Urban Yoga: It's Time to Connect Your Body - MLDSPOT
  • Sport
  • Urban Yoga: It's Time to Connect Your Body

Urban Yoga: It's Time to Connect Your Body

Mon, 20 April 2015

Urbaners, familiar nggak dengan olahraga yoga? Pasti tahu dong, kalau yoga tuh banyak jenisnya. Misalnya saja, Bikram Yoga yang dilakukan dalam ruangan bersuhu tinggi. Terus ada juga yoga yang baru-baru ini populer karena sering dipraktekkan oleh para selebritis, Acroyoga, singkatan dari acrobatic yoga yang sebenarnya sudah masuk ke Indonesia sejak delapan tahun yang lalu. Nah, sekarang ada lagi jenis yoga terbaru yang akan MLD Spot bahas, Urban Yoga.

Urban Yoga ini dicetuskan oleh Anja Humljan, seorang instruktur yoga. Ketika Anja mulai mempelajari arsitektur, dia merasa ada yang hilang dari desain bangunan tradisional: hubungan antara ruang perkotaan dengan masyarakat yang menghuninya. Sebagian besar desain perkotaan adalah tentang geometri dan fungsi. Sedangkan, fungsi ruang di sini belum dimanfaatkan untuk pengalaman tubuh manusia. Ketika itulah, Anja memulai proyek Urban Yoga ini.

Buku Urban Yoga milik Anja dilengkapi gambar visual yang bisa menunjukkan bagaimana Urban Yoga dipraktekkan. Anja melakukan perjalanan ke Paris, New York, Madrid, Ljublina di Slovenia untuk pemotretan buku Urban Yoga. Ini memberinya kesempatan untuk bisa mengeksplorasi semua jenis lingkungan perkotaan dan pengaruhnya terhadap pikiran dan tubuh.

Lo sendiri pasti takjub kan gimana caranya tubuh Anja bisa lentur dan memanfaatkan berbagai ruang perkotaan ini. Kalau di Jakarta bisa bisa nggak ya Urban Yoga ini dipraktekkan? Kalau menurut lo gimana, Urbaners?

Sebenarnya yang paling penting, apapun jenis yoga yang Urbaners lakukan, Urbaners harus yakin ada banyak manfaat dari olahraga yang satu ini. Yoga bisa memperbaiki postur tubuh lo, melindungi persendian dan tulang punggung, mencegah osteoporosis, melancarkan peredaran darah, melindungi jantung, bahkan menjaga memori. So, don’t stop doing it!

 

 

 

 

Keajaiban yoga
Kalau lo bisa memegang jempol kaki sambil membungkuk dengan 2 kaki lurus selama 10 hitungan nafas, itulah salah satu fleksibilitas otot yoga. Cobain deh.  Kurang lebih baru 50% dari total populasi yang bisa melakukannya.

Keunikan yoga
Yoga adalah jenis olahraga yang berasal dari praktek spiritual. Yoga bertujuan menyatukan pikiran, tubuh, dan jiwa.

Perasaan nyaman
Yoga dapat membuat kita merasa nyaman dan santai, karena selalu mengingatkan kita untuk selalu menarik nafas dan mengaturnya apapun yang sedang terjadi pada kita.

Siap Main Golf? Ini Etika Main Golf Bareng Teman-Teman Lo!

Fri, 18 September 2020
berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Siapa bilang kalau golf itu olahraga mereka yang sudah usia saja? Di waktu-waktu sekarang ini, golf jadi salah satu pilihan anak muda buat berolahraga, lho! Eits, siapa juga yang bilang kalau golf itu olahraga mahal? Murah kok, bro!

Golf sempat jadi olahraga dengan persona disukai oleh mereka yang sudah berusia. Sebenarnya nggak juga sih. Beberapa anak muda inspiratif seperti Hedi Rusdian dan teman-teman, terlihat beberapa waktu terakhir ini suka main golf.

Walau intensitasnya tidak seperti olahraga yang lain, misalnya basket, atau sepak bola, tapi golf juga bisa membuat lo berkeringat banyak, nih! Mengayunkan stik, jalan dari titik sat uke titik lainnya, merupakan intensitas tersendiri saat main golf.

 

berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Credit Image: istock.com

Eits, bagaimana nih? Lo jadi penasaran ya rasanya main golf? Sebelum lo mencoba langsung, ada beberapa hal yang mesti lo perhatikan, nih. Salah satunya adalah etika bermain golf. Mematuhi etika ini diperlukan sekali untuk mewujudkan permainan golf yang menyenangkan, bro!

Penasaran apa saja etika bermain golf yang mesti lo ketahui? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Memerhatikan Sekitar Saat Akan Memukul Bola

Stik golf dan ayunannya saat akan memukul bola kalau terkena anggota tubuh bisa fatal, lho! Oleh karena itu, untuk menjaga keselamatan bersama, hal pertama sebagai etika bermain golf yang perlu lo ketahui dan terapkan adalah memerhatikan sekitar saat akan memukul bola.

Pastikan kalau orang-orang di sekitar lo tidak ada yang berdekatan saat lo akan mengayunkan stik dan memukul bola. Lo perlu mengingatkan yang lainnya untuk berjauhan sejenak sampai minimal cukup aman dari jangkauan pukulan.

 

Memberikan Peringatan!

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya kalau memberikan peringatan saat lo akan memukul bola adalah hal yang sah-sah saja karena jika ayunan stik golf nya malah mengenai anggota tubuh, malah bisa berakibat fatal, bro.

Terlebih jika ada petugas yang menemani lo bermain golf, kalau mereka ada di depan lo yang akan memukul bola, lo bisa menyerukan ‘Fore!’. Hal ini akan membuat pemain lain dan petugas yang ada semakin awas dan menghindari bola yang mungkin sudah mengarah ke mereka.

 

Saling Menghormati dan Menghargai

Siapa bilang kalau golf bukan olahraga yang membutuhkan konsentrasi, semua jenis pukulan atau ayunan stik golf sangat membutuhkan konsentrasi yang baik. Oleh karena itu, etika selanjutnya yang perlu lo ketahui adalah saling menghormati dan menghargai saat ada yang mau memukul bola.

Biasanya dering telepon di smartphone adalah hal umum yang bisa memecah konsentrasi. Oleh karena itu, pastikan jika lo sedang bermain golf, sila buat smartphone lo dalam keadaan silent atau getar saja.

 

Mengikuti Tempo Permainan

Golf adalah salah satu olahraga yang cukup banyak memiliki persiapan. Maka dari itu, kalau lo baru saja mulai main golf, pastikan lo mengikuti tempo permainan yang ada, ya. Jangan sibuk mencari bola yang hilang atau bingung menggunakan stik yang mana untuk memukul bolanya.

 

Hargai Waktu Orang Lain

Masih terkait dengan etika sebelumnya, mengikuti tempo permainan adalah salah satu Langkah juga untuk menghargai waktu orang lain. Oleh karena itu, pastikan lo tidak menyia-nyiakan waktu saat bermain golf.

 

Tidak Merusak Lapangan

Hal ini adalah hal yang perlu lo ingat baik-baik – walau lapangan golf jelas ada pengelola dan penanggung jawabnnya, tapi tidak semestinya lo merusak lapangan begitu saja. Misalnya saat memukul bola dari atas green, jangan lupa untuk memperbaiki bekas jatuhan bola dengan mengembalikan divot seperti semula.

 

Jaga Penampilan Lo!

Walau jadi etika yang terakhir untuk lo ketahui, tapi ini jadi salah satu hal yang penting banget buat lo ketahui dan terapkan nantinya. Pastikan OOTD lo tidak salah nih! Main golf sama sekali tidak mirip dengan jalan-jalan ke mall.

Itu artinya dari sepatu, lo mesti pakai sneakers yang mumpuni, pakai baju dan celana yang nyaman karena lo akan berolahraga, dan pastinya pakai aksesoris yang kelihatan kalau lo skena golf banget nih – misalnya topi dan lainnya.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai etika yang sudah dijelaskan di atas – jelas nih lo pasti sudah paham semuanya ya. Jangan lupa lo terapkan kalau lo main golf ya!

 

Feature Image – freepik.com