• Sport
  • Trail Running: Tantangan Baru dalam Berlari

Trail Running: Tantangan Baru dalam Berlari

Wed, 13 May 2015

Biasanya, olahraga lari dilakukan di sepanjang track yang lurus dan datar, seperti di lapangan atau di pinggir jalan kota. Track ini memang cocok digunakan untuk lo yang sekedar mau jongging di sela-sela waktu rutinitas kerja. Tapi, kalau lo punya cukup waktu luang dan ingin mengasah kemampuan berlari, lo bisa coba yang namanya “trail running”. Menggabungkan konsep olahraga lari dengan hiking, trail running bisa menjadi tantangan baru dalam hidup lo.

Trail running terbilang istimewa karena dilakukan di dataran tinggi, bukit, atau bahkan gunung. Jadi, lo bakal menghadapi jalan setapak yang berkerikil, becek, menanjak, dan menurun tajam saat melakukan “lari lintas gunung” ini. Dibanding lari di track yang datar, trail running memiliki sejumlah keunggulan: memenuhi kebutuhan gerak dasar tubuh, mempertajam keakuratan dan keseimbangan tubuh, mengurangi resiko cedera berlebihan, berkesempatan untuk menikmati panorama yang indah, serta bisa menghirup udara yang sejuk khas alam. Keunggulan tersebut nggak hanya sehat bagi tubuh, namun juga baik untuk menjernihkan pikiran.

Sebelum melakukan trail running, ada baiknya lo mempersiapkan beberapa perlengkapan dasar, seperti pakaian untuk olahraga lari, rain coats atau wind breaker, sepatu untuk lari, water container, dan simple first aid kit. Khusus untuk sepatu, lo bisa mencoba trail running dengan running shoes biasa yang udah lo punya. Kalau lo nyaman melakukan trail running dengan running shoes biasa, berarti lo bisa menggunakan running shoes itu untuk seterusnya. Tapi, kalau lo merasa nggak nyaman, lo bisa membeli sepatu untuk trail running dengan kriteria sebagai berikut: memiliki toe box yang cukup lebar, outsol bergerigi yang nggak cepat aus dan nggak licin, serta punya semacam pelindung di bagian depan untuk melindungi jari kaki.

Buat lo yang baru ingin mencoba trail running, sangat disarankan untuk nggak melakukannya sendirian. Pergilah beramai-ramai dan ingat untuk selalu menjaga jarak dengan pelari lainnya. Selain itu, jangan malu untuk berlari pelan atau berjalan, apalagi saat di tanjakan terjal dan track yang licin. Medan trail running yang berat memang menuntut lo untuk lebih berhati-hati, bukan untuk mempertahankan gengsi. Well, let’s be a smart trail runner, Urbaners!

Source : www.gotrail.net, news.gorefabrics.com, motionshoelab.com

 

 

Apa yang Ada di Dalam Simple First Aid Kit?
Dalam melakukan trail running, lo harus mempersiapkan simple first aid kit dengan barang-barang, seperti: pluit untuk memanggil orang lain, hypothermia blanket yang terbuat dari aluminium, handuk kecil, snack, dan obat-obatan lainnya yang diperlukan.

Tantangan Fisik saat Trail Running
Berlari di daerah ketinggian cenderung lebih sulit karena berkurangnya tekanan parsial oksigen yang bisa menghambat supply oksigen ke paru-paru dan otot. Lo juga bisa mengalami dehidrasi, sesak nafas, pusing, dan lain-lain. Untuk mencegah hal ini, cobalah minum air putih yang banyak.

Trail Spots di Indonesia
Di Indonesia, terdapat beberapa spots yang cukup sering digunakan sebagai tempat trail running. Beberapa di antaranya ada Sentul Fun Trail Race Course Map 30K, Gunung Tampomas, Gunung Salak, dan Gunung Gede.

Siap Main Golf? Ini Etika Main Golf Bareng Teman-Teman Lo!

Fri, 18 September 2020
berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Siapa bilang kalau golf itu olahraga mereka yang sudah usia saja? Di waktu-waktu sekarang ini, golf jadi salah satu pilihan anak muda buat berolahraga, lho! Eits, siapa juga yang bilang kalau golf itu olahraga mahal? Murah kok, bro!

Golf sempat jadi olahraga dengan persona disukai oleh mereka yang sudah berusia. Sebenarnya nggak juga sih. Beberapa anak muda inspiratif seperti Hedi Rusdian dan teman-teman, terlihat beberapa waktu terakhir ini suka main golf.

Walau intensitasnya tidak seperti olahraga yang lain, misalnya basket, atau sepak bola, tapi golf juga bisa membuat lo berkeringat banyak, nih! Mengayunkan stik, jalan dari titik sat uke titik lainnya, merupakan intensitas tersendiri saat main golf.

 

berikut deretan etika bermain golf yang mesti lo ketahui!

Credit Image: istock.com

Eits, bagaimana nih? Lo jadi penasaran ya rasanya main golf? Sebelum lo mencoba langsung, ada beberapa hal yang mesti lo perhatikan, nih. Salah satunya adalah etika bermain golf. Mematuhi etika ini diperlukan sekali untuk mewujudkan permainan golf yang menyenangkan, bro!

Penasaran apa saja etika bermain golf yang mesti lo ketahui? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Memerhatikan Sekitar Saat Akan Memukul Bola

Stik golf dan ayunannya saat akan memukul bola kalau terkena anggota tubuh bisa fatal, lho! Oleh karena itu, untuk menjaga keselamatan bersama, hal pertama sebagai etika bermain golf yang perlu lo ketahui dan terapkan adalah memerhatikan sekitar saat akan memukul bola.

Pastikan kalau orang-orang di sekitar lo tidak ada yang berdekatan saat lo akan mengayunkan stik dan memukul bola. Lo perlu mengingatkan yang lainnya untuk berjauhan sejenak sampai minimal cukup aman dari jangkauan pukulan.

 

Memberikan Peringatan!

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya kalau memberikan peringatan saat lo akan memukul bola adalah hal yang sah-sah saja karena jika ayunan stik golf nya malah mengenai anggota tubuh, malah bisa berakibat fatal, bro.

Terlebih jika ada petugas yang menemani lo bermain golf, kalau mereka ada di depan lo yang akan memukul bola, lo bisa menyerukan ‘Fore!’. Hal ini akan membuat pemain lain dan petugas yang ada semakin awas dan menghindari bola yang mungkin sudah mengarah ke mereka.

 

Saling Menghormati dan Menghargai

Siapa bilang kalau golf bukan olahraga yang membutuhkan konsentrasi, semua jenis pukulan atau ayunan stik golf sangat membutuhkan konsentrasi yang baik. Oleh karena itu, etika selanjutnya yang perlu lo ketahui adalah saling menghormati dan menghargai saat ada yang mau memukul bola.

Biasanya dering telepon di smartphone adalah hal umum yang bisa memecah konsentrasi. Oleh karena itu, pastikan jika lo sedang bermain golf, sila buat smartphone lo dalam keadaan silent atau getar saja.

 

Mengikuti Tempo Permainan

Golf adalah salah satu olahraga yang cukup banyak memiliki persiapan. Maka dari itu, kalau lo baru saja mulai main golf, pastikan lo mengikuti tempo permainan yang ada, ya. Jangan sibuk mencari bola yang hilang atau bingung menggunakan stik yang mana untuk memukul bolanya.

 

Hargai Waktu Orang Lain

Masih terkait dengan etika sebelumnya, mengikuti tempo permainan adalah salah satu Langkah juga untuk menghargai waktu orang lain. Oleh karena itu, pastikan lo tidak menyia-nyiakan waktu saat bermain golf.

 

Tidak Merusak Lapangan

Hal ini adalah hal yang perlu lo ingat baik-baik – walau lapangan golf jelas ada pengelola dan penanggung jawabnnya, tapi tidak semestinya lo merusak lapangan begitu saja. Misalnya saat memukul bola dari atas green, jangan lupa untuk memperbaiki bekas jatuhan bola dengan mengembalikan divot seperti semula.

 

Jaga Penampilan Lo!

Walau jadi etika yang terakhir untuk lo ketahui, tapi ini jadi salah satu hal yang penting banget buat lo ketahui dan terapkan nantinya. Pastikan OOTD lo tidak salah nih! Main golf sama sekali tidak mirip dengan jalan-jalan ke mall.

Itu artinya dari sepatu, lo mesti pakai sneakers yang mumpuni, pakai baju dan celana yang nyaman karena lo akan berolahraga, dan pastinya pakai aksesoris yang kelihatan kalau lo skena golf banget nih – misalnya topi dan lainnya.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai etika yang sudah dijelaskan di atas – jelas nih lo pasti sudah paham semuanya ya. Jangan lupa lo terapkan kalau lo main golf ya!

 

Feature Image – freepik.com