• Sport
  • Foods to Eat After Workout

Foods to Eat After Workout

Fri, 17 April 2015

Setelah workout di fitness center, apa yang biasa lo makan dan minum untuk menghilangkan lelah? Nasi padang dan es teh manis? Sia-sia dong usaha lo untuk menjaga tubuh tetap sehat. Saat latihan tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang cukup sebagai bahan bakar. Nah energi yang terpakai selama Urbaners latihan otomatis akan hilang dan harus diisi kembali dengan energi baru yang sumbernya pun harus dari makanan sehat dan baik. Toh latihan keras yang sudah lo lakukan nggak mau terbuang sia-sia kan? Mungkin kelima makanan ini belum pernah lo ketahui sebelumnya sebagai nutrisi yang sehat dimakan setelah workout.
 

  1. Sayuran dan Biji-bijian

    Protein tinggi  terbukti mengembalikan energi yang hilang dan membantu pertumbuhan massa otot. Urbaners bisa mengkonsumsi protein tinggi dari sayuran (brokoli dan asparagus) dan kacang-kacangan (almond, biji bunga matahari, pistachio, walmut, dan hazelnut). Keduanya mengandung vitamin B yang memberikan energi penuh setelah terkuras selama workout dan membantu proses metabolisme tubuh.

     

  2. Hemp Seed

    Termasuk kategori biji-bijian yang masih masuk keluarga Cannabis Activa. Tapi jangan khawatir Urbaners, hemp seed aman dikonsumsi karena nggak memiliki zat adiktif (candu) seperti daun ganja. Hemp seed kaya akan Omega 3 fatty acids sebagai makanan pengasil mega energi terbaik.

     

  3.  Air Kelapa

    Selain kita tahu air kepala punya rasa yang menyegarkan untuk diminum setelah workout, air kelapa dengan kandungan elektrolitnya memiliki nutrisi dan keseimbangan yang sama seperti darah. Bahkan lebih baik dari susu karena nggak mengandung kolesterol dan rendah lemak. Jadi, selain air putih Urbaners juga bisa minum air kelapa sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang.

     

  4. Kunyit

    Bukan untuk dikonsumsi mentah-mentah, yang pasti kunyit bisa lo aplikasikan ke beberapa minuman tradisional (jamu), Urbaners. Rasa pedas kunyit terkenal kaya akan zat atioksidan curcumin. Antioksidan curcumin ini berfungsi untuk menghindari pembengkakan atau peradangan pada beberapa otot karena latihan yang terlalu keras.

     

  5. Sayuran Hijau

    Siapa yang nggak suka warna segar dari sayuran hijau? Berbagai sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, dan lettuce memiliki kandungan mineral, vitamin, dan zat klorofil. USDA (U.S. Department of Agriculture) menyarankan untuk mengkonsumsi satu jenis sayuran hijau setiap hari untuk membantu mempercepat proses pemulihan setelah Uworkout dan menjaga kekebalan tubuh dari virus penyakit.

Itulah lima makanan pintar yang bisa Urbaners konsumsi setelah melakukan workout dan usahkan untuk mengimbangi latihan dengan nutrisi yang nggak sembarangan ya Urbaners. Because eat well, work out, and smile more is the new happiness, right?

 

 

 

 

Bayam
Bayam dengan kandungan vitamin A, C serta serat, asam folat, dan 13 flavonoid dapat memerangi penyakit kanker. Menurut penelitian American Institute for Cancer Research, kandungan bayam menurunkan resiko kanker hingga 34% terutama kanker payudara, kanker prostat, dan kanker rahim.

Lady Gaga’s Workout
Gaga selalu menyempatkan waktu untuk berolahraga selama 25-45 menit sebelum latihan dansa, angkat , dumbble, jumping rope, lari turun tangga, hingga jogging. Itulah yang membuat ia tahan menari di atas panggung selama 2-3 jam.

Treadmill
Treadmill pertama kali dikembangkan oleh William Staub, seorang mechanical engineer. Staub membuat treadmill setelah ia membaca buku Aerobics karya Dr. Kenneth H. Cooper dan langsung dicobanya di rumah.

Siap Main Golf? Ini Etika Main Golf Bareng Teman-Teman Lo!

Fri, 18 September 2020
berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Siapa bilang kalau golf itu olahraga mereka yang sudah usia saja? Di waktu-waktu sekarang ini, golf jadi salah satu pilihan anak muda buat berolahraga, lho! Eits, siapa juga yang bilang kalau golf itu olahraga mahal? Murah kok, bro!

Golf sempat jadi olahraga dengan persona disukai oleh mereka yang sudah berusia. Sebenarnya nggak juga sih. Beberapa anak muda inspiratif seperti Hedi Rusdian dan teman-teman, terlihat beberapa waktu terakhir ini suka main golf.

Walau intensitasnya tidak seperti olahraga yang lain, misalnya basket, atau sepak bola, tapi golf juga bisa membuat lo berkeringat banyak, nih! Mengayunkan stik, jalan dari titik sat uke titik lainnya, merupakan intensitas tersendiri saat main golf.

 

berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Credit Image: istock.com

Eits, bagaimana nih? Lo jadi penasaran ya rasanya main golf? Sebelum lo mencoba langsung, ada beberapa hal yang mesti lo perhatikan, nih. Salah satunya adalah etika bermain golf. Mematuhi etika ini diperlukan sekali untuk mewujudkan permainan golf yang menyenangkan, bro!

Penasaran apa saja etika bermain golf yang mesti lo ketahui? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Memerhatikan Sekitar Saat Akan Memukul Bola

Stik golf dan ayunannya saat akan memukul bola kalau terkena anggota tubuh bisa fatal, lho! Oleh karena itu, untuk menjaga keselamatan bersama, hal pertama sebagai etika bermain golf yang perlu lo ketahui dan terapkan adalah memerhatikan sekitar saat akan memukul bola.

Pastikan kalau orang-orang di sekitar lo tidak ada yang berdekatan saat lo akan mengayunkan stik dan memukul bola. Lo perlu mengingatkan yang lainnya untuk berjauhan sejenak sampai minimal cukup aman dari jangkauan pukulan.

 

Memberikan Peringatan!

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya kalau memberikan peringatan saat lo akan memukul bola adalah hal yang sah-sah saja karena jika ayunan stik golf nya malah mengenai anggota tubuh, malah bisa berakibat fatal, bro.

Terlebih jika ada petugas yang menemani lo bermain golf, kalau mereka ada di depan lo yang akan memukul bola, lo bisa menyerukan ‘Fore!’. Hal ini akan membuat pemain lain dan petugas yang ada semakin awas dan menghindari bola yang mungkin sudah mengarah ke mereka.

 

Saling Menghormati dan Menghargai

Siapa bilang kalau golf bukan olahraga yang membutuhkan konsentrasi, semua jenis pukulan atau ayunan stik golf sangat membutuhkan konsentrasi yang baik. Oleh karena itu, etika selanjutnya yang perlu lo ketahui adalah saling menghormati dan menghargai saat ada yang mau memukul bola.

Biasanya dering telepon di smartphone adalah hal umum yang bisa memecah konsentrasi. Oleh karena itu, pastikan jika lo sedang bermain golf, sila buat smartphone lo dalam keadaan silent atau getar saja.

 

Mengikuti Tempo Permainan

Golf adalah salah satu olahraga yang cukup banyak memiliki persiapan. Maka dari itu, kalau lo baru saja mulai main golf, pastikan lo mengikuti tempo permainan yang ada, ya. Jangan sibuk mencari bola yang hilang atau bingung menggunakan stik yang mana untuk memukul bolanya.

 

Hargai Waktu Orang Lain

Masih terkait dengan etika sebelumnya, mengikuti tempo permainan adalah salah satu Langkah juga untuk menghargai waktu orang lain. Oleh karena itu, pastikan lo tidak menyia-nyiakan waktu saat bermain golf.

 

Tidak Merusak Lapangan

Hal ini adalah hal yang perlu lo ingat baik-baik – walau lapangan golf jelas ada pengelola dan penanggung jawabnnya, tapi tidak semestinya lo merusak lapangan begitu saja. Misalnya saat memukul bola dari atas green, jangan lupa untuk memperbaiki bekas jatuhan bola dengan mengembalikan divot seperti semula.

 

Jaga Penampilan Lo!

Walau jadi etika yang terakhir untuk lo ketahui, tapi ini jadi salah satu hal yang penting banget buat lo ketahui dan terapkan nantinya. Pastikan OOTD lo tidak salah nih! Main golf sama sekali tidak mirip dengan jalan-jalan ke mall.

Itu artinya dari sepatu, lo mesti pakai sneakers yang mumpuni, pakai baju dan celana yang nyaman karena lo akan berolahraga, dan pastinya pakai aksesoris yang kelihatan kalau lo skena golf banget nih – misalnya topi dan lainnya.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai etika yang sudah dijelaskan di atas – jelas nih lo pasti sudah paham semuanya ya. Jangan lupa lo terapkan kalau lo main golf ya!

 

Feature Image – freepik.com