahraga minimal 30 menit sehari.

Toilet Duduk
Berhati-hati menggunakan toilet duduk di toilet umum ya, Urbaners, karena lebih berpotensi menularkan bakteri pada tubuh dibanding toilet jongkok. Pastikan kebersihannya.

Siap Main Golf? Ini Etika Main Golf Bareng Teman-Teman Lo!

Fri, 18 September 2020
berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Siapa bilang kalau golf itu olahraga mereka yang sudah usia saja? Di waktu-waktu sekarang ini, golf jadi salah satu pilihan anak muda buat berolahraga, lho! Eits, siapa juga yang bilang kalau golf itu olahraga mahal? Murah kok, bro!

Golf sempat jadi olahraga dengan persona disukai oleh mereka yang sudah berusia. Sebenarnya nggak juga sih. Beberapa anak muda inspiratif seperti Hedi Rusdian dan teman-teman, terlihat beberapa waktu terakhir ini suka main golf.

Walau intensitasnya tidak seperti olahraga yang lain, misalnya basket, atau sepak bola, tapi golf juga bisa membuat lo berkeringat banyak, nih! Mengayunkan stik, jalan dari titik sat uke titik lainnya, merupakan intensitas tersendiri saat main golf.

 

berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Credit Image: istock.com

Eits, bagaimana nih? Lo jadi penasaran ya rasanya main golf? Sebelum lo mencoba langsung, ada beberapa hal yang mesti lo perhatikan, nih. Salah satunya adalah etika bermain golf. Mematuhi etika ini diperlukan sekali untuk mewujudkan permainan golf yang menyenangkan, bro!

Penasaran apa saja etika bermain golf yang mesti lo ketahui? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Memerhatikan Sekitar Saat Akan Memukul Bola

Stik golf dan ayunannya saat akan memukul bola kalau terkena anggota tubuh bisa fatal, lho! Oleh karena itu, untuk menjaga keselamatan bersama, hal pertama sebagai etika bermain golf yang perlu lo ketahui dan terapkan adalah memerhatikan sekitar saat akan memukul bola.

Pastikan kalau orang-orang di sekitar lo tidak ada yang berdekatan saat lo akan mengayunkan stik dan memukul bola. Lo perlu mengingatkan yang lainnya untuk berjauhan sejenak sampai minimal cukup aman dari jangkauan pukulan.

 

Memberikan Peringatan!

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya kalau memberikan peringatan saat lo akan memukul bola adalah hal yang sah-sah saja karena jika ayunan stik golf nya malah mengenai anggota tubuh, malah bisa berakibat fatal, bro.

Terlebih jika ada petugas yang menemani lo bermain golf, kalau mereka ada di depan lo yang akan memukul bola, lo bisa menyerukan ‘Fore!’. Hal ini akan membuat pemain lain dan petugas yang ada semakin awas dan menghindari bola yang mungkin sudah mengarah ke mereka.

 

Saling Menghormati dan Menghargai

Siapa bilang kalau golf bukan olahraga yang membutuhkan konsentrasi, semua jenis pukulan atau ayunan stik golf sangat membutuhkan konsentrasi yang baik. Oleh karena itu, etika selanjutnya yang perlu lo ketahui adalah saling menghormati dan menghargai saat ada yang mau memukul bola.

Biasanya dering telepon di smartphone adalah hal umum yang bisa memecah konsentrasi. Oleh karena itu, pastikan jika lo sedang bermain golf, sila buat smartphone lo dalam keadaan silent atau getar saja.

 

Mengikuti Tempo Permainan

Golf adalah salah satu olahraga yang cukup banyak memiliki persiapan. Maka dari itu, kalau lo baru saja mulai main golf, pastikan lo mengikuti tempo permainan yang ada, ya. Jangan sibuk mencari bola yang hilang atau bingung menggunakan stik yang mana untuk memukul bolanya.

 

Hargai Waktu Orang Lain

Masih terkait dengan etika sebelumnya, mengikuti tempo permainan adalah salah satu Langkah juga untuk menghargai waktu orang lain. Oleh karena itu, pastikan lo tidak menyia-nyiakan waktu saat bermain golf.

 

Tidak Merusak Lapangan

Hal ini adalah hal yang perlu lo ingat baik-baik – walau lapangan golf jelas ada pengelola dan penanggung jawabnnya, tapi tidak semestinya lo merusak lapangan begitu saja. Misalnya saat memukul bola dari atas green, jangan lupa untuk memperbaiki bekas jatuhan bola dengan mengembalikan divot seperti semula.

 

Jaga Penampilan Lo!

Walau jadi etika yang terakhir untuk lo ketahui, tapi ini jadi salah satu hal yang penting banget buat lo ketahui dan terapkan nantinya. Pastikan OOTD lo tidak salah nih! Main golf sama sekali tidak mirip dengan jalan-jalan ke mall.

Itu artinya dari sepatu, lo mesti pakai sneakers yang mumpuni, pakai baju dan celana yang nyaman karena lo akan berolahraga, dan pastinya pakai aksesoris yang kelihatan kalau lo skena golf banget nih – misalnya topi dan lainnya.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai etika yang sudah dijelaskan di atas – jelas nih lo pasti sudah paham semuanya ya. Jangan lupa lo terapkan kalau lo main golf ya!

 

Feature Image – freepik.com